Brilio.net - Dalam suatu lingkungan masyarakat, tidak bisa dipungkiri permasalahan sosial pastinya akan terjadi, hal ini disebut dengan disintegrasi. Secara makna disintegrasi adalah kebalikan dari integrasi. Jika integrasi adalah pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh, sementara disintegrasi merupakan penyebab hilangnya keutuhan dan terpecah belahnya bangsa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disintegrasi adalah keadaan tidak bersatu padu, keadaan terpecah belah, hilangnya keutuhan dan peraturan, serta perpecahan. Dalam disiplin ilmu sosiologi, disintegrasi dimaknai sebagai suatu proses terpecah belahnya sebuah keadaan dari kesatuan sehingga tercerai berai.

Pada dasarnya Indonesia memiliki keanekaragaman yang dapat dilihat dari berbagai sudut, seperti halnya agama, bahasa, ras, dan adat istiadat. Hal inilah yang menjadi suatu kekayaan bangsa Indonesia dan membedakan dengan bangsa-bangsa lainnya. Namun dari keanekaragaman tersebut seringkali berpotensi konflik. Jika tidak dikelola dengan baik akan mengganggu persatuan, keutuhan, dan kesatuan bangsa.

Oleh sebab itu, kamu juga perlu mengetahui faktor dan upaya untuk mencegah terjadinya disintegrasi, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (30/5).

(brl/ola)