Brilio.net - Integrasi berasal dari kata bahasa Inggris 'integration' yang memiliki arti kesatuan atau pembulatan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh atau bulat. Integrasi dapat berjalan dengan lancar apabila masing-masing individu memiliki sifat saling toleransi, menghargai, dan memahami, yang dapat mengurangi konflik atau perpecahan.

Bicara tentang kesatuan tidak bisa lepas dengan integrasi. Apalagi negara Indonesia memiliki beragam ras, budaya, suku, dan golongan antara individu satu dengan yang lainnya. Namun, dari adanya keberagaman tersebut membuat masyarakat Indonesia mampu hidup dan berinteraksi. Seperti makna dari semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya 'berbeda-beda tetapi tetap satu juga'.

Dengan banyaknya perbedaan diharapkan dapat menjadi suatu kebersamaan dan tidak saling menjatuhkan. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya masyarakat Indonesia dapat menjaga persatuan dan kesatuan supaya tercipta hidup rukun dan damai tanpa ada konflik atau perselisihan.

Memahami integrasi sangatlah penting, agar dapat ditanamkan dalam sikap masing-masing individu. Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut pahami pengertian dan faktor pendorong dan penghambat integrasi, Kamis (19/5).