Brilio.net - Pemanasan global atau yang sering disebut dengan global warming adalah suatu proses peningkatan suhu rata-rata dari permukaan bumi. Bumi merupakan tempat tinggal seluruh makhluk yang ada di dunia, termasuk manusia. Namun, adanya pemanasan global tentunya mempengaruhi keberlangsungan kehidupan makhluk di dalamnya.

Pemanasan global, suatu fenomena global yang dipicu kegiatan manusia terutama yang berkaitan dengan penggunaan bahan fosil dan kegiatan alih guna lahan. Kegiatan ini menghasilkan gas-gas yang semakin lama jumlahnya akan bertambah di atmosfer, terutama gas karbon dioksida (CO2) melalui proses yang disebut efek rumah kaca.

Dalam artian sederhana proses dari efek rumah kaca terjadi karena adanya pantulan sinar matahari oleh benda yang ada di dalam rumah kaca yang terhalang dinding kaca, sehingga udara panas tidak dapat keluar. Akibat dari meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan lain seperti naiknya permukaan air laut serta meningkatnya intensitas fenomena cuaca ekstrim

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan lengkap dari pemanasan global, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (18/5).

(brl/ola)