Brilio.net - Dalam kehidupan tentunya setiap manusia mengalami perubahan. Hal ini terjadi karena adanya proses interaksi antar manusia maupun antar kelompok. Oleh sebab itu, proses interaksi dapat mempengaruhi sehingga menyebabkan terjadinya perubahan sosial.

Perubahan sosial tidak dapat dihindari, dikarenakan kemajuan teknologi yang semakin pesat membawa berbagai macam pengaruh, baik dari dalam maupun dari luar. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat dapat berupa nilai-nilai sosial, pola perilaku individu, susunan lembaga kemasyarakatan, kekuasaan, wewenang, dan masih banyak lagi.

Jika diartikan, perubahan sosial adalah bentuk peralihan yang merubah tata kehidupan masyarakat dan berlangsung secara terus-menerus karena adanya sifat sosial yang dinamis dan terus berubah. Perubahan sosial juga terjadi akibat sifat dasar manusia, karena setiap manusia tentunya ingin berkembang dan melakukan perubahan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lebih lanjut, untuk memahami penjelasan terkait pengertian, faktor pendukung, dan faktor penghambat terjadinya perubahan sosial, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (23/5).

[crosslink_1]

(brl/ola)