Brilio.net - Identitas nasional sering juga disebut sebagai identitas kebangsaan. Secara harfiah identitas merupakan ciri, tanda atau jati diri yang melekat pada seda seseorang, atau kelompok yang membedakan dengan yang lain. Sementara kata nasional merujuk pada konsep kebangsaan.

Dapat diartikan bahwa identitas nasional adalah jati diri bangsa ataupun ciri khas suatu bangsa berupa falsafah bangsa, ideologi yang dianut suatu bangsa untuk membedakan satu bangsa dengan bangsa yang lain sehingga mudah untuk dikenali. Pastinya setiap negara memiliki masing-masing identitas yang berbeda, sama halnya seperti manusia memiliki identitas berbeda setiap individunya. Hal inilah yang berguna untuk membedakan setiap negara.

Maka dari itu, setiap bangsa yang memiliki identitas, masing-masing sesuai dengan keunikan, sifat, serta karakter dari suatu bangsa. Keunikan ini juga tergantung dari bagaimana suatu bangsa terbentuk secara historis. Karena pada dasarnya identitas yang terbentuk tidak dapat dipisahkan dengan jati diri suatu negara.

Lebih lanjut, supaya dapat memahami unsur dan faktor yang membentuk identitas nasional, berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (30/5).