Brilio.net - Proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk tulisan rancangan kegiatan dan dijelaskan secara sistematis serta terperinci. Pada umumnya proposal berguna untuk dijadikan pedoman kerja atau acuan dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

Jika diartikan secara etimologis, proposal berasal dari bahasa Inggris, yaitu 'propose' yang memiliki arti pengajuan atau mengajukan suatu permohonan. Saat pengajuan proposal, akan ada tawaran ide, gagasan, atau rencana kepada pihak lain supaya mendapatkan dukungan. Maksud dari dukungan tersebut adalah persetujuan, dana, izin, dan lainnya.

Proposal sering dijumpai baik dalam instansi perusahaan, mahasiswa, atau individu lainnya. Jika kamu pernah menjadi bagian dari kepanitian di sebuah acara, pastinya sudah nggak asing dengan keberadaan proposal. Ada beberapa kegiatan yang membutuhkan proposal seperti halnya, kegiatan bisnis, pengajuan, dana, proyek, hingga penelitian.

Namun, bagi kamu yang belum memahami lebih dalam mengenai proposal, berikut pengertian, fungsi, dan jenis dari proposal, seperti yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (25/5).