Brilio.net - Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu memiliki kecenderungan untuk hidup bersama dalam suatu bentuk pergaulan hidup yang disebut masyarakat. Setiap manusia yang hidup dalam lingkup masyarakat akan dituntut untuk mampu menyesuaikan diri melalui suatu proses. Proses penyesuaian diri ini sering disebut dengan sosialisasi.

Sosialisasi adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang individu untuk bertindak dan memiliki tingkah laku yang sesuai dan diakui dalam masyarakat. Sosialisasi dapat dikatakan sebagai pendidikan sepanjang hayat melalui penerimaan dan pemahaman atas perannya di dalam suatu kelompok.

Dalam proses sosialisasi setiap orang dapat menyesuaikan diri dengan kebiasaan, sikap, norma, nilai, ide atau gagasan dari orang lain, hingga seseorang dapat mempercayai dan mengakui bahwa dalam bermasyarakat pasti akan selalu ada perbedaan.

Tujuan dari adanya sosialisasi supaya dapat mengajarkan kebudayaan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat kepada individu mulai dari segi peran hingga status sosial.

Nah, untuk dapat mempelajari lebih dalam mengenai sosialisasi berikut ini penjelasannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/5).