Brilio.net - Pastinya kamu sudah nggak asing lagi dengan frasa. Saat pembelajaran materi Bahasa Indonesia akan mudah ditemukan pengetahuan tentang frasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), frasa adalah gabungan kata yang bersifat nonpredikatif, yang mana frasa hanya terdiri dari salah satu fungsi, bisa dari subjek maupun juga terdiri dari verba atau bisa diawali dengan preposisi.

Frasa merupakan satuan sintaksis yang berada di atas kata dan di bawah klausa. Frasa tidak dapat dipisahkan, sebab jika frasa dipisah maka akan mengubah makna dari suatu kalimat. Maka dari itu, jika akan mengubah atau memindahkan kata harus dilakukan secara keseluruhan.

Lebih lanjut, berikut ulasan mengenai pengertian dan jenis dari frasa, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/5).

Pengertian Frasa.

Frasa adalah kombinasi kata © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Berikut ini pengertian frasa menurut para ahli.

1. Cook, 1971.

Frasa adalah satuan linguistik yang secara potensial merupakan gabungan dua kata atau lebih yang tidak mempunyai ciri-ciri klausa.

2. Ramlan, 1996.

Ramlan mengatakan bahwa frasa adalah satuan gramatikal yang terdiri atas dua kata atau lebih yang tidak melampaui batas fungsi unsur klausa.

3. Arifin, 2008.

Frasa adalah satuan gramatikal yang berupa gabungan kata dengan kata yang sifatnya tidak predikatif atau non-predikatif.