Brilio.net - Dalam suatu lingkungan masyarakat, pastinya kamu sudah nggak asing dengan kata norma. Norma berasal dari bahasa Belanda yaitu "norm" yang artinya pedoman, pokok kaidah, atau patokan. Dalam artian lebih luas, norma adalah kaidah yang menjadi sebuah petunjuk, pedoman, untuk seseorang dalam bertindak atau tidak, serta bertingkah laku dalam kehidupan di lingkungan masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat suatu warga atau kelompok dalam masyarakat. Di mana dalam sebuah aturan tersebut terdapat panduan, tatanan, dan pengendalian tingkah laku yang sesuai.

Norma dalam kehidupan sangatlah penting, pasalnya dengan adanya norma dapat memberikan ketertiban dalam suatu masyarakat. Jika kehidupan tidak ada norma, maka aturan-aturan sangat mudah dilanggar, banyaknya kerusuhan, dan kehidupan cenderung lebih berantakan.

Maka dari itu, keberadaan norma menjadi sebuah pedoman perilaku. untuk lebih rinci, berikut ini penjelasan mengenai fungsi, tujuan, tingkatan, dan jenis dari norma, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/4).