Brilio.net - Sejarah adalah peristiwa yang terjadi di masa lalu. Istilah sejarah juga erat kaitannya dengan dua hal, yaitu peristiwa dan waktu.

Para ahli sejarah membuat periodisasi untuk mengatasi masalah pentingnya waktu dalam rekonstruksi sejarah. Para ahli pada bidang ini biasanya juga memiliki pandangan sendiri dalam memaknai sejarah.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (24/04) berikut ini penjelasan mengenai sejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Ahli.

pengertian sejarah © pixabay.com

foto: pixabay.com

Dalam bahasa Yunani, sejarah disebut historia yang berarti mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian. Istilah sejarah secara harafiah berasal dari bahasa Arab, yaitu sajaratun yang artinya pohon. Sementara itu, pada bahasa arab sejarah dikenal dengan sebutan tarikh dan dalam bahasa Jerman, sejarah disebut dengan geschichte. Pengertian sejarah dalam kedua bahasa tersebut adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian sejarah adalah pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau. Jadi, dalam hal ini pengertian sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Sejarah juga dapat dimaknai sebagai asal-usul (keturunan) silsilah. Sejarah, babad, hikayat, riwayat, tarikh, tawarik, tambo, atau historia adalah istilah umum yang berhubungan dengan peristiwa masa lalu serta penemuan, koleksi, organisasi, dan penyajian informasi mengenai peristiwa ini.

(brl/jad)