Brilio.net - Wawancara atau sering disebut interview merupakan kegiatan tanya jawab secara lisan untuk memperoleh sebuah informasi. Tujuan dari adanya wawancara adalah untuk mendapatkan informasi. Prosesnya melibatkan seorang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai.

Wawancara seringkali ditemukan saat akan masuk sebuah perusahaan yang dituju. Selain itu, wawancara juga sering dilakukan oleh seorang jurnalis, reporter atau pencari berita kepada orang yang terlibat dalam suatu peristiwa, tokoh publik, saksi mata, dan lainnya. Wawancara juga bisa digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam tugas akhir atau karya ilmiah.

Maka dari itu proses wawancara menjadi salah satu yang terpenting karena bertujuan untuk menggali informasi lebih dalam. Perlu persiapan matang agar proses komunikasi dapat berjalan dua arah dan mendapatkan feedback atau timbal balik antara pewawancara dengan yang diwawancarai untuk mengeksplorasi topik-topik tertentu yang sedang dibahas.

Untuk memahami lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, ketahui pengertian, unsur, dan jenis dari wawancara, Jumat (22/4).