Brilio.net - Iklim merupakan perubahan cuaca yang terjadi di setiap negara dengan masing-masing ciri khas yang dimiliki. Mulai dari iklim tropis, sub tropis, iklim sedang, hingga iklim kutub. Masing-masing jenis iklim ini tentu mempunyai ciri khas tersendiri yang mempengaruhi bagaimana kondisi alam di berbagai wilayah berbagai belahan bumi.

Di Indonesia sendiri yang memiliki iklim tropis, biasanya mempunyai suhu udara yang tinggi karena selalu mendapatkan sinar matahari, curah hujan yang tinggi dan lebih sering dibandingkan daerah lain, serta suhu udara yang lebih hangat dengan suhu rata-rata tahunan mencapai 30 derajat celcius. Kondisi alam di Indonesia ini tentu berbeda dengan negara-negara yang memiliki jenis iklim lain.

Kondisi iklim di suatu daerah juga mempengaruhi persebaran fauna, flora, dan berbagai hasil pertanian lainnya. Jika kondisi iklim terganggu, maka ini dapat mempengaruhi kondisi alam di wilayah tersebut. Salah satunya tidak lain adalah fenomena perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Perubahan iklim yang kini terjadi di bumi menyebabkan berbagai macam dampak buruk bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Mulai dari terjadinya cuaca ekstrem, semakin sering terjadi bencana alam, hingga risiko kepunahan flora dan fauna yang mengancam ekosistem.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (19/4) berikut pengertian dari iklim dan dampak perubahan iklim.