Brilio.net - Dalam dunia musik, definisi akor merupakan hal yang tidak asing. Sebab akor memang berhubungan langsung dengan nada dan lagu, sehingga wajib bagi para pemain musik untuk bisa memahami mengenai hal ini.

Nah, di bawah ini adalah informasi lebih lanjut untuk memahami pengertian akor, fungsi, dan macam-macamnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (18/04) berikut ini penjelasannya.

Pengertian Akor.

pengertian akor © pixabay.com

foto: pixabay.com

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya memahami pengertian akor secara umum terlebih dahulu. Akor merupakan paduan beberapa nada yang jika dimainkan secara bersamaan akan dapat terdengar lebih harmonis. Jika dilihat dari penyajiannya, akor memang dapat dimainkan secara bersamaan, serentak atau bergantian.

Paduan nada ini biasanya sebagai penyerta melodi. Keterpaduan nada-nada di dalam akor akan terlihat pada aransemen lagu yang dimainkan dengan menggunakan banyak alat musik serta aransemen lagu untuk paduan suara.

Tak hanya itu, nada-nada yang memang berasal dari instrumen musik atau dari berbagai jenis suara yang akan dibunyikan dengan secara bersamaan juga bisa membentuk suatu akor. Jadi, akor memang tidak hanya berperan sebagai penyerta saja, melainkan juga dapat menyatu dengan melodi.