Brilio.net - Istilah pameran tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat. Kegiatan ini dijadikan sarana untuk menampilkan produk pada khalayak, dengan tujuan bertukar informasi serta melakukan negosiasi perdagangan.

Lebih dari sekadar tempat negosiasi perdagangan, pameran juga perlu memiliki nilai artistik agar menarik minat masyarakat untuk lebih tahu nilai dari produk yang ditawarkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (24/4), berikut ini penjelasan mengenai pameran.

Pengertian pameran.

 pengertian pameran  © pixabay.com

foto: pixabay.com

Pameran dimaknai sebagai suatu kegiatan atau acara yang melibatkan satu atau lebih penjual memamerkan produknya (barang atau jasa) kepada sekelompok konsumen atau calon pembeli.

Kegiatan pameran merupakan suatu bentuk promosi yang dilakukan oleh produsen, organisasi, atau perkumpulan tertentu dengan menampilkan display produk kepada calon pembeli atau relasi.

Dengan demikian, pameran dapat diartikan sebagai kegiatan untuk menyampaikan ide gagasan lewat karya seni rupa sehingga mendapatkan apresiasi banyak orang.

Adapun beberapa definisi pameran menurut ahli ialah sebagai berikut:

a. Isabel Briggs Myers.

Menurut Isabel Briggs Myers, pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri) dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.

b. Evelina Lidia.

Evelina Lidia menyebutkan bahwa pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

c. Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun.

Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun mengartikan pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

d. Frank William Jefkins.

Pengertian pameran oleh Frank William Jefkins adalah satu-satunya media pemasaran yang dapat menyentuh semua pancaindra manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).

e. Adi Irwanto

Bagi Adi Irwanto, pameran adalah satu di antara cara untuk dapat menyajikan sebuah karya seni secara visual, baik itu karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi.