Brilio.net - Kata orientasi pasti sudah nggak asing terdengar. Orientasi erat kaitannya dengan pengenalan pada lingkungan baru, entah dalam pendidikan, tempat kerja, dan lainnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), orientasi adalah peninjauan untuk melakukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar.

Pada dasarnya, orientasi merupakan sikap dan perilaku terhadap orang lain untuk menciptakan harmoni di sebuah tempat baru. Orientasi juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja seseorang dalam berproses di tempat yang baru agar lebih maksimal.

Biasanya, pada masa orientasi baik siswa pada sekolah atau karyawan di suatu perusahaan, akan dikenalkan bagaimana lingkungan, proses, dan lainnya. Kehadiran program orientasi menjadi suatu bentuk wadah atau sarana dalam melatih kedisiplinan, mental, tujuan, dan menambah komunikasi antar sesama.

Selain mengetahui pengalaman yang didapat semasa orientasi untuk mengenal lingkungan di tempat baru, kamu juga perlu mengetahui tujuan, fungsi, dan jenis orientasi. Berikut penjelasan lebih lengkapnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/4).