Brilio.net - Saat memasuki dunia kerja, kamu akan bertemu banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena kamu akan membentuk kerja sama tim demi mencapai target perusahaan. Adaptasi dan sosialisasi antaranggota menjadi poin penting dalam hal ini agar tercipta suasana kerja yang nyaman.

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan diri dengan berbagai pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Tak melulu kamu kerjakan sendiri, terkadang pekerjaan itu pun harus melibatkan banyak orang. Kondisi ini sering kali menimbulkan perdebatan dan juga perbedaan. Maka selalu tanamkan prinsip bahwa ada tujuan akhir yang harus dicapai demi kebaikan bersama.

Untuk meningkatkan kekompakkan dan solidaritas, kamu pun bisa memahami makna kerja tim melalui kata-kata. Ada banyak kata-kata bijak yang bisa menginspirasimu tentang betapa pentingnya kerja tim. Kumpulan kata-kata bijak tentang kerja tim ini juga bisa kamu bagikan pada rekan kerja satu tim agar termotivasi.

Nah, berikut brilio.net telah merangkum 101 kata-kata bijak tentang kerja tim yang dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (26/10).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Kata-kata bijak tentang kerja tim, bikin kompak dan solid.

Kata-kata bijak tentang kerja tim © berbagai sumber

foto: freepik.com

1. "Kekuatan terbesar seorang karyawan terletak pada kemampuannya bekerja sama dalam tim, bukan justru meninggikan ego untuk bekerja sendirian."

2. "Setiap anggota harus mengutamakan unsur kepercayaan pada masing-masing dirinya, sehingga tercipta kerja sama yang jujur dan hebat."

3. "Seorang leader akan menjadi bersemangat dan memiliki kekuatan baru dengan tidak menghindari kritik serta saran. Kedua hal ini bisa meningkatkan performa kerja dalam sebuah tim."

4. "Salah satu cara menjaga kekompakan, yaitu dengan membuat setiap anggota memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugasnya masing-masing."

5. "Setiap anggota tim harus bisa melengkapi kekurangan anggota lainnya. Apabila terdapat satu orang kinerjanya jeblok, maka anggota lain dapat dengan mudah menyemangatinya untuk bangkit kembali."

6. "Kamu bisa saja menjadi pribadi yang hebat dengan bekerja sendirian, tetapi bekerja secara tim akan membuat dirimu sadar bahwa kamu juga manusia yang membutuhkan pertolongan orang lain.

7. "Jangan sepelekan kerja sama tim. Ini akan mempersingkat dan mempermudah pekerjaan dibanding kamu menghadapi semuanya secara sendirian."

8. "Hal-hal kecil yang dilakukan secara sendirian tentunya tidak akan berdampak besar. Sedangkan hal-hal kecil yang dilakukan secara bersamaan akan memiliki dampak yang cukup signifikan."

9. "Sebuah tim dibentuk supaya bisa mencapai tujuan bersama, bukan malah tenggelam dalam egoisme masing masing."

10. "Dibandingkan dengan kerja secara individual, hasil akhir yang akan dicapai tentunya lebih bagus dengan bekerja secara tim atau bersama-sama."

11. "Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, setiap anggota harus bekerja sama dan saling bahu-membahu untuk menutupi kekurangan dengan kelebihannya."

12. "Tim kerja adalah yang terdiri dari beberapa orang, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, setiap anggota saling bekerja sama supaya tercapai tujuan yang diinginkan."

13. "Berusahalah untuk memberikan semangat positif dalam sebuah tim, jangan justru menyebarkan hal negatif yang bisa memperburuk kondisi tim."

14. "Tidak apa-apa kamu memiliki kekurangan, asalkan kamu bisa bekerja sama dengan orang lain dan saling tolong-menolong untuk melaksanakan pekerjaan."

15. "Solidaritas dalam tim kerja lebih penting dibanding kemampuan individual yang bersifat egois. Jadilah orang yang yang bisa menghargai dan saling bekerja sama satu sama lain."

16. "Perusahaan akan kesulitan mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya apabila tim tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tidak mungkin semua pekerjaan dilakukan satu orang, dibutuhkan kerja sama antaranggota yang menghasilkan tingkat keberhasilan yang tinggi."

17. "Apabila seorang leader memiliki permasalahan, maka semua anggota tim akan berusaha membantunya, memperbaiki kembali situasi kerja agar kembali ideal."

18. "Salah satu cara menjaga kekompakan, yaitu dengan membuat setiap anggota memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugasnya masing masing."

19. "Tidak bisa dimungkiri lagi bahwa persatuan dan kerja sama yang solid merupakan kekuatan terbesar dalam bisnis perusahaan."

20. "Setiap anggota pasti punya tugas dan kewajiban yang berbeda dari anggota lain. Mereka saling melengkapi. Oleh karena itu, kerja sama antaranggota akan mampu membuat target tujuan lebih mudah dicapai."

21. "Satu buah lidi akan mudah dipatahkan, sementara kumpulan lidi bisa dimanfaatkan untuk membersihkan."

22. "Tim yang solid itu ibarat harmoni musik yang indah, yang bisa dinikmati akibat dari kumpulan bunyi berbeda yang saling bersinergi. Begitulah contohnya sebuah tim yang ideal."

23. "Kerja sama tim adalah cara orang biasa mencapai tujuan yang luar biasa."

24. "Makin besar impiannya, makin penting kerja tim."

25. "Kerja tim membagi tugas dan melipatgandakan kesuksesan."

26. "Kebersamaan itu indah dan melebihi apa pun."

27. "Kebersamaan itu penting bukan hanya menjaga silaturahmi, tapi harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik."

28. "Setiap kebersamaan pasti akan berakhir, tapi kebahagiaannya akan tetap abadi dalam kenangan indah kita."

29. "Kebersamaan adalah memahami. Maka yang tak sabar mendengar dan mengerti, harus sabar dengan sepi dan sendiri."

30. "Kebersamaan membuat hal yang sedikit terasa sangat melimpah."

Kata-kata tentang berusaha dalam bekerja, menginspirasi.

Kata-kata bijak tentang kerja tim © berbagai sumber

foto: freepik.com

31. "Manusia itu memiliki potensi dan kesempatan yang sama pula. Maka jangan menyerah untuk terus berusaha mendapatkan yang terbaik."

32. "Sekarang bukan waktunya untuk mengeluh apalagi menyerah. Namun setiap momen adalah untuk bekerja."

33. "Jalan untuk mendapatkan kesuksesan memang banyak. Namun untuk mendapatkan harta yang berkah kamu perlu racikan khusus untuk itu yakni doa dan kerja keras."

34. "Bekerjalah dengan baik agar kamu juga akan dipertemukan dengan orang yang baik pula."

35. "Tahapan untuk meraih kesuksesan itu panjang. Dari persiapan, percobaan, ujian, dan kemenangan."

36. "Kerja itu sebuah kenikmatan yang tiada terkira rasanya. Tapi banyak orang yang malas bekerja karena dirinya tidak mau merasakan kenikmatan tersebut."

37. "Lakukan segala sesuatunya dengan semaksimal mungkin, maka hasil yang akan didapatkan juga akan demikian."

38. "Kecerdasan bukan satu-satunya yang menjamin seseorang untuk sukses, semua butuh kerja keras."

39. "Keberhasilan seseorang sangat ditentukan dari seberapa perjuangan yang mereka sudah mereka lakukan."

40. "Perhatikan bagaimana keadaan hatimu. Ikhlasnya hati akan menenangkan dirimu dalam bekerja."

41. "Jangan pernah mengeluh karena lelah. Lelahnya seorang muslim merupakan kafarat penebus untuk dosa-dosa."

42. "Jadikan siang hari sebagai puncak semangat kerjamu. Malam hari sebagai puncak dari doa-doamu."

43. "Jadilah unik saat dirimu bekerja agar kamu terlihat. Lebih baik menjadi aneh namun bermanfaat daripada ikut-ikutan kebanyakan orang tapi merugikan."

44. "Tak ada kerugian yang didapatkan dari berusaha. Lakukan sebaik mungkin, karena ia akan memberikanmu pengalaman berharga."

45. "Jangan ragu belajar dari siapa pun. Segala niat dan usaha yang baik akan membawamu pada kebaikan."

46. "Tindakan adalah hal yang jauh lebih penting dilakukan daripada hanya sibuk berpikir akan hasilnya."

47. "Terkadang hal terbesar berasal dari kerja kerasmu bukan apa yang kamu peroleh, tapi apa yang menjadikan dirimu nanti."

48. "Ketika kamu ingin menyerah, lihatlah ke belakang dan kemudian ketahui seberapa jauh kamu telah berusaha untuk meraih tujuanmu."

49. "Bekerja keraslah untuk menemukan sesuatu yang membuatmu terpesona."

50. "Jika kamu bekerja keras pada dirimu sendiri, kamu dapat menjadi beruntung."

51. "Sekali dalam hidupmu, cobalah bekerja keras dalam sesuatu hal. Cobalah berubah. Tak ada hal buruk yang bisa terjadi."

52. "Sukses dalam berbisnis membutuhkan latihan, disiplin, dan kerja keras."

53. "Sebuah mimpi tidak menjadi kenyataan melalui sihir; butuh keringat, tekad, dan kerja keras."

54. "Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada pencapaian."

55. "Kerja tim adalah cara orang biasa mencapai tujuan yang luar biasa."

56. "Untuk bisa mengalahkan lawan, perlu adanya kerja sama yang baik dan kekompakan antaranggota."

57. "Sebuah tim yang solid memiliki satu kekuatan yang tak terkalahkan."

58. "Keegoisan benar-benar harus dibuang jauh dari lingkaran ini agar bisa menunjukkan kekompakan dan kerja sama yang baik."

59. "Selalu ada harapan bagi mereka yang sering berdoa dan selalu ada jalan bagi mereka yang gemar berusaha."

60. "Hari ini kamu melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain. Maka besok kamu akan dapat melakukan hal yang tidak dapat dilakukan orang lain."

61. "Bekerjakeraslah untuk menjadi baik, dan bekerjalah lebih keras agar menjadi yang terbaik."

62. "Adanya jarak antara mimpi indah dan keindahan sukses. Maka kamu diharuskan untuk mempunyai tekad dan kegigihan agar mampu menempuh jarak itu."

63. "Melakukan hal sekecil apa pun, jauh lebih baik daripada sekadar berkeinginan."

64. "Untuk menggapai sukses, kamu harus memutuskan dengan tepat apa yang kamu inginkan. Tuliskan dan kemudian buatlah sebuah rencana untuk mencapainya."

65. "Kehidupan yang indah tidak terjadi begitu saja, melainkan dibangun dengan doa, kerja keras, pengorbanan, dan cinta."

Quotes dari para tokoh tentang kerja sama tim, penuh motivasi.

Kata-kata bijak tentang kerja tim © berbagai sumber

foto: freepik.com

66. "Orang-orang bekerja sama menggabungkan usaha mereka sendiri bersama usaha yang lain demi mencapai keberhasilan terbesar mereka." - Stephen Covey

67. "Satu orang dapat menjadi sangat penting dalam sebuah tim, akan tetapi satu orang tidak bisa membuat tim yang hebat." - Kareem Abdul-Jabbar

68. "Sebuah kerja sama dalam tim tentunya lebih dari sekadar kumpulan orang biasa. Ini lebih kepada proses memberi dan menerima." - Barbara Glacel

69. "Tidak ada manusia yang cukup bijaksana secara sendirian, dia tetap butuh kebijaksanaan orang lainnya." - Plautus

70. "Alasan utama individu yang bisa gagal memajukan, yakni mereka tidak bekerja dengan baik bersama rekan mereka." - Lee Iacocca

71. "Kebersamaan itu seperti permulaan, kemudian menjaga kebersamaan merupakan kemajuan dan bekerja bersama merupakan keberhasilan." - Henry Ford

72. "Kerja sama sebuah tim merupakan suatu kemampuan bekerja secara bersama demi meraih visi yang telah ditetapkan. Kemampuan mengarahkan prestasi individu kepada tujuan perusahaan. Hal inilah yang menjadi bahan bakar untuk mencapai hasil yang luar biasa." - Andrew Carnegie

73. "Tim adalah tempat yang tepat untuk berbagi beban dan membagi kesedihan bersama." - Doug Smith

74. "Membangun tim yang solid membutuhkan perasaan kesatuan, dari ketergantungan pada satu sama lain dan kekuatan yang akan didapatkan oleh adanya kesatuan." - Vince Lombardi

75. "Kerja sama adalah orang-orang yang bersatu dengan orang lain menuju tujuan bersama melalui berbagi informasi dan berbagai ide, yang memberdayakan orang lain dan mengembangkan kepercayaan." - Dennis Kinlaw

76. "Tidak peduli seberapa brilian pikiran atau strategimu, jika kamu bermain sendirian, kamu akan selalu kalah dari sebuah tim." - Reid Hoffman

77. "Dibutuhkan kedua sisi untuk membangun jembatan." - Fredrik Nael

78. "Kerja tim berarti Anda bersedia berkompromi ketika yang terbaik bagi tim untuk maju mencapai tujuan mereka." - Byron Pulsifer

80. "Kerja tim membuat impian itu berhasil." - Bang Gae

81. "Tim yang baik menggabungkan kerja tim ke dalam budaya mereka, menciptakan landasan untuk sukses." - Ted Sundquist

82. "Tidak ada anggota tim yang dipuji karena individualitasnya, melainkan karena kerja samanya." - Ralph Waldo

83. "Cara sebuah tim bermain bisa menentukan kesuksesannya. Kamu mungkin memiliki sekelompok bintang individu terbesar di dunia, tetapi jika mereka tidak bermain bersama, klub tidak akan bernilai sedikit pun." - Babe Ruth

84. "Jika Anda bisa tertawa bersama, Anda bisa bekerja sama." - Robert Orben

85. "Kerja sama tim adalah kunci kesuksesan jangka panjang." - Ned Lautenbach

86. "Tidak ada individu yang bisa memenangkan permainan sendiri." - Pele

87. "Sebuah kerja sama dalam tim tentunya lebih dari sekadar kumpulan orang biasa. Itu lebih kepada proses memberi dan menerima." - Barbara Glacel

88. "Persatuan adalah kekuatan ... ketika ada kerja sama tim dan kolaborasi, hal-hal indah bisa dicapai." - Mattie Stepanek

89. "Saat Anda perlu berinovasi, Anda membutuhkan kolaborasi." - Marissa Mayer

90. "Bersatu adalah sebuah awal; menjaga kebersamaan adalah kemajuan; bekerja sama adalah sukses." - Henry Ford

91. "Bakat memenangkan pertandingan, tetapi kerja tim dan kecerdasan memenangkan kejuaraan." - Michael Jordan

92. "Satu anak panah mudah dipatahkan, tapi tidak dengan sepuluh anak panah dalam satu bundel." - Pepatah Jepang

93. "Sebuah tim bukanlah sekelompok orang yang bekerja sama. Sebuah tim adalah sekelompok orang yang saling percaya." - Simon Sinek

94. "Secara individu, kami adalah satu tetes. Bersama-sama, kami adalah lautan." - Ryunosuke Satoro

95. "Jika setiap orang bergerak maju bersama, maka kesuksesan akan mengurus dirinya sendiri." - Henry Ford

96. "Kerja tim yang hebat adalah satu-satunya cara kita menciptakan terobosan yang menentukan karier kita." - Pat Riley

97. "Kerja sama tim membuat mimpi menjadi nyata." - John G. Maxwell

98. "Mendapatkan orang yang tepat dan chemistry yang tepat itu lebih penting daripada ide yang tepat." - Ed Catmull

99. "Tim yang sukses adalah sekelompok orang yang terdiri dari banyak tangan dan satu pikiran." - Bill Bethel

100. "Sukses adalah yang terbaik jika dibagikan." - Howard Schultz

101. "Cepatlah, jadilah yang pertama, tetapi jangan pernah sendirian. Tidak ada yang bisa menggantikan nilai kerja tim." - Farshad Asl

(brl/lea)

(brl/lea)