Brilio.net - Orang tua merupakan sosok yang begitu berharga di dunia ini. Tanpa mereka, kamu tidak akan bisa seperti sekarang ini. Rasanya tidak pernah cukup dengan apa yang sudah kita lakukan sekarang ini, kebaikan dan kemurahan hati mereka tidak bisa dibalas dengan apa pun. Sejak masih dalam kandungan hingga lahir ke dunia, jasa orang tua tak terhitung jumlahnya. Mereka bahkan mengorbankan diri demi anak-anaknya.

Orang tua selalu berusaha keras untuk bisa membahagiakan anak-anaknya. Ibarat kata mereka rela tak makan asalkan anak-anaknya bisa makan dengan baik. Pengorbanan yang begitu besar tentunya harus dihargai dan dikenang. Orang tua memang tak meminta apa pun dari anaknya. Mereka bahagia ketika melihat anak-anaknya meraih kesuksesan.

Cinta orang tua sangatlah besar terhadapmu. Cinta orang tua tidak akan pernah terbalaskan dengan cara apa pun. Maka dari itu sebagai anak, setidaknya kamu harus selalu berusaha untuk terus bisa membahagiakan kedua orang tua. Misalnya dengan cara terus belajar hingga bekerja dan mencapai kesuksesan.

Tidak peduli bagaimana keadaan orang tua, sudah sewajarnya kamu selalu sayang terhadap mereka. Namun banyak di antara kita yang sering menyakiti hati orang tua, terlepas dari sengaja maupun tidak. Segeralah untuk minta maaf.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Berikut ini ada beberapa kata-kata mutiara menghormati orang tua. Mungkin kata-kata ini akan membuat kamu sadar betapa berharganya orang tua. Kamu juga bisa menjadikan kata-kata ini sebagai bentuk ungkapan isi hati kamu kepada ayah dan ibumu. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber.

1. "Kebaikan seorang ayah lebih tinggi daripada gunung dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari laut."

2. "Cintai kedua orang tuamu. Kita begitu sibuk tumbuh dewasa, tapi kita sering lupa bahwa mereka juga bertambah tua."

3. "Jangan memarahi kedua orang tuamu hanya untuk menyenangkan orang lain. Karena orang lain tidak menghabiskan masa hidup mereka untuk membina dan membangun hidupmu."

4. "Dan Tuhanmu telah memerintah kan supaya kamu jangan menyembah selain-Nya dan hendaklah kamu berbuat baik pada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya mencapai umur lanjut dalam penjagaanmu, maka sekali-kali jangan kamu katakan kepada keduanya perkataan “ah” dan jangan kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." – (Q.S Al-Isra’: 23)

5. "Berikan dorongan dan dukungan kepada anak-anakmu karena anak-anak cenderung hidup dengan apa yang kamu percayai atas hidup mereka." - Lady Bird Johnson.

6. "Pelukan bisa memberikan banyak kebaikan, terlebih untuk anak-anak." - Princess Diana.

7. "Sebelum engkau dikandung, ibu menginginkan engkau ada. Sebelum engkau dilahirkan, ibu telah mengasihimu. Sebelum engkau keluar dari kandungan, ibu pun rela mati untukmu. Inilah keajaiban kasih sayang ibu."

8. "Wanita adalah sosok yang dapat diibaratkan sebagai teh celup, Anda tidak akan pernah tahu kekuatannya sampai tercelup ke dalam air panas."

9. "Sebelum menjadi seorang ibu, Aku mempunyai seratus teori tentang bagaimana membesarkan anak-anak. Kini, Aku mempunyai tujuh orang anak dan hanya memiliki satu teori untuk membesarkan mereka. Kasihi mereka, terlebih di saat (dengan kelakuan) mereka sebenarnya tidak layak untuk dikasihi."

10. "Orang tua adalah tulang yang digunakan anak-anak untuk mengasah gigi mereka."

11. "Hanya seorang ibu yang mengerti kasih seorang ibu."

12. “Cara orangtua berbicara adalah suara hati anak-anaknya kelak.” - Christian Simamora

13. "Apa pun yang kita berikan kepada orangtua tidaklah cukup untuk menggantikan apa yang orangtua berikan pada kita." - Nima Mumtaz.

14. "Jika kau cukup beruntung memiliki orangtua yang masih hidup di planet ini, telpon mereka. Telpon mereka, jangan SMS, jangan e-mail. Dengarkan mereka berbicara selama yang mereka mau padamu." - J. K. Simmons.

15. "Kamu harus percaya bahwa orangtua mampu melakukan apa saja untuk anaknya." - Dadan Erlangga.

16. "Puluhan tahun sampai saat ini kita hisap tenaga, keringat, air mata orang tua, mereka sampai rela berkorban nyawa mempertaruhkan hidupnya, hanya untuk kita." - Abdullah Gymnastiar.

17. "Pada anak muda terdapat air mata tanpa kesedihan, pada orang tua terdapat kesedihan tanpa air mata." - Joseph Roux.

18. "Kawan, menurut ketentuan agama, tak boleh diamkan jika orang tua bertanya lebih dari tiga kali." - Andrea Hirata.

19. "Kita tidak akan tahu rasa cinta orang tua kita, hingga kita menjadi orang tua." - Henry Ward Beecher.

20. "Tidak ada orangtua yang tidak merindukan anaknya ketika mereka jauh." - Dhamala Shobita.

Mungkin rasa jengkel, rasa marah yang sedang dirasakan bisa sedikit diredakan dengan kata mutiara untuk kedua orang tua ini. Sebab, selalu ada alasan mengapa suatu hal terjadi pada diri manusia. Mungkin orang tua tidak sengaja memarahi dirimu, namun selalu ada alasan besar mengapa mereka melakukan hal tersebut.

Kata-kata mutiara menghormati orang tua freepik.com

foto: freepik.com

21. "Ibu adalah bagaikan sebuah lagu yang tak pernah berakhir di hatiku. Lagu itu memberikan ketenangan, kebahagiaan, dan seluruh dirinya. Kadang-kadang aku memang lupa syair dari lagu itu, tapi aku tak akan pernah dapat melupakan melodinya."

22. "Ayah Bunda itu layaknya pelita sebagai penerang hidup. Ibarat cahaya lilin yang selalu setia menerangi setiap sudut jalan. Dan sebagai semangat yang menjadi motivasi tuk tetap kuat untuk terus melangkah maju."

23. "Kasih sayang seorang ibu adalah bahan bakar yang memampukan ibu untuk melakukan hal-hal mustahil dilakukan." - Marion C. Garetty.

24. "Sebaik-baiknya motivasi adalah doa orang tua."

25. "Untuk membentuk sebuah pasukan yang kuat, aku membutuhkan 1.000 bala tentara. Tetapi, untuk membentuk jiwa yang hebat, aku hanya butuh seorang ayah."

26. "Terima kasih Ayah atas kebahagiaanku yang berasal dari keringatmu mencari rezeki siang dan malam."

27. "Sederhana saja keinginanku, melihat kedua orang tuaku sehat selalu."

28. Cinta itu sederhana, seperti Ayah rela tidak membeli sesuatu yang baru untuknya, hanya demi memenuhi kebutuhan anaknya."

29. "Orang tua menunda merasakan nikmat hari ini untuk melihat anaknya melihat nikmat di masa depan."

30. "Di Kaki Gunung Anda Akan Menemukan Tanah yang Subur, Di Kaki Langit Anda Akan Melihat Panorama Indah, dan Di Kaki Ibu Anda Akan Temukan Pintu Menuju Surga."

31. "Walaupun kamu dapat memberikan bintang, berjuta harta, namun itu semua belum cukup untuk membalas kasih cinta seorang ibu."

32. "Sebelum engkau dikandung, Ibu menginginkan engkau ada. Sebelum engkau dilahirkan, Ibu telah mengasihimu. Sebelum engkau keluar dari kandungan, Ibu pun rela mati untukmu. Inilah keajaiban kasih sayang Ibu."

33. "Ibu, Ayah, mungkin aku berjalan dengan sangat lambat, tapi yakinlah itu adalah perjuanganku untuk bisa membahagiakan kalian."

34. "Aku yang dulu selalu bangga dan senang dengan apa yang sudah kalian berikan. Tapi sekarang justru malu karena belum bisa memberikan Kalian apa-apa dan tetap mendapatkan apa yang aku butuhkan dari Kalian. Ayah, Ibu, doakan anakmu segera bisa melakukan itu."

35. "Ayah dan Ibu, ada saat aku tidak menuruti ucapan kalian, ada waktu aku merasa benci dan ingin melawan. Tapi ketahuilah, yang terdalam dari hatiku adalah mencintai kalian."

36. "Aku memang bukan anak yang baik, tapi bukan berarti aku tidak sayang pada ayah dan ibu."

37. "Terima kasih ayah atas kebahagiaanku yang berasal dari keringatmu mencari rezeki siang dan malam."

38. "Ibu, sampai kapanpun kau akan menjadi rumah untuk doa-doaku menetap. Dan kau adalah surga untukku berpulang kelak."

39. "Hanya satu tujuanku merantau ke kota yang megah ini, yaitu untuk bisa membahagiakan kedua orang tuaku."

40. "Ayah, Ibu, aku tahu di dalam setiap sujudmu, pasti ikhlas untuk mendoakan diriku. Akan tetapi, apa daya, aku tak bisa pulang untuk saat ini, aku begitu rindu padam!"

(brl/tin)