Brilio.net - Kejujuran merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang jika dirinya ingin hidup bahagia dan damai. Bahkan sejak dini setiap orang sudah ditanamkan untuk selalu bersikap jujur terhadap segala hal. Pendidikan moral tentang kejujuran ini sering didapatkan baik di rumah maupun di sekolah. Umumnya, yang diberitahukan pada kita adalah soal kejujuran pada orang lain.

Jika kamu masih ingat pesan orang tua, jujur adalah pangkal dari kesuksesan hidup seorang. Setiap orang yang berbuat jujur hidupnya akan jauh lebih indah dan dihargai orang lain. Namun ketika beranjak dewasa, sifat untuk selalu jujur mulai memudar, hal ini dikarenakan berbagai alasan.

Ada orang harus terus berbohong untuk bertahan hidup, ada pula berbohong untuk hal-hal yang bisa menguntungkan diri sendiri. Pada dasarnya berbohong tidaklah benar, dalam apapun bentuknya. Orang bijak selalu mengatakan, katakan dengan jujur meski semua itu terasa sangat berat. Terkadang kebenaran tak mudah diterima oleh orang lain, namun kamu harus tetap menyampaikannya.

Berikut ini ada beberapa kata-kata mutiara Islam tentang kejujuran. Mungkin ini bisa membuat kamu betapa pentingnya sebuah kejujuran itu. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (4/10).

1. "Jarang orang mau mengakui, kesederhanaan adalah kekayaan yang terbesar di dunia ini: suatu karunia alam. Dan yang terpenting di atas segala-galanya ialah keberaniannya. Kesederhanaan adalah kejujuran, dan keberanian adalah ketulusan."

Loading...

2. "Dua ciri entrepreneur sejati: Saat mencarinya, sangat menjaga keadilan dan kejujuran. Lalu setelah mendapatkannya didistribusikan untuk kepentingan masyarakat banyak." – Abdullah Gymnastiar.

3. "Aku menolak untuk menerima pandangan bahwa umat manusia begitu terikat dengan rasisme dan perang buta yang mengatakan bahwa cahaya perdamaian dan persahabatan tidak akan pernah jadi kenyataan. Aku percaya bahwa kejujuran dan cinta sejati akan membuahkan hasil."

4. "Berpeganglah pada hidup kamu dan buatlah hal tersebut menjadi kejujuran dan keberanian."

5. "Hati nuranimu merupakan pengukuran kejujuran keegoisanmu. Dengarkan ini baik baik!"

6. "Jika rumah tangga dilandasi cinta, kejujuran dan keterbukaan, rumah tangga tak akan mudah goyah diterpa angin."

7. "Sampaikan lah kebenaran, walau itu pahit dan tidak menyenangkan bagi orang lain."

8. "Biasakanlah untuk jujur karena kejujuran itu menuntut kita pada kebaikan dan kebaikan itu menuntut kita pada keselamatan. "

9. "Jika engkau jujur kepada Allah, niscaya Allah akan jujur kepadamu."

10. "Lebih baik berbicara jujur, meski menyakitkan seseorang daripada menipu yang membuat seseorang tersenyum. Jadilah hamba Allah yang jujur lidahnya dalam berucap."

11. "Tinggalkanlah segala yang meragukanmu dan ambil lah yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya, kejujuran akan mendatangkan ketenangan, sedangkan kedustaan akan mendatangkan kegelisahan."

12. "Berkata jujur akan menyelamatkanmu, meski itu merisaukanmu. Berkata dusta akan mencelakakanmu, meski kau tidak merasakan bahayanya."

13. "Kejujuran akan membuat seseorang jauh lebih mulia dari segala aksesori duniawi yang dimilikinya."

14. "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang jujur."

15. "Tak jujur adalah penjara, yang membuat diri dicekam takut terbongkar, mudah untuk berdusta, nikmat apa pun tak akan ternikmati, maka jujur adalah hidup merdeka."

16. "Wahai manusia, cobalah untuk berlaku jujur karena Allah akan menolong orang-orang yang jujur. Hindari berbohong karena itu akan merusak imanmu. Ketahuilah bahwa orang jujur berada di ambang kemuliaan dan kehormatan, sementara pendusta berada di ambang kehancuran dan kebinasaan."

17. "Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan seseorang kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan kepada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur."

18. "Berhati-hatilah dengan kebohongan, baik besar ataupun kecil, serius ataupun bercanda karena jika seorang menceritakan sebuah kebohongan kecil, maka dia akan memiliki keberanian untuk menceritakan kebohongan besar."

19. "Tidak ada iman bagi orang yang tidak amanah (tidak bisa dipercaya) dan tidak ada agama bagi orang yang tidak menepati janji."

20. "Selama kamu memiliki hati yang bersih, kamu akan menyampaikan kebenaran."

Allah SWT mencintai hamba-Nya yang selalu berperilaku dan berkata jujur kepada sesama manusia maupun kepada diri mereka sendiri. Dia juga menjanjikan surgan-Nya bagi mereka yang sering berkata jujur.

Kata-kata mutiara Islam tentang kejujuran freepik.com

foto: freepik.com

Sifat jujur harus dilatih semenjak dini karena setiap aspek kehidupan yang akan dijalani pasti sangat berkaitan erat dengan kejujuran. Berbuat baik dan selalu berkata jujur adalah kunci agar kamu bisa hidup lebih tenang dan damai di dunia ini. Tak ada beban dan selalu menjadi orang yang bahagia.

21. "Kejujuran adalah pintu pertama menuju kedamaian."

22. "Jujur di awal akan terasa lebih baik daripada berbohong di sepanjang jalan."

23. "Mungkin jujur tampak sederhana, namun hanya mereka yang dewasa yang mampu melakukannya."

24. "Kejujuran itu mahal harganya. Jadilah orang bijak yang mampu menjaganya."

26. "Jujur akan lebih menyenangkan dari pada berdusta dan mengakibatkan lara."

27. "Keakuratan adalah saudara kembar kejujuran, ketidakakuratan saudara kembar dari ketidakjujuran."

28. "Keindahan kejujuran itu tidak butuh penghias lain."

29. "Kejujuran adalah batu penjuru dari segala kesuksesan, pengakuan adalah motivasi terkuat."

30. "Kejujuran adalah sebuah kebaikan terdalam yang mengajarkan kita untuk bersyukur pada hidup kita sendiri dan membagi kebahagiaan tersebut dengan orang-orang."

31. "Kejujuran bukanlah tentang kebaikan, tapi tentang tidak membuang-buang waktu, waktuku atau waktumu."

32. "Kejujuran ternyata dapat merupakan kebutuhan penting, bukan untuk ditepuktangani melainkan untuk penyelamatan jiwa." – Goenawan Mohamad.

33. "Kejujuran yang menyakitkan itu lebih baik daripada kebohongan yang membawa manfaat."

34. "Kejujuran membuat pesona tersendiri yang dapat menyentuh nurani dan menuai kekaguman serta memanen kewibawaan." – Abdullah Gymnastiar.

35. "Marilah kita mulai kejujuran dari hal yang kecil sekalipun, pastikan tak ada dusta yang terucap, setiap perkataan terjamin kebenarannya." – Abdullah Gymnastiar.

36. "Rezeki itu tidak identik dengan uang dan harta, karena rezeki yang paling berharga dalam kehidupan adalah kejujuran untuk mengakui kesalahan yang diperbuat."

37. "Kejujuran itu membuat hati tentram karena tidak ada kekhawatiran akan terbongkarnya sebuah dusta."

38. "Jangan takut oleh kemarahan orang sehingga kita takut berkata dan bersikap jujur."

39. "Kejujuran akan memperindah diri seseorang jauh lebih indah dari apa pun yang dimilikinya."

40. "Komunikasi yang terbuka dan jujur bukan hanya menjadi bagian penting dari suksesnya sebuah pernikahan, tapi juga berlaku untuk hubungan apapun." – Saad Tasleem.