Brilio.net - Hampir semua orang butuh dorongan dalam hal psikologis. Terlebih ketika mereka sedang masa down.

Ketika kamu bisa melewati masa sulit tanpa harus melakukan hal-hal di luar kewajaran, maka akan menjadi kebangaan tersendiri.

Setiap agama mengajarkan agar selalu berpegang teguh pada keyakinan dan percaya pada Tuhan. Islam pun demikian, kita dianjurkan untuk percaya bahwa Allah akan membantu kesulitan apapun yang dirasakan hamba-Nya, selama orang itu tidak merasa putus asa.

Sembari berusaha dan berdoa, kata-kata mutiara islami bisa untuk memotivasi kamu. Berikut contoh-contohnya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (18/8).

1."Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku, dan untukmu juga."

2. "Kamu tidak berhak mengeluarkan air mata untuk seseorang yang belum halal bagimu."

3. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti."

4. "Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua."

5. "Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup."

6. "Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

7. "Apapun profesimu, syukuri nikmati dan jalankan tugasmu dengan ikhlas."

8. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tetapi orang yang terus istiqomah di tengah godaan."

9. "Seberat apapun masalah yang kau hadapi, yakinlah bahwa itu masih bisa kau hadapi."

10. "Mereka yang terlalu dalam terluka, disebabkan terlalu jauh meninggalkan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya."

11. "Tidak ada orang yang memburu dunia dia akan sukses, justru dia ditunggu dengan masalah-masalah yang akan menimpanya."

12. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syari. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

13. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib.

14. "Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." - Nourman Ali Khan.

15. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

16. "Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." - Ali bin Abi Thalib.

17. "Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." - Imam Syafii.

18. "Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

19. "Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya: hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah." - Abu Bakar Sibli.

20. "Bersyukur atas keterbatasan yang kamu miliki karena hal itu memberimu kesempatan untuk memperbaiki diri."

Kata-kata bijak para tokoh

Orang beriman yakin jika masalah yang datang merupakan bentuk ujian dari Tuhan. Barang siapa bersabar dengan ujian yang dialami, maka akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah.

Kata-kata mutiara islam untuk motivasi hidup © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Risalah Tuhan atau perkataan orang saleh dengan kebijaksanaan yang luar biasa, bisa menghadirkan kekuatan tersendiri bagi yang mempercayainya. Masalah apa pun yang dihadapi jadi terasa kecil dan tak ada artinya.

21. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." - Ali bin Husein.

22. "Wanita muslimah menggunakan mulutnya untuk mengatakan kebenaran, suaranya untuk kebaikan, telinganya untuk welas asih, dan hatinya untuk mencintai mereka yang tidak menyukainya."

23. "Apa pun yang kamu keluarkan untuk keluargamu akan menjadi sumber pahala dari Allah. Bahkan sepotong makanan yang kamu suapkan ke mulut istrimu." - Nabi Muhammad SAW.

24. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." – Ali bin Abi Thalib.

25. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." – Amr ibn Abdullah.

26. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." – Ali bin Abi Thalib.

27. "Rahasia kebahagiaan itu ada dalam 3 hal: Bersabar, bersyukur dan ikhlas."

28. "Jika Allah memberimu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu."

29. "Bersyukurlah jika Allah memberimu ujian hidup, karena dengan demikian, Allah memberikanmu kesempatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi."

30. "Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan."

31. "Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya." – Ibnu Qayyim.

32. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik, terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

33. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi." – Ali bin Abi Thalib.

34. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." – Ali bin Abi Thalib

35. "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan." - HR At-Thabrani dan Al-Bazzar.

36. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok." - HR. Ibnu Asakir.

37. "Memaafkan adalah kemenangan terbaik." – Ali bin Abi Thalib.

38. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya." - HR Bukhari dan Muslim.

39. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." - Abu Hamid Al Ghazali.

(brl/pep)

(brl/pep)