Brilio.net - Permasalahan tak bisa dipisahkan dari kehidupan setiap orang. Masalah yang datang bisa menimbulkan kesedihan, kekecewaan, bahkan depresi.

Meski terasa melelahkan, tapi jika ikhlas akan dapat membuat hidupmu jadi lebih bermakna. Menerima keadaan dengan ikhlas bisa membuat langkah menjadi lebih ringan untuk menuju masa depan. Kamu pun akan merasa lebih lega dan bahagia.

Untuk bisa iklhas dibutuhkan belajar. Membaca kata-kata motivasi keikhlasan juga bisa membantu mengolah rasa.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (10/8), 55 kata-kata mutiara keikhlasan, penuh makna dan bikin hidup bahagia.

Kata-kata mutiara keikhlasan.

 Kata-kata mutiara keikhlasan berbagai sumber

Loading...

foto: freepik.com

1. "Bagaikan bunga yang sabar selama kuncupnya untuk kemudian mekar dengan indah. Atau ulat yang sabar menanti dalam kepompong untuk bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang cantik. Itulah perumpamaan orang-orang yang sabar dan ikhlas."

2. "Kamu boleh saja telah memberi jutaan bantuan. Tapi kamu tak akan merasakan kebahagiaan sejati sebelum kamu memberi dengan penuh keikhlasan, meskipun jumlahnya sedikit."

3. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Tuhan."

4. "Tuhan tidak menjanjikan langit selalu biru, tapi ia selalu menghadirkan pelangi setelah badai berlalu."

5. "Orang yang ikhlas, akan melalui segala macam ujian kehidupan dengan mudah."

6. "Bukan karena dia kuat, tapi karena Tuhan Yang Maha Kuat bersama dengan langkahnya."

8. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan, maka semangatlah buat hari ini! Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar."

9. "Mensyukuri hari ini dan mengikhlaskan apa yang telah berlalu menjadi jalan terbaik dalam proses pendewasaan."

10. "Meski kenyataan tak sesuai dengan harapan, tetaplah bersemangat. Jangan menyerah dan jangan pernah buang semua impian dan harapan."

11. "Belajarlah keikhlasan dari akar pohon, akar pohon itu letaknya tersembunyi di dalam tanah dan tidak semua manusia peduli dan mengaguminya. Walaupun begitu, dia tetap bekerja siang dan malam tanpa mengenal lelah dan pamrih untuk kehidupan batang dan dedaunan."

12. "Bila cobaan ini adalah kehendak-Mu, maka aku ikhlas dengan senang hati menerima cobaan ini."

13. "Ada hari di mana kita harus berhenti sebentar menengok ke belakang, lalu bersyukur."

14. "Jalani hidup meski kadang ada bagian yang tidak disukai. Terimalah kenyataan yang ada, bersyukur, ikhlas dan sabar."

15. "Ikhlas, bukan melepaskan sesuatu dengan air mata tetapi bisa merelakan sesuatu dengan senyuman."

16. "Kebahagiaan bukanlah saat kamu memiliki kesempurnaan, namun ketika kamu dapat menerima ketidaksempurnaan dengan tulus dan ikhlas.

17. "Jalan keluar terbaik tidak akan pernah bisa ditemukan pada hati yang tidak ikhlas dan tidak sabar."

18. "Ikhlas menerima kesalahan, dan belajar dari setiap kesalahan. Karena itu yang akan menjadikanmu lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan."

19. "Mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan. Jalani dengan ikhlas dan penuh rasa sabar."

20. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas. Dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

Kata-kata mutiara keikhlasan Islami.

 Kata-kata mutiara keikhlasan berbagai sumber

foto: unsplash.com

21. "Semakin berusaha mengikhlaskan, semakin tenang perasaan, semakin yakin Allah memberikan yang terbaik di masa depan."

22. "Jangan pernah terpaksa untuk berbuat kebaikan. Beri sedikit keikhlasan, maka Allah akan membalas dengan berlipat kebahagiaan."

23. "Milikilah cinta sejati yang ikhlas kepada Allah SWT maka kehidupan yang kamu jalani akan terasa indah. Cinta tersebut akan membuat hati menjadi damai dan tenang."

24. "Ketika berhadapan dengan masalah, terkadang manusia lebih mengutamakan logika hingga lupa pada sujud yang lama."

25. "Ya Allah, peluklah aku hingga hatiku bisa merasa tenang dan damai. Hilangkanlah tangisku sehingga aku bisa merasa sabar dan ikhlas."

26. "Cobaan hidup itu didikan Allah, tinggal kita berusaha sabar dan ikhlas pada ketentuan-Nya."

27. "Allah adalah sebaik-baik perencana maka yakinlah bahwa apapun itu pasti ada hikmah di balik rencana-Nya."

28. "Ya, Robb. Tuntunlah hamba agar selalu berusaha lebih baik, selalu ikhlas dan sabar dalam menghadapi cobaan dari-Mu."

29. "Allah memberi kita ujian melalui situasi yang sulit. Ikhlaslah melangkah di situasi tersebut, maka kamu akan melewatinya dengan sangat mudah."

30. "Ketika berhadapan dengan masalah, terkadang manusia lebih mengutamakan logika hingga lupa pada sujud yang lama."

31. "Allah menghancurkan hati hamba-hamba yang ia cintai, agar tidak ada lagi pengharapan mereka kepada dunia."

32. "Jangan masuk ke dalam ranah yang akan membuat hidupmu menderita tetapi masuklah ke dalam ranah yang membuatmu ikhlas beramal, cukuplah kesabaran itu menjadi tembok bagimu berbuat baik."

33. "Sama seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

34. "Lakukanlah setiap perbuatan baik semata-mata hanya kerena Allah."

35. "Allah menghancurkan hati hamba-hamba yang ia cintai, agar tidak ada lagi pengharapan mereka kepada dunia."

36. "Kita selalu membersihkan rumah kita saat hendak mengundang seseorang, maka begitu juga kita harus membersihkan hati kita jika ingin mengundang Allah."

37. "Apabila kita ridho pada sesuatu yang mengecewakan hati kita, maka percayalah Allah akan menggantikan kekecewaan itu dengan sesuatu yang tidak dijangka."

38. "Jagalah urusan yang ada di antara kamu dengan Allah, Maka Allah juga akan menjaga urusan kamu dengan manusia."

39. "Tutupi hatimu dengan keikhlasan seperti kamu menutupi tubuhmu dengan pakaian."

40. "Seperti air yang bisa mengikis batu yang paling keras, keikhlasan juga bisa melembutkan atau meluluhkan hati yang paling dingin."

Kata-kata mutiara keikhlasan dari para tokoh.

 Kata-kata mutiara keikhlasan berbagai sumber

foto: unsplash.com

41. "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin berubah menjadi mungkin." – Mufti Menk

42. "Ikhlas adalah perpaduan antara keinginan dan niat seseorang." – Ibn Al-Qayyim

43. "Tanda pertama dari sebuah keikhlasan adalah keberadaanmu ketika di hadapan banyak orang maupun saat sendiri tidak ada bedanya." – Imam Al-Ghazaly

44. "Meraih keikhlasan tentu tidak mudah, tapi kita harus berlatih, sebab tanpa ikhlas kita tidak akan memperoleh pahala ibadah dan ketenangan." – Aa Gym

45. "Hubunganmu dengan Allah bergantung pada hati yang bersih." – Nouman Ali Khan

46. "Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri. - Buya Hamka.

47. "Membangun karya dalam sunyi, dengan ikhlas karena cinta pada negeri." - Najwa Shihab.

48. "Barangsiapa menghendaki akhirat, maka hendaknya ia ikhlas dalam mencari ilmu." - Imam Syafi'i.

49. "Berlaku baik kepada orang yang membencimu, bukanlah perilaku palsu, jika hatimu ikhlas menerima bahwa pembencimu adalah sahabatmu yang belum jadi." - Mario Teguh.

50. "Ikhlas adalah melupakan pujian dari manusia dan hanya terus mencari ridha dari Sang Pencipta. Barangsiapa menghiasi dirinya di hadapan manusia dengan sesuatu yang tidak dimilikinya, maka ia telah jauh dari rahmat Allah. – Ibn Al-Qayyim

51. "Ikhlas membiarkan diri tenang, pasrah membiarkan diri kalah." - Pidi Baiq

52. "Tidak ada di dunia ini yang lebih berbahaya daripada ketidakpedulian yang ikhlas dan kebodohan yang sungguh-sungguh." - Martin Luther King.

53. "Keikhlasan bisa membuat amal yang kecil bernilai besar." – Boonaa Mohammed.

54. "Bekerja keras adalah bagian dari fisik. Bekerja cerdas merupakan bagian dari otak. Sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati." – Aa Gym

55. "Kata kata nasihat orang yang ikhlas, meski sederhana akan mengena. Sebaliknya, ahli riya, kalimat nasehatnya akan dibuat-buat, justru menjadikan para pendengarnya gelap hati." – Habib Syeikh.