Brilio.net - Jika kamu bertanya seberapa penting sih menuntut ilmu? Pasti kamu akan mendapatkan jawaban, menuntut ilmu itu sangat penting. Sejak zaman dulu, orang dianjurkan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dan mengenal banyak hal. Bahkan dalam Islam, Allah menyuruh umatnya menuntut ilmu tidak hanya untuk kebaikan di dunia, namun juga untuk di akhirat.

Di dalam Islam, menuntut ilmu juga merupakan suatu ibadah kepada Allah dan terdapat beberapa matlamat tertentu dalam proses menuntut ilmu. Sama halnya di dalam agama lainnya, menuntut ilmu menjadi bagian penting yang harus dilakukan setiap individu.

Seperti yang disampaikan mantan Presiden Afrika, Nelson Mandela, pendidikan sangat penting bahkan bisa mengendalikan dunia.

"Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia." – Nelson Mandela.

Jadi menuntut ilmu itu sangatlah penting. Sekarang ini mungkin kamu sedang membutuhkan motivasi agar semangat dalam menuntut ilmu dan mewujudkan impian. Berikut ini ada beberapa kata-kata motivasi pentingnya menuntut ilmu seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (5/8).

Loading...

1. "Makin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan makin merasakan kedamaian."

2. "Hidup lah seolah engkau mati besok. Belajar lah seolah engkau hidup selamanya."

3. "Barangsiapa yang berangkat menimba ilmu untuk mengamalkan ilmu, niscaya ilmu yang sedikit pun akan bermanfaat baginya."

4. "Ilmu itu bagaikan binatang buruan, sedangkan pena adalah pengikatnya, maka ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat." - Imam Syafi’i.

5. "Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." - Al-Ghazali.

6. "Tahapan pertama dalam mencari ilmu adalah mendengarkan, kemudian diam dan menyimak dengan penuh perhatian, lalu menjaganya, lalu mengamalkannya dan kemudian menyebarkannya." - Sufyan bin Uyainah.

7. "Tuntutlah ilmu dari lahir hingga ke liang lahat."

8. "Menuntut ilmu adalah takwa, menyampaikan ilmu adalah ibadah, mengulang-ulang ilmu adalah dzikir, mencari ilmu adalah jihad."

9. "Ilmu itu ada di mana-mana, pengetahuan di mana-mana tersebar, kalau kita bersedia membaca, dan bersedia mendengar." - Felix Siauw.

10. "Hidup perlu ilmu, mati perlu ilmu, ilmu untuk kaya, ilmu untuk amal."

11. "Ilmu bukanlah dengan banyaknya riwayat. Ilmu tidak lain adalah sebuah cahaya yang Allah tempatkan di dalam hati." – Imam Malik.

12. "Ilmu tanpa amal adalah kegilaan, dan amal tanpa ilmu adalah kesia-siaan." – Imam Ghazali.

13. "Ilmu adalah kehidupan bagi pikiran." – Abu Bakar.

14. "Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah." – Hasan al-Bashri.

15. "Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali." - Tan Malaka.

16. "Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya." - Pramoedya Ananta Toer.

17. "Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan." - Najwa Shihab.

18. "Kegunaan pendidikan adalah untuk mengajarkan seseorang untuk berpikir dengan intensif dan kritis. Kecerdasan dan karakter itulah tujuan pendidikan sesungguhnya." - Martin Luther King Jr.

19. "Pendidikan adalah apa yang tersisa setelah melupakan semua yang dia pelajari di sekolah." - Albert Einstein.

20. "Pendidikan itu mengobarkan api, bukan mengisi bejana." - Socrates.

Kata bijak tentang pendidikan atau pentingnya menuntut ilmu memberikan pandangan yang lebih luas kepada orang lain. Kamu akan memahami seberapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan, apa yang akan kamu peroleh jika kamu mau menuntut ilmu.

Kata-kata mutiara pentingnya menuntut ilmu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

21. "Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis." - Aristoteles.

22. "Pendidikan dari seorang manusia tidak pernah selesai sampai dia mati." - Robert E. Lee.

23. "Karunia Allah yang paling lengkap adalah menjalani kehidupan berdasarkan ilmu." – Ali bin Abi Thalib.

24. "Ilmu akan menghidupkan jiwa." – Ali bin Abi Thalib.

25. "Dengan cinta hidup menjadi indah. Dengan ilmu hidup menjadi mudah. Dengan agama hidup menjadi terarah."

26. "Ilmu yang tidak bermanfaat ibarat obat yang tidak menyembuhkan."

27. "Muridku, ketahuilah bahwa ilmu itu adalah cahaya. Dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang-orang yang suka berbuat maksiat. – Imam Waki', Guru Imam Syafi'i.

28. "Musuh yang berilmu lebih baik daripada kawan yang jahil."

29. "Ilmu itu dimiliki dengan lidah yang banyak bertanya dan akal yang gemar berpikir." – Abdullah ibnu Abbas.

30. "Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup" – Martimer Adler.

31. "Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama." – Nora Roberts.

32. "Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka harus." – Arthur Wellesley.

33. "Belajar layaknya mendayung ke hulu; Jika tidak maju, maka akan terhanyut ke bawah." – NN.

34. "Pendidikan setingkat dengan olahraga dimana memungkinkan setiap orang untuk bersaing." – Joyce Meyer.

35. "Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan." – Mario Teguh.

37. "Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh." – Albert Einstein.

38. "Belajar dengan giat untuk kebaikan yang begitu dalam, dan demi otak kita yang dangkal." – Richards Baxte.

39. "Belajar disaat orang lain tidur; bekerja sementara yang lain bermalas malasan; mempersiapkan disaat orang lain bermain; dan bermimpi sementara lainnya sedang berharap." – William Arthur Ward.

40. "Bila Anda gagal hari ini, jangan pernah menyerah. Ulangi terus kegagalan Anda sampai atasan/komandan Anda menyerah." – Mario Teguh.