Brilio.net - Kamu pasti sudah nggak asing dengan pepatah "Setiap pertemuan pasti ada perpisahan". Ya, di sepanjang perjalanan hidup, kamu akan bertemu dan mengenal banyak orang. Ketika kamu lahir, kamu akan mengenal orang tua dan keluarga. Ketika kamu sekolah, kamu akan menemukan teman-teman kelas. Hingga saat kamu kerja, kamu akan mendapatkan rekan kerja.

Banyak orang yang akan kamu temui selama kamu masih hidup. Sayangnya, tak semua orang bisa terus-menerus menemanimu. Suatu saat, kamu pasti akan berpisah dengan teman, keluarga, bahkan kekasih. Perpisahan tersebut dapat terjadi karena berbagai hal, seperti adanya jarak, kesibukan, atau bahkan kematian.

Perpisahan tentu akan membuat sedih orang yang ditinggalkan. Sedih adalah hal wajar yang dirasakan ketika seseorang berpisah dengan orang yang ia cintai. Tapi jangan sampai terlena dengan yang namanya 'sedih', karena hidupmu masih panjang.

Waktu tidak akan mau menunggumu untuk berdiri kembali. Angkat pundak, langkahkan kakimu lagi ke depan. Masa depan masih cerah, kebahagiaan baru ada di depan mata. Untuk memaknai arti perpisahan, meski sedih dan bikin merana, ungkapkan perasaanmu dengan kata-kata. 

Dalam kata-kata mutiara perpisahan, terkandung ekspresi perasaan sedih yang mungkin dirasakan oleh orang yang berpisah. Selain itu, kata-kata semacam ini dapat menjadi media untuk menyatakan perasaan batin yang sulit diutarakan.

Kata-kata mutiara perpisahan juga memiliki kemampuan untuk menggugah perasaan terharu dan kehangatan hati. Kata-kata tersebut mampu membawa kehangatan di tengah-tengah kesedihan perpisahan.

Terkadang, perasaan sedih memang membutuhkan ruang dalam batinmu. Perasaan ini perlu diluapkan agar tak menjadi beban dan jika didiamkan akan berbahaya bagi kesehatan mental. Salah satu cara untuk mengekspresikannya tentu dengan kata-kata mutiara perpisahan. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (1/2), ini dia 230 kata-kata mutiara perpisahan, maknanya dalam bikin haru dan menyentuh hati.

Kata-kata mutiara perpisahan penuh makna.

Kata-kata mutiara perpisahan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kata.perpisahanku

Jangan mau dipermainkan perasaan. Manusia wajar saja punya rasa sedih, tapi jangan keterusan.

1. "Sahabat selamat melanjutkan langkahmu, selamat berjumpa lagi di tangga kesuksesan, dalam senyum yang lebih indah."

2. "Semua pasti berubah, mau tidak mau. Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin. Semua pasti berakhir, siap tidak siap."

3. "Perpisahaan memang tak akan pernah mudah karena sifat dasar manusia ingin memiliki bukan melepaskan."

4. "Kini kau bukan lagi milikku, kini kau telah berada di tempat yang jauh lebih baik."

5. "Perpisahaan itu ada, agar kita bisa menghargai sebuah pertemuan."

6. "Coba belajarlah kepada senja, karena dia mengajarkan bahwa sesuatu yang terlihat

indah sebagian hanya sementara, karena tak ada yang abadi."

7. "Tuhan, jangan ajarkan aku takut kehilangan. Ajarkan aku melepas tanpa penyesalan."

8. "Sadarkah kalau semua itu terhubung dengan takdir. Tak ada yang bisa mengatur takdir, jadi nikmatilah setiap detik yang kau punya untuk bersamanya."

9. "Perpisahaan seringkali mengajarkan kita betapa berharganya seseorang setelah dia tiada."

10. "Senja mengajarkan kita menerima sebuah perpisahan dengan jaminan pertemuan yang hangat pada esok hari."

11. "Sekuat apapun kamu menjaga, yang pergi akan tetap pergi. Sekuat apapun kamu menolak, yang datang akan tetap datang."

12. "Tak apa-apa apabila kita bukan jadi yang terbaik, setidaknya kita pernah berusaha walaupun kenyataannya memang tak bisa dipaksakan."

13. "Setiap pertemuan yang indah pasti akan berakhir dengan sebuah perpisahan, karena dalam kehidupan ini tiada yang abadi, perpisahan ini akan menyakiti, tapi aku yakin hal

itu akan membuat kita bahagia di kemudian hari."

14. "suatu hari nanti aku bisa tersenyum apabila teringat tentang kisah kita berdua."

15. "Perpisahan adalah ucapan menyambut hari-hari penuh rindu."

16. "Perpisahaan selalu mengajarkan kita untuk menghargai, bahwa setiap detik bersama orang yang kita cintai adalah anugerah yang tidak boleh kita sia-siakan."

17. "Dan suatu hari nanti aku hanya akan menjadi bagian dari masa lalu, tetapi akan terus kulanjutkan langkah ini."

18. "Perpisahan bukan berarti berhenti untuk menyatukan."

19. "Perpisahan kadang dapat kembali. dan kadang pula selamanya tak akan kembali."

20. "Tak mungkin lagi ku memaksamu disini, lupakan aku bila tak cinta lagi. doakan saja ku mendapatkan pengganti yang lebih baik darimu."

Kata-kata mutiara perpisahan mengharukan hati paling dalam.

Kata-kata mutiara perpisahan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kata.perpisahanku

Saat ini mungkin pertemuan sudah berakhir. Tapi tidak ada yang tahu dengan takdir. Di lain waktu, bisa saja jodohmu dengannya masih bisa berlanjut.

21. "Meski jarak ada di antara kita, kita tidak pernah merasa jauh. Karena persahabatan tidak diukur dengan jarak, melainkan hati."

22. "Tersenyumlah dan berhentilah menangis, karena air mata yang engkau teteskan hanya akan membuat kaki ini sulit untuk melangkah."

23. "Kelulusan itu seperti hari pembalasan. Kamu akan dinilai berdasarkan apa yang sudah kamu tanam."

24. "Dari lubuk hatiku yang terdalam, aku ingin mengucapkan terima kasih karena telah menjadi sahabat terbaikku. Semoga perjalananmu mewujudkan mimpi baru akan tercapai."

25. "Jika pertemuan adalah awal dari perpisahan, maka perpisahan adalah awal dari keindahan dalam pertemuan yang selanjutnya."

26. "Lanjutkan perjuanganmu dan raihlah impianmu yang selama ini selalu kamu ceritakan padaku. Sekarang sudah tiba waktunya kita berpisah, selamat jalan wahai sahabatku. Dirimu akan selalu melekat didalam diriku."

27. "Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun kenangan dan perasaan tinggal terlalu lama." -Fiersa Besari

28. "Selamat tinggal hanya untuk mereka yang mencintai dengan mata mereka. Karena bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa tidak ada yang namanya perpisahan."

29. "Perpisahan membuatmu berpikir. Mereka membuatmu menyadari apa yang kamu miliki, apa yang hilang, dan apa yang kamu anggap remeh."

30. "Menjadi partner kerjamu adalah salah satu pengalaman profesional dalam karierku. Sampai jumpa sahabat."

31. "Bahkan jika kita tidak bisa bersama pada akhirnya, aku senang kamu menjadi bagian dari hidupku."

32. "Karena sesungguhnya berpisah itu tidak sepenuhnya berpisah, hanya jarak yang memisahkan."

33. "Keramahan yang kau pancarkan setiap hari, tak akan pernah hilang dalam ingatan kami. Perjuangan dan pengorbanan tak akan pernah luput dari ingatan kami, kau adalah guru terhebatku."

34. "Guru, engkau bagaikan lilin, yang menghabiskan dirinya sendiri untuk mencerahkan kehidupan orang lain."

35. "Setiap ada pertemuan pasti ada juga perpisahan, tetapi dengan perpisahan tersebut bukan menjadi alasan untuk kita saling melupakan."

36. "Di saat menghitung angka seharusnya kita teringat dengan guru kita yang telah mengajari berhitung, Terima Kasih Wahai Guruku."

37. "Terima kasih guru, engkau adalah sosok terindah yang memberikan kasih sayang setelah ayah dan ibu. Kau patut disebut sebagai pahlawan bagi pendidikan Indonesia."

38. "Tanpa rekan kerja yang menyenangkan sepertimu, kantor akan terasa membosankan dan sepi. Selamat tinggal teman, kami akan merindukanmu."

39. "Mungkin, Tuhan mempertemukan kita hanya sebatas untuk saling mengenal bukan untuk saling memiliki."

40. "Kita adalah dua orang yang pernah memiliki rasa yang sama namun tak ditakdirkan untuk terus bersama."

Kata-kata mutiara perpisahan untuk kekasih.

Kata-kata mutiara perpisahan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@pratiwi_novin

41. "Memang lebih sulit rasanya bila ditinggalkan daripada menjadi yang meninggalkan." - Bodie & Brock Thoene, Shiloh Autumn

42. "Selamat tinggal bila kau ingin pergi. Tak mungkin lagi ku memaksamu di sini. Lupakan aku bila tak cinta lagi. Doakan saja ku mendapatkan pengganti lebih darimu." - Rey Mbayang, Selamat Tinggal

43. "Yang pergi akan tetap pergi, walaupun kau telah menjaganya dengan begitu kuat. Yang datang akan datang, walaupun kau tidak menginginkan kedatangannya."

44. "Jangan pergi jauh jika aku tidak bersamamu. Ku tahu aku egois tapi cintamu itu adalah aku. Jangan pernah kamu lupa, ingatlah bahwa aku di sini menantimu." - Winner, But

45. "Baik. Aku akan melupakanmu. Aku akan hidup menjadi diriku sendiri seperti setangkai bunga." - Sunmi, Gashina

46. "Terkadang, pertemuan dan perpisahan terjadi terlalu cepat. Namun, kenangan dan perasaannya tinggal terlalu lama." - Fiersa Besari

47. "Lautan hanya memisahkan daratan, bukan hati." - Munia Khan

48. "Malam ini, aku merindukanmu untuk alasan tertentu. Air mata membasahi wajahku ketika aku mengenangmu dalam hatiku." - Taeyeon, Rain

49. "Sering kali cinta tidak menyadari kedalamannya hingga saat perpisahan tiba." - Kahlil Gibran

50. "Mungkin kita mencoba membuat kenangan sebanyak-banyaknya karena kita tahu, suatu hari nanti, kita tidak akan bisa lagi bersama." - Makoto Shinkai, 5 Centimeters per Second

51. "Saat sebuah pertemuan berawal dengan sebuah kebaikan, maka akhirilah pertemuan itu dengan perpisahan yang memiliki kenangan terindah."

52. "Jika sebuah kesabaran tidak membuatmu sadar, mungkin sebuah kehilangan akan menjadikanmu sadar."

53. "Di hari esok kamu akan mengerti dengan pilihanku, yang memutuskan untuk pergi dan mencari sesuatu yang tidak pasti."

54. "Bagaimana bisa aku takut dengan mengakhiri, kalau aku berani untuk mengawali semua? Bagaimana aku takut dengan perpisahan, sedangkan aku berani untuk saling memiliki."

55. "Di akhir perjalanan sekalipun tak lagi bersama, ada satu nama yang tak akan bisa tergantikan. Entah seberapa hebat kau berusaha untuk melupakan, tetapi nama itu selalu ada, itulah cinta sejati."

56. "Terima kasih untuk kamu yang telah hadir dalam hidupku dan telah mengajarkan kedewasaan. Berucap syukur atas nikmat dan hikmah dari pendewasaan yang terberikan oleh waktu, usai sudah perjalanan bersama bayangan waktu."

57. "Saat sebuah pertemuan berawal dengan sebuah kebaikan, maka akhirilah pertemuan itu dengan perpisahan yang memiliki kenangan terindah."

58. "Jika sebuah kesabaran tidak membuatmu sadar, mungkin sebuah kehilangan akan menjadikanmu sadar."

59. "Hati itu mudah patah, makanya kau harus mampu menjaga dan memeliharanya. Jika tidak, dia akan sering terjatuh lagi dan lagi hingga akhirnya hancur tak tersisa, terluka, dan sakit selamanya. Dan apabila kau tak mampu menyembuhkannya, dia akan mati rasa dan menutup selamanya. Jadi, jagalah hatimu."

60. "Coba belajarlah kepada senja karena dia mengajarkan bahwa sesuatu yang terlihat indah sebagian hanya sementara, karena tak ada yang abadi."

Kata-kata mutiara perpisahan rekan kerja.

Kata-kata mutiara perpisahan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

61. "Teman kerja yang baik benar-benar sulit ditemukan, sulit untuk ditinggalkan, dan mustahil untuk dilupakan."

62. "Mengucapkan perpisahan itu sulit, tetapi bagiku itu adalah momen kebahagiaan karena saya tahu kamu akan pergi untuk masa depan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Selamat tinggal temanku."

63. "Perjalanan yang luar biasa. Misi kita selesai. Dengan itu, kita harus mengucapkan selamat tinggal. Kita orang paling bahagia di dunia saat ini."

64. "Ruang pertemuan yang kita duduki sekarang akan terasa lebih dingin karena kehangatan dan bantuanmu tidak akan ada di sana. Aku akan merindukanmu."

65. "Pengunduran dirimu ini adalah pengingat bahwa hidup ini kejam dan segala hal baik berakhir. Kita mungkin bukan rekan kerja lagi tetapi kita akan selalu menjadi teman. Selamat tinggal."

66. "Tanpa rekan kerja yang menyenangkan sepertimu, kantor akan terasa membosankan dan sepi. Selamat tinggal teman, kami akan merindukanmu."

67. "Perpisahan membuatmu berpikir. Mereka membuatmu menyadari apa yang kamu miliki, apa yang hilang, dan apa yang kamu anggap remeh."

68. "Ruang pertemuan yang kita duduki saat ini akan terasa lebih dingin karena kehangatan dan bantuanmu tidak akan ada di sana. Aku akan merindukanmu."

69. "Perpisahan memiliki rasa manis pahit. Pahit untuk perpisahan saat ini dan manis untuk kerinduan masa depan. Semoga perpisahan ini hanya bertahan untuk waktu yang singkat."

70. "Mengucapkan selamat tinggal kepada teman sejati benar-benar sulit. Tapi, saya mengucapkan selamat tinggal dengan harapan bahwa kita akan bertemu lagi suatu hari nanti."

71. "Meski waktu kita bekerja bersama akan segera berakhir, saya tetap ingin berhubungan baik dengan kalian. Jadi, jangan putus kontak, ya."

72. "Kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari siklus kehidupan kerja. Tapi, kenangan bekerja bersama kamu yang terus menginspirasi tidak akan pernah dilupakan. Selamat jalan dan semoga sukses."

73. "Dengan mengundurkan diri, usai sudah tanggung jawab pekerjaan saya di sini. Namun, kenangan manis bekerja di kantor ini akan selalu melekat di dalam hati."

74. "Perjalanan yang luar biasa. Misi kita selesai. Dengan itu, kita harus mengucapkan selamat tinggal. Kita orang paling bahagia di dunia saat ini."

75. "Percaya kepada dirimu sendiri. Percayalah kepada kemampuanmu. Tanpa kepercayaan diri terhadap kekuatanmu sendiri, kamu tidak akan bisa sukses atau bahagia."

76. "Bekerja denganmu adalah pengalaman yang berarti untukku. Tapi, aku harus mengambil jalan yang baru. Dari lubuk hati kudoakan yang terbaik untukmu."

77. "Aku mempelajari banyak hal selama bekerja denganmu. Semoga kamu sukses di perusahaanmu yang baru dan bertemu dengan rekan kerja yang menyenangkan."

78. "Perpisahan ialah konsekuensi dari sebuah perjumpaan. Saya berharap semangat dan kreativitas Anda tetap menjadi inspirasi dan motivasi kerja kami."

79. "Semoga kamu berlayar dengan lancar disertai jalan yang penuh sukacita. Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan."

80. “Selalu lanjutkan pendakian. Adalah mungkin bagi kamu untuk melakukan apa pun yang kamu pilih, jika kamu mengetahui siapa dirimu dan bersedia bekerja dengan kekuatan yang lebih besar."

81. "Jika pengunduran diri ini membawamu lebih dekat ke kesuksesan, maka aku akan berbahagia karenanya. Kamu pantas mendapatkan yang terbaik karena kamu layak untuk jadi yang terbaik."

82. "Persahabatan sejati adalah ketika kamu harus melihat sahabatmu pergi dan mengetahui kamu tidak akan melihatnya lagi. Tapi kamu tahu ia akan selalu berada di dalam hati dan pikiranmu selamanya."

83. "Perpisahan bukan berarti kalian tidak akan berjumpa kembali, perpisahan hanyalah nasihat supaya kalian tetap akrab ketika bertemu kembali."

84. "Perpisahan memiliki rasa manis pahit. Pahit untuk perpisahan saat ini dan manis untuk kerinduan masa depan. Semoga perpisahan ini hanya bertahan untuk waktu yang singkat."

85. "Dengan mengundurkan diri, usai sudah tanggung jawab pekerjaan saya di sini. Namun, kenangan manis bekerja di kantor ini akan selalu melekat di dalam hati."

Kata-kata mutiara perpisahan untuk sahabat.

 

86. "Teman sejati bukan orang yang membuat masalahmu menghilang. Mereka adalah orang yang tidak akan hilang saat kamu menghadapi masalah."

87. "Seorang sahabat adalah seseorang yang mencintaimu ketika kamu lupa untuk mencintai dirimu sendiri."

88. "Persahabatan adalah hal tersulit di dunia untuk dijelaskan. Itu bukan sesuatu yang kamu pelajari di sekolah. Tapi jika kamu belum belajar arti persahabatan, kamu benar-benar belum belajar apa-apa." - Muhammad Ali

89. "Persahabatan terlahir pada saat itu ketika satu orang berkata kepada yang lain: 'Apa! Kamu juga? Kupikir hanya aku satu-satunya." - C.S.

90. "Seperti halnya kamu tidak melupakan nada ketika sebuah lagu memudar dan berhenti bermain, aku tidak akan pernah melupakan kenangan berharga tentang persahabatan kita, meskipun kamu akan pergi."

91. "Seorang teman adalah seseorang yang tahu lagu di hatimu dan bisa menyanyikannya kembali padamu ketika kamu lupa kata-katanya." - Shania Twain

92. "Teman baik seperti bintang. Kamu tidak selalu melihatnya, tetapi kamu tahu mereka selalu ada di sana."

93. "Persahabatan yang kuat tidak membutuhkan percakapan sehari-hari, tidak selalu membutuhkan kebersamaan, selama hubungan itu hidup di hati, seorang sahabat sejati tidak akan pernah berpisah. Selamat tinggal, teman baikku!"

94. "Apakah kita dekat atau jauh, waktu yang kita bagikan akan selalu ada di hatiku."

95. "Mengucapkan selamat tinggal adalah cara menyakitkan untuk menyelesaikan masalah."

96. "Jenis pertemanan terbaik adalah pertemanan yang sengit di mana kamu secara agresif percaya satu sama lain, membela satu sama lain, dan berpikir bahwa yang lain pantas mendapatkan dunia."

97. "Persahabatan itu seperti berdiri di atas semen basah. Semakin lama kamu tinggal, semakin sulit untuk pergi, dan kamu tidak akan pernah bisa pergi tanpa meninggalkan jejak kakimu. Selamat tinggal!"

98. "Persahabatan sejati bukan tentang tidak terpisahkan, tapi dipisahkan dan tidak ada yang berubah."

99. "Teman sejati adalah orang-orang langka yang datang untuk menemukanmu di tempat gelap dan membawamu kembali ke cahaya."

100. "Ada teman, ada keluarga, dan kemudian ada teman yang menjadi keluarga."

101. "Perpisahan, semanis apa pun, seindah apa pun, tetaplah berpisah. Ada cerita yang sejak detik itu harus berubah menjadi kenangan."

102. "Perpisahan bukan berarti tidak akan berjumpa kembali, perpisahan hanyalah nasihat supaya keakraban tetap terjalin ketika bertemu kembali."

103. "Selamat tinggal, sahabatku. Kutahu aku tidak akan pernah bertemu denganmu lagi. Tapi, kenangan kebersamaan kita akan menghilangkan air mata ini." - Linda Ronstadt

104 "Kawanku, selamat menjalani aktivitasmu yang jauh di sana, jangan lupa selalu ingatkan dan ingatlah aku untuk selama-lamanya."

105. "Sakitnya perpisahan itu bukanlah apa-apa dibandingkan kebahagiaan saat bertemu lagi."

Kata-kata mutiara perpisahan dalam bahasa Inggris dan artinya.

106. "There's never a right time to say goodbye."

(Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal.)

107. "The only time a goodbye is painful is when you know you'll never say hello again."

(Satu-satunya saat perpisahan itu menyakitkan adalah ketika kamu tahu kamu tidak akan pernah menyapa lagi.)

108. "The two hardest things to say in life are hello for the first time and goodbye for the last."

(Dua hal tersulit untuk dikatakan dalam hidup adalah halo untuk pertama kalinya dan selamat tinggal untuk yang terakhir.)

109. "here comes a time when saying goodbye is best for everyone."

(Ada saatnya mengucapkan selamat tinggal adalah yang terbaik untuk semua orang.)

110. "Leaving is sometimes tearful, sad and heart-wrenching even but I smile because I know you are forever mine and distance would never change that. Good bye."

(Meninggalkan terkadang penuh air mata, sedih dan bahkan menyayat hati tapi aku tersenyum karena aku tahu kamu selamanya milikku dan jarak tidak akan pernah mengubah itu. Selamat tinggal.)

111. "Say goodbye to all your troubles and worries today so you can say welcome to joy and life tomorrow."

(Ucapkan selamat tinggal pada semua masalah dan kekhawatiran kamu hari ini sehingga kamu dapat mengucapkan selamat datang pada kegembiraan dan kehidupan besok.)

112. "Saying farewell to someone means saying thank you for everything you have done for me."

(Mengucapkan selamat tinggal pada seseorang berarti mengucapkan terima kasih atas semua yang telah kamu lakukan untukku.)

113. "We started with hello created some beautiful memories now we have to say goodbye, life is unpredictable."

(Kami mulai dengan halo menciptakan beberapa kenangan indah sekarang kami harus mengucapkan selamat tinggal, hidup tidak dapat diprediksi.)

114. "The roads are different the journey is different but you will always be that friend that I can’t imagine to forget."

(Jalannya berbeda, perjalanannya berbeda tetapi kamu akan selalu menjadi teman yang tidak dapat kulupakan.)

115. "There are no goodbyes for us. Wherever you are, you will always be in my heart."

(Tidak ada kata selamat tinggal untuk kita. Dimanapun kamu berada, kamu akan selalu ada di hatiku.)

116. "Friends never say goodbye, because they believe that this is not ending we gonna meet again someday in life."

(Teman tidak pernah mengucapkan selamat tinggal, karena mereka percaya bahwa ini tidak berakhir kita akan bertemu lagi suatu hari nanti dalam hidup.)

117. "This is not goodbye my friend this is the beginning of our new journey, let’s create memories again when we meet."

(Ini bukan perpisahan, temanku, ini adalah awal dari perjalanan baru kita, mari kita ciptakan kenangan lagi saat kita bertemu.)

118. "At some point, you have to understand that this is a real-life if you have to move on in life you have to say goodbye."

(Pada titik tertentu, Anda harus memahami bahwa ini adalah kehidupan nyata jika Anda harus melanjutkan hidup, Anda harus mengucapkan selamat tinggal.)

119. "In every goodbye, there is a secret message that is we will miss you until you come back."

(Dalam setiap perpisahan, ada pesan rahasia yaitu kami akan merindukanmu sampai kamu kembali.)

120. "Though we parted our way, you will always remain in my thoughts and memories. I hope you have a wonderful life ahead. Goodbye."

(Meskipun kita berpisah, kamu akan selalu ada dalam pikiran dan ingatanku. Aku harap kamu memiliki kehidupan yang indah di depan. Selamat tinggal.)

121. "It is painful to say goodbye to someone you love but when you will reunite it is the happiest moment in your life."

(Menyakitkan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang kamu cintai tetapi ketika kamu akan bersatu kembali itu adalah saat paling bahagia dalam hidup kamu.)

122. "To move forward in life you have to say goodbye if you can't say goodbye you will never able to move forward."

(Untuk maju dalam hidup kamu harus mengucapkan selamat tinggal jika kamu tidak bisa mengucapkan selamat tinggal kamu tidak akan pernah bisa maju.)

123. "I won't hold any grudges against you for leaving. I'm grateful that we happened. I'll cherish the moment spent with you. Thank you, love, for everything."

(Aku tidak akan menyimpan dendam padamu karena pergi. Aku bersyukur kita telah terjadi. Aku akan menghargai saat yang dihabiskan bersamamu. Terima kasih, cinta, untuk semuanya.)

124. "Goodbye, but you will always be in my memories and I will always treasure the memories that I created with you."

(Selamat tinggal, tapi kamu akan selalu ada dalam ingatanku dan aku akan selalu menghargai kenangan yang aku buat bersamamu.)

125. "How lucky I am to have something that makes saying goodbye so hard."

(Betapa beruntungnya saya memiliki sesuatu yang membuat mengucapkan selamat tinggal begitu sulit.)

126. "You have given me so many funny and beautiful memories, thank you for everything it does not end here we will meet again."

(Kamu telah memberiku begitu banyak kenangan lucu dan indah, terima kasih untuk semuanya, itu tidak berakhir di sini kita akan bertemu lagi.)

127. "What we call the beginning is often the end. And to make an end is to make a beginning. The end is where we start from."

(Apa yang kita sebut awal seringkali adalah akhir. Dan untuk mengakhiri adalah membuat awal. Akhir adalah tempat kita memulai.)

128. "I didn't think saying good-bye would be so hard. An with everything that's to come - We'll face it together. To whatever end."

(Saya tidak berpikir mengucapkan selamat tinggal akan begitu sulit. Dengan segala sesuatu yang akan datang - Kita akan menghadapinya bersama. Untuk tujuan apa pun.)

129. "Farewell does not mean the end of our friendship. We have had a great journey together and we’ll surely meet each other at the end."

(Perpisahan bukan berarti akhir dari persahabatan kita. Kita telah menjalani perjalanan yang luar biasa bersama dan kita pasti akan bertemu satu sama lain di akhir.)

130. "A true friend like you is a precious gift for life. My heart is weeping today knowing that you’ll not be here with me anymore. Have a blessed new life."

(Sahabat sejati sepertimu adalah hadiah berharga seumur hidup. Hatiku menangis hari ini mengetahui bahwa kamu tidak akan berada di sini bersamaku lagi. Selamat menempuh hidup baru.)

131. "Monthly targets and performance appraisals will come and go, but the memories of working with a colleague like you will stay in my forever. Farewell."

(Target bulanan dan penilaian kinerja akan datang dan pergi, tetapi kenangan bekerja dengan rekan kerja seperti kamu akan tetap ada dalam ingatan saya selamanya. Pamitan.)

132. "t won’t be easy not having a friend like you close by. Go, take your wings my friend, and fly. May all your dreams come true. Good Luck & Best Wishes!"

(Tidak akan mudah tidak memiliki teman seperti kamu di dekat kamu. Pergi, ambil sayapmu temanku, dan terbanglah. Semoga semua mimpimu menjadi kenyataan. Good Luck & Best Wishes!)

133. "My heart cannot say goodbye though i am saying it to you for now. Farewell, dear friend. Hope we meet soon with the same enthusiasm and love."

(Hatiku tidak bisa mengucapkan selamat tinggal meskipun aku mengatakannya padamu untuk saat ini. Perpisahan, teman. Semoga kita segera bertemu dengan semangat dan cinta yang sama.)

134. "Today, we may be taking different roads but deep in my heart, I know that these roads will cross again. Till then, goodbye."

(Hari ini, kita mungkin mengambil jalan yang berbeda tetapi jauh di lubuk hati saya, saya tahu bahwa jalan ini akan bertemu lagi. Sampai saat itu, selamat tinggal.")

135. "I'm wishing everything best for you because that is exactly what you deserve! Goodbye! We will meet again, soon. Take care of yourself."

(Aku mendoakan yang terbaik untukmu karena itulah yang pantas kamu dapatkan! Selamat tinggal! Kita akan bertemu lagi, segera. Jaga dirimu.)

136. "Bidding you goodbye is one of the toughest jobs, but we are very happy about the new opportunities you are getting. Farewell senior. You deserve all the best things."

(Mengucapkan selamat tinggal kepada kamu adalah salah satu pekerjaan terberat, tetapi kami sangat senang dengan peluang baru yang kamu dapatkan. Perpisahan senior. Kamu pantas mendapatkan semua yang terbaik.)

137. "Thank you for being an amazing person! Your direction will be remembered fondly consistently without any doubts. Goodbye."

(Terima kasih telah menjadi orang yang luar biasa! Arah kamu akan dikenang dengan penuh kasih secara konsisten tanpa keraguan. Selamat tinggal.)

138. "I have learned so many things from you. We shared some really wonderful moments together as colleagues. Thank you for everything."

(Saya telah belajar banyak hal dari kamu. Kami berbagi beberapa momen yang sangat indah bersama sebagai rekan kerja. Terimakasih untuk semuanya.)

139. "You are leaving a ton of memories with us today. You'll be missed by each and every one of us. Have a great journey to your newest destination."

(Kamu meninggalkan banyak kenangan bersama kami hari ini. kamu akan dirindukan oleh setiap orang dari kami. Semoga perjalanan kamu menyenangkan ke tujuan terbaru kamu.)

140. "Success will find you no matter where you go and what you do. As you leave us today just know that my heart will always find you in it."

(Sukses akan menemukan kamu kemanapun kamu pergi dan apa yang kamu lakukan. Saat kamu meninggalkan kami hari ini, ketahuilah bahwa hati saya akan selalu menemukan kamu di dalamnya.)

141. "No matter where you go, we will always be connected in our hearts. My heartiest good wishes will be with you always. Farewell dear friend."

(Kemana pun kamu pergi, hati kita akan selalu terhubung. Harapan baik saya yang paling tulus akan selalu menyertai kamu. Perpisahan teman baik.)

Penulis: mg/Feni Listiyani