Brilio.net - Hidup ini adalah perjalanan yang penuh warna, penuh dengan tantangan dan keindahan yang membuatnya layak dijalani. Di tengah kesibukan dan tekanan sehari-hari, terkadang kita membutuhkan dorongan ekstra untuk menjaga semangat tetap menyala. Kata-kata motivasi terbaik adalah sahabat setia yang mampu menerangi jalanan gelap dan memberikan kekuatan untuk terus berjalan.

Kata-kata motivasi bukan hanya rangkaian kata-kata indah, tetapi juga pencerminan dari kebijaksanaan dan pengalaman hidup. Dari nasihat sederhana hingga kutipan inspiratif dari tokoh-tokoh terkenal, setiap kata memiliki kekuatan untuk meresapi jiwa dan membangkitkan semangat yang terpendam.

Pesan-pesan positif ini bukan hanya sebagai penguat mental, tetapi juga sebagai pemandu dalam meraih tujuan. Hal ini mengingatkan kita bahwa setiap langkah, setiap usaha, dan setiap kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Dalam cobaan dan kegagalan, kata-kata ini menjadi sumber kekuatan untuk bangkit dan melangkah maju.

Artikel kali ini akan membawa kamu ke dalam keindahan dan kekuatan kata-kata motivasi terbaik yang dapat mengubah pandangan hidup. Melalui kutipan-kutipan yang menginspirasi, kamu akan menjelajahi cara di mana kata-kata ini mampu membentuk sikap mental yang positif, memicu semangat baru, dan membantu kamu menghadapi tantangan hidup dengan kepala tegak dan hati yang berani.

Yuk simak dan bagikan pada orang yang membutuhkan, kata-kata motivasi terbaik seperti lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (4/12).

Kata-kata motivasi kehidupan paling menyentuh hati. 

60 Kata-kata motivasi terbaik, bikin hidup makin semangat instagram

foto: Instagram/@aqilah_business_dropnshop

Jangan pernah takut untuk mulai maju dan membuka lembaran baru. Karena waktu tidak akan berhenti seperti yang kamu inginkan.

1. "Hal yang sering membutuhkan lebih banyak keberanian adalah untuk berani melakukan yang benar, daripada takut berbuat salah."

2. "Percaya kepada semua orang adalah berbahaya, tidak percaya kepada semua orang adalah sangat berbahaya."

3. "Kamu harus berani menjadi dirimu sendiri." (Dag Hammarskjold)

4. "Terkadang di jalan yang mulus dan bagus pun seringkali kita terjatuh, namun harus tetap berdiri dan berlari meskipun kaki sulit tuk melangkah."

5. "Jangan pernah jadikan sebuah kesalahan membuat kamu jadi terpuruk. Tapi jadikanlah kesalahan tersebut menjadi jalan untuk kamu menggapai kesuksesan."

6. "Bintang pun tak kan bersinar tanpa kegelapan."

7. "Syukuri apapun yang kamu miliki saat ini, dan mulailah untuk memperbaiki setiap kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu untuk menjadi lebih baik di masa depan."

8. "Masa depan itu tergantung pada apa yang kita lakukan hari ini." (Mahatma Gandi)

9. "Persiapkan hari ini untuk keinginan hari esok." (Aesop)

10. "Tidak ada yang abadi di dalam dunia ini, bahkan masalah yang kita hadapi juga tidak.” (Charlie Chaplin)

11. "Setelah kamu mengganti pikiran negatif dengan yang positif, kamu akan mulai mendapatkan hasil positif."

12. "Kreativitas membutuhkan keberanian untuk melepaskan kepastian."

13. "Harapan adalah tiang yang menyangga dunia."

14. "Mulutmu harimaumu. Kata kata yang keluar dari mulutmu mencerminkan kualitas dirimu."

15. "Jangan membuat masalah kalau tidak mau mendapat masalah."

Kata-kata motivasi cinta yang dalam dan bikin baper.

60 Kata-kata motivasi terbaik, bikin hidup makin semangat instagram

foto: Instagram/@fmrahsa_

Jangan pernah mengesampingkan yang namanya cinta. Karena cinta adalah sebuah perasaan yang tulus dan suci. Cinta jugalah yang mampu membuat orang merasa bahagia, meskipun di tengah kesedihan.

16. "Berhentilah menghakimi masa lalu seseorang, lebih baik berdirilah disampingnya, bantu dia memperindah masa depannya." - Najwa Shihab

17. "Bekerjalah selagi mereka tidur, belajarlah selagi mereka berpesta, menabunglah selagi mereka boros. Hiduplah seperti di angan mereka."

18. "Jangan karena kamu kesepian membuatmu berhubungan kembali dengan orang-orang toxic. Kamu tidak seharusnya minum racun hanya karena merasa kehausan."

19. "Pikiranmu adalah sebuah magnet. Jika kamu memikirkan berkat, maka kamu akan menarik berkat. Jika kamu memikirkan masalah, maka kamu akan menarik masalah."

20. "Tuhan tidak akan pernah membiarkanmu dalam keadaan tangan kosong. Dia akan mengganti segala sesuatu yang hilang."

21. "Jika tuhan memintamu untuk melepaskan sesuatu, itu karena dia akan memberikanmu sesuatu yang lebih dahsyat dan luar biasa."

22. "Tetaplah merasa bodoh agar terus belajar dan tetaplah merasa lapar agar terus berusaha." - Steve Jobs

23. "Kalau orang itu murah hati dengan uang, kebaikannya akan semakin terdengar. Jika orang itu rakus dengan uang, maka semakin banyak perbuatan buruknya."

24. "Ketika orang tuamu tidak kaya, tapi masih mampu memberimu kehidupan yang nyaman dan menyenangkan, hargailah usaha dan pengorbanan mereka."

25. "Orang tua kita takut anak kita bodoh, padahal lebih celaka lagi kalau anak kita takabur, dengki, dan tidak bersyukur." - Djohari Zein.

26. "Jangan pernah berasumsi bahwa lantang itu kuat dan diam itu lemah. Badai paling ganas muncul dari laut paling tenang."

27. "Perut yang lapar, dompet yang kosong, dan hati yang patah adalah ketiga hal yang dapat mengajarkanmu pelajaran terbaik dalam kehidupan." - Robin Williams

28. "Orang lemah akan balas denam, orang kuat akan memaafkan, orang pintar akan mengabaikan." - Albert Einstein

29. "Ketika situasi di sekitar anda tidak menyenangkan, disaat itulah sebenarnya karakter anda sedang dibentuk."

30. "Jangan pernah menyesal mengenali seseorang dalam hidup karena suatu saat kamu akan mengerti bahwa itu adalah pelajaran berharga."

 

Kata-kata motivasi semangat meraih mimpi.

60 Kata-kata motivasi terbaik, bikin hidup makin semangat instagram

foto: Instagram/@eka.rachm4

Manusia punya kewajiban menuntut ilmu setinggi-tingginya. Setidaknya kamu akan menempuh waktu sebanyak 20 tahun, pasti ada rasa jenuh yang tak terhingga. Kendati begitu, ingatlah apa yang ingin kamu raih dan orang yang menanti kesuksanmu kelak.

31. "Jangan pernah berjanji untuk tidak saling menyakiti, mustahil. Berjanjilah untuk selalu ada, saat salah satunya tersakiti."

32. "Yang datang aku sambut, yang pergi aku bebaskan. Hidupku adalah rumah, aku adalah tuan, sisanya adalah tamu yang tak bisa aku paksa tinggal."

33. "Syukuti ketika berbuat baik pada sesama, ikhlaslah dan jangan mengharap balasan. Tenang, Allah tahu segala hal yang kamu lakukan."

34. "Bersabarlah, Allah akan memberikan pelangi setelah hujan, senyum disetiap air mata, berkah disetiap cobaan dan jawaban disetiap doa."

35. "Lebih baik memilih untuk tidak kepo agar hati tenang karena seringkali ketidaktahuan pada suatu hal justru lebih menenangkan."

36. "Bersyukurlah kita sudah sampai di hari ini, seberat dan semustahil apapun kesulitan-kesulitan kemarin, sudah berhasil kita hadapi."

37. "Kesempurnaan harus diraih bukan karena tidak ada lagi yang harus ditambahkan, tetapi karena tidak ada lagi yang bisa dihilangkan."

38. "Ketika kau mulai lelah dengan hati yang patah, harapan yang tak terarah dan ingin menyerah. Segeralah berbenah dan yakinlah bahwa pertolongan Allah hanya berjarak kening dan sajadah."

39. "Berdirilah di atas dua kakimu dan berbuatlah dengan dua tanganmu. Hidup adalah tanggung jawabmu sendiri, bukan orang lain."

40. "Bisa jadi beban berat yang kita pikul saat ini menjadi penyebab keselamatan kita. Berhentilah mengeluh dan teruslah bersyukur."

Kata-kata motivasi cinta yang dalam dan bikin baper.
foto: pexels.com

Jangan pernah mengesampingkan yang namanya cinta. Karena cinta adalah sebuah perasaan yang tulus dan suci. Cinta jugalah yang mampu membuat orang merasa bahagia, meskipun di tengah kesedihan.

41. "Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapapun." (B.J. Habibie)

42. "Kamu, dirimu sendiri, sama seperti siapa pun di seluruh alam semesta, pantas mendapatkan cinta dan kasih sayangmu."

43. "Pertahankanlah dia yang tetap bertahan bersamamu dalam kesulitan dan kekurangan."

44. "Cinta mampu membangun jembatan yang menghubungkan dua jiwa insan yang berbeda."

45. "Sabar itu ada dua, yaitu sabar terhadap sesuatu yang kita benci, dan sabar terhadap apa yang kita sukai."

 

Kata-kata motivasi mencari nafkah. 

60 Kata-kata motivasi terbaik, bikin hidup makin semangat instagram

foto: Instagram/@_tanda_petik

Terkadang ada rasa jenuh dan bosan seiring menjalani hidup. Seperti itulah hidup, akan terus berjalan. Jika kamu berhenti, maka habislah sudah. Semua akan sia-sia. 

46. "Cinta tidak membuat bumi berputar, melainkan menyebabkan roda berputar, berjalan mencapai tujuan."

47. "Aku tak tahu hingga kapan usiaku, tapi aku miliki keyakinan bahwa cintaku akan ada selamanya untukmu."

48. "Cinta itu penuh pemberian, bukan meminta untuk diberikan. Cinta itu penuh ketulusan, bukan penuh dengan paksaan."

49. "Hanya kepada ketulusan, kita akan mampu belajar makna dari sebuah keikhlasan dalam kehidupan."

50. "Cinta adalah ketulusan, bukan sebuah alasan. Cinta suci datang dari hati, bukan untuk disakiti."

51. "Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan keselamatanmu."

52. "Cinta tak diminta, tetapi cinta yang datang secara alami ke setiap hati tanpa meminta balasan."

53. "Kecemburuan adalah tanda bahwa cinta harus saling memiliki."

54. "Layaknya rumah, cinta sejati akan memberikan rasa yang nyaman dan dapat mengalahkan tempat tempat lain."

55. "Ada satu hal yang sampai hari ini masih membuatku bangga menjadi aku. Yaitu karena aku mampu terima kamu apa adanya.”

Kata-kata motivasi semangat meraih mimpi.
foto: pexels.com

56. "Sukses adalah berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain, tanpa kita kehilangan semangat."

57. "Kemenangan bukanlah prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi juga dapat menjadi pengalaman dan motivasi diri." (Chairul Tanjung)

58. "Kamu tidak bisa mengubah masa depanmu. Tapi kamu bisa mengubah kebiasaanmu. Dan tentu saja kebiasaanmu akan mengubah masa depanmu." (A.P.J. Abdul Kalam)

59. "Agar sukses, pertama kita harus percaya bahwa kita mampu."

60. "Supaya bisa berhasil, keinginanmu untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutanmu akan kegagalan." (Bill Cosby)

61. "Sebenarnya, ada banyak peluang di sekitar kita. Hanya saja terkadang kita tidak melihat mereka." (Lou Holtz)

62. "Gapailah ambisi Anda setinggi langit! Mimpikan ambisi Anda itu setinggi langit! Karena jika Anda jatuh, Anda akan jatuh di antara bintang-bintang." (Soekarno)

63. "Saya tidak berbicara dengan kata mungkin." (Abdurahman Wahid)

64. "Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku." (Muhammad Ali)

65. "Tanda bahwa seseorang itu cerdas bukanlah pengetahuannya, melainkan imajinasi." (Albert Einstein)

66. "Mimpi adalah jawaban hari ini atas pertanyaan-pertanyaan esok." (Edgar Cayce)

67. "Setiap mimpi besar dimulai dengan seorang pemimpi. Ingatlah selalu, kamu memiliki kekuatan, kesabaran, dan hasrat untuk meraih bintang-bintang untuk mengubah dunia."

68. "Ketika kamu menetapkan pikiran untuk mencapai sesuatu, kamu harus memberi kesempatan dirimu sendiri untuk menyelesaikannya."

69. "Setiap pencapaian adalah penghambaan. Itu mendorong kita ke pencapaian yang lebih tinggi."

70."Ilmu dan kebijaksanaan itu adalah sahabat yang setia dalam hidup sampai ketika nafas terlepas dari badan."

71. "Jadikan hari Senin sebagai hari untuk memulai segala kebaikan dan kesuksesan dalam satu minggu kedepan."

72. "Bukan kemampuan yang memutuskan kesuksesan hidup orang. Namun kesungguhan dan tekad berusaha."

73. "Bermimpilah setinggi-tingginya dan bekerja sekeras-kerasnya untuk segera mewujudkannya."

74. "Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Berusaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki." - Mahatma Gandhi

75. "Tidak semua yang dihadapi bisa diubah, tapi tak ada yang bisa diubah jika kita tidak menghadapi."

76. "Pagi selalu mengajarkan kita bahwa ada harapan disetiap langkah kehidupan."

77. "Ketika kamu merasa terjatuh pada luka yang disebabkan oleh seorang manusia. Saat itu Allah sedang meraihmu untuk bangkit dan berjalan kembali untuk menggapai impian."

78. "Impian besar itu tidak akan membuatmu tertidur lelap. Impian besar akan memaksa kamu untuk terus terbangun meraihnya."

79. "Dalam kelemahan, kita bisa memilih untuk belajar atau menyerah. Ujian yang tidak mudah diberikan kepada mereka yang bersedia untuk diproses sesuai kemampuannya. Kapasitas akan terus diperlebar seiring dengan selesainya tanggung jawab yang diberikan."

80. "Produktid bukan berarti bekerja tanpa batas. Produktif itu bijak dalam memanfaatkan waktu hingga memberikan hasil yang maksimal dengan kualitas terbaik. Hasil tersebut dikerjakan dalam jangka waktu yang semakin lama, semakin efektif dalam cara yang paling efisien."

81. "Saat kamu sadar pentingnya mencapai puncak prestasi, setiap hambatan akan terlihat sebagai anak tangga menuju puncak."

82. "Memiliki impian besar adalah salah satu bukti bahwa kita yakin dengan Allah Yang Maha Besar."

83. "Tetapkan pengatur waktu untuk semuanya, kalau timer sudah aktif, fokus pada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan, abaikan yang lainnya."

84. "Setiap perkara besar tidak mungkin didapatkan kecuali dengan kesabaran."

85. "Hidup adalah seni menggambar tanpa sebuah penghapus. Jadi berhati-hatilah dalam mengambil keputusan di tiap lembaran berharga dalam hidupmu."

86. "Jika tidak ada seorangpun yang menghargai usahamu, setidaknya kamulah yang harus menjadi orang pertama yang menghargainya."

87. "Antara jalan dengan gembira atau menggerutu, jalanmu tetap sama menantangnya. Bedanya, jalan dengan gembira akan membuat pikiranmu terasa ringan."

88. "Dengan maju terus bukan berarti menyangkal bahwa situasi yang dihadapi tetaplah sulit, tapi kenyataannya tidak ada hal lain yang bisa kamu lakukan selain maju terus."

89. "Cari kekurangan emang paling gampang. Kenapa nggak cari kelebihan terus dikembangkan aja?" - Gita Savitri Devi

90. "Banyak yang tidak sadar. Sepi selalu berimbang dengan ramai. Ketika hatimu sepi, otak pasti ramai memikirkan sesuatu."

Kata-kata motivasi mencari nafkah.
foto: pexels.com

91. "Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan." (Steve Jobs)

92. "Saya tidak bisa mengubah arah angin, namun saya bisa menyesuaikan pelayaran saya untuk selalui menggapai tujuan saya." (Jimmy Dean)

93. "Perjuangan seseorang memindahkan gunung, dimulai dari membawa satu batu kecil." (Confucius)

94. "Banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang jelas sudah terjadi."

95. "Tanpa bekerja, semua kehidupan akan membusuk tetapi ketika bekerja tanpa jiwa maka kehidupan akan tercekik dan mati." (Albert Camus)

96. "Kerja keras dan sabar. Sisanya akan mengikuti Anda."

97. "Sulit untuk mengalahkan orang yang tidak pernah akan menyerah." (Babe Ruth)

98. "Mulailah dari mana pun Anda berada dan gunakan apa yang Anda miliki. Kemudian lakukan apa yang Anda bisa lakukan." (Arthur Ashe)

99. "Terkadang rasa kecewa yang mendalam disebabkan oleh harapan diri yang terlalu tinggi terhadap sesuatu."

100. "Jika kehidupan membuat diri menangis, ingat ada ribuan kenangan indah yang membuat kita tersenyum."

101. "Doa tanpa usaha dan perbuatan adalah sia-sia. Jadilah diri yang bijak."

102. "Ingatlah, ketika kamu memutuskan berhenti untuk mencoba, saat itu juga kamu memutuskan untuk gagal."

103. "Tak semua tangisan berarti duka. Terkadang, air mata adalah kebahagiaan yang tak mampu diungkapkan oleh lisan."

104. "Pemimpin berpikir dan berbicara tentang solusi. Pengikut berpikir dan berbicara tentang masalah." (Brian Tracy)

105. "Inovasi membedakan seorang pemimpin dan pengikut." (Steve Jobs)

106. "Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa." (Ridwan Kamil)

107. "Jika mencari nafkah merupakan ibadah, semakin kerja keras kita, insya Allah semakin besar pahala yang akan diberikan oleh Allah." (Syeikh Imam Nawawi al-Bantani)

108. "Tidak ada rahasia sukses: jangan buang waktu untuk mencari mereka. Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari kegagalan, kesetiaan kepada mereka yang bekerja untuk Anda, dan ketekunan." (Colin Powell)

109. "Kebahagiaan manusia terletak dalam kehidupan, dan kehidupan itu sendiri terletak pada kerja." (Leo Tolstoy)

110. "Kerja keras baik bagi jiwa, dan hal itu menjaga Anda dari perasaan menyesali diri karena Anda tidak punya waktu." (Dave Thomas)

111. "Kerja keras, bersenang-senang, buat sejarah." (Jeff Bezos)