Brilio.net - Secara etimologi wirausaha berasal dari kata 'wira' dan 'usaha', 'wira' berarti pejuang, manusia dan berwatak agung, karena kata 'wira' digunakan dalam kata 'perwira', sedangkan 'usaha' berarti perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan. Jadi jika disimpulkan secara etimologis, wirausaha adalah pejuang yang melakukan perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan.

Seseorang yang hendak mendirikan sebuah bisnis, perlu mengetahui setidaknya pengertian dari wirausaha. Wirausaha merupakan seseorang yang mampu mendirikan, mengelola, mengembangkan, dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri. Seseorang yang menjalankan wirausaha dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang sehingga dapat bermanfaat.

Hal ini menjadi sebuah contoh, seseorang dapat saja menjadi wirausaha ketika mau dan mempunyai kesempatan untuk belajar serta berusaha. Pasalnya, wirausaha dapat dikatakan sebagai salah satu pendorong perekonomian negara, bahkan di era modern seperti saat ini seseorang dapat dengan mudahnya melakukan wirausaha.

Mungkin bagi sebagian orang awam yang kurang berpengetahuan tentang wirausaha, dapat mengikuti pelatihan serta belajar mengembangkan dari usaha kecil-kecilan.

Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut terkait dengan pengertian, unsur, keuntungan, dan kerugian dari wirausaha, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (19/4).