Nah, selang tersebut diikat bersama alat bekas rumah tangga berupa gagang sapu. Cara tersebut bertujuan agar selang bisa dengan mudah menjangkau kotoran di dasar bak mandi. Kemudian, ikat kedua alat tersebut menggunakan tali yang kencang.

cara bersihkan kotoran di dasar bak mandi © TikTok

foto: TikTok/@waraokta

Masukkan ujung selang ke dalam bak mandi dan arahkan ke dasar bak mandi. Sementara, ujung selang satunya dimasukkan air agar bisa menyedot kotoran. Gerakkan selang secara perlahan ke seluruh bagian dasar bak mandi.

cara bersihkan kotoran di dasar bak mandi © TikTok

foto: TikTok/@waraokta

Air yang keluar dari selang akan membentuk semacam alat penyedot yang bisa mengangkat kotoran pasir dari dasar bak mandi. Kotoran pasir akan terbawa oleh air dan keluar melalui saluran pembuangan.

Menurut penuturannya, cara ini disebut dengan efek sifon. Efek dimana terjadinya peristiwa perpindahan air dari titik A ke titik B dengan memanfaatkan beda tinggi level air tanpa ada ventilasi sehingga tercipta tekanan negatif.

cara bersihkan kotoran di dasar bak mandi © TikTok

foto: TikTok/@waraokta

Lakukan langkah ini hingga dasar bak mandi bersih dari kotoran pasir. Jika sudah bersih, kamu bisa langsung angkat selang dari bak mandi dan tutup krannya.

Cara ini dinilai cukup efektif untuk membersihkan kotoran di dasar bak mandi tanpa harus dikuras. Warganet pun kagum dengan kreativitas content creator tersebut.

"ilmu baru," ujar @syiqinmahendra

"harusnya ada dari 20 tahun yg lalu tuh alat dlu takut banget liat bak mandi kotor gitu," kata @meldawati228

"makasii ka akhirnya bisa bantu ortu wkwk," tulis @zyyalana

@waraokta Replying to @aldanursyifa_8 Buat yg masih tanya alatnya nih ya.. btw piyama yg aku pake ada di keranjang kuning bestie #cleaningtiktok #cleaningtok #cleaninghacks #cleaningwithme #cleaningpool #cleaning #bintangagency #fyp #fyp Begini Batem Remix - BeginiBatem