Brilio.net - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogjasolo Marga Makmur saat ini tengah membangun jalan tol Solo-Jogja-YIA (Yogyakarta International Airport) Kulon Progo. Jalan tol sepanjang 96,57 kilometer ini nantinya akan terhubung dengan tol trans Jawa ruas Solo-Ngawi, gerbang Colomadu, Karanganyar.

Jalan tol ini ditargetkan dapat selesai pada kuartal II 2024 yakni sebelum masa pemerintahan Presiden Joko Widodo selesai. Pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol pun sudah hampir mencapai target. Warga Desa Joton, Jogonalan, Klaten merupakan salah satu desa yang terdampak pembangunan jalan tol ini.

Meski saat ini tanah dan rumah sudah dibeli dan dirobohkan, warga dari RT 5 Dukuh Desan Wetan, Desa Joton, Jogonalan memilih tetap bertetangga. Mereka beramai-ramai membangun sebuah kampung perumahan baru di tepi sawah.

Perumahan tersebut diketahui terletak tak jauh dari kampung awal mereka. Kanal YouTube KakaTV ini memperlihatkan kampung tersebut dibangun. Mendapatkan ganti rugi miliaran rupiah, mereka membangun sebuah kampung perumahan yang terlihat mewah.

Berikut brilio.net himpun potretnya dari YouTube KakaTV pada Rabu (5/7).