Brilio.net - Rumah di tengah pasar merupakan sebuah fenomena unik yang sering ditemukan di beberapa kota besar. Dengan keberadaannya yang menonjol di antara hiruk-pikuk pasar, rumah-rumah ini menjadi simbol kehidupan dan kegiatan ekonomi yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Meskipun bisa jadi menghadirkan tantangan tersendiri bagi penghuninya, rumah di tengah pasar juga memberikan keuntungan dalam hal akses ke berbagai kegiatan komersial di sekitarnya. Sebagai contoh, kamu nggak perlu pergi jauh cuma untuk membeli sayuran dan kebutuhan rumah tangga lain.

Hanya saja rumah di tengah pasar ini biasanya cuma ada di tengah kota besar. Di daerah yang masih sedikit penduduknya, jarang sekali ditemukan fenomena seperti ini. Sebagaimana yang diungkapkan oleh akun @fadilaaa06 lewat akun TikTok-nya.

Wanita bernama Fadila itu menunjukkan keberadaan rumahnya di tengah pasar. Untuk masuk ke sana, dia harus blusukan dan melewati banyak lapak penjual di pasar Pal Depok.

rumah tengah pasar © TikTok

foto: TikTok/@fadilaaa06

Pertama Fadila harus melewati area parkir yang berada di pintu gerbang pasar Pal Depok. Kemudian berjalan menuju ke dalam pasar. Untuk menuju ke rumahnya, Fadila cuma butuh belok sekali di salah satu persimpangan. Hanya saja jalan ke dalamnya cukup jauh sampai melewati lebih dari 20 lapak pedagang.

Begitu masuk ke area yang lantainya menggunakan keramik, Fadila kemudian berbelok ke kanan dan jalan sekitar 3 meter. Rumah Fadila berada di belakang tukang ayam persis.

rumah tengah pasar © TikTok

foto: TikTok/@fadilaaa06

Rumah itu benar-benar mepet dengan lapak pedagang. Begitu buka pagar, langsung disambut dengan ramainya penjual serta pembeli. Karena berada di tengah pasar, rumah tersebut tidak memiliki teras yang luas.

Hanya ada sedikit lahan memanjang yang digunakan untuk memarkirkan sepeda motor dan menyimpan rak sepatu. Rumah ini disekat oleh dinding dan pagar supaya keamanannya tetap terjaga.

rumah tengah pasar © TikTok

foto: TikTok/@fadilaaa06

Lewat postingan lain, Fadila mengungkapkan bahwa dulunya di lingkungan rumahnya itu banyak warga yang juga tinggal di sana. Namun karena ada renovasi pasar Pal Depok, para pedagang dipindah ke daerah tersebut.

"Kata suamiku sih dulunya di sini bukan pasar, banyak rumah-rumah juga. Cuman, pas dulu ada renovasi pasar, jadi pasar yang dulu itu pindah dulu ke sini sementara. Nah, setelah renovasi pasar yang dulu, para pedagang yang di sini itu nggak mau pindah. Jadi duluan rumah ini dulu ya daripada pasar," ujarnya.

rumah tengah pasar © TikTok

foto: TikTok/@fadilaaa06

Fadila mengaku bahwa dirinya baru tinggal di sana selama 4 bulan. Wanita asal Tasikmalaya itu ikut tinggal bareng suaminya usai menikah, sebab suaminya merupakan orang asli Depok.