Brilio.net - Kamu tengah menggemari berkebun atau mengoleksi tanaman hias? Ya, kegiatan ini memang seru dan dapat meningkatkan kreativitas. Selain itu merawat tanaman hias dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh dan bahagia. Apalagi jika kamu telah mengoleksi tanaman dengan bentuk dan ukuran yang beragam.

Tak ada salahnya untuk para pemula memilih tanaman hias gantung yang mudah ditanam dan dirawat. Salah satu yang bisa dipilih yakni baby sun rose atau red apple. Baby sun rose ini merupakan spesies tanaman sukulen dari keluarga iceplan. Tanaman gantung ini memiliki daun kecil-kecil dan agak tebal. Sedangkan bunganya kecil-kecil berwarna merah atau pink yang muncul dari sela-sela daunnya.

Nggak berbeda jauh dengan tanaman lainnya, baby sun rose juga cukup mudah dalam perawatan dan bisa diperbanyak dengan sistem stek. Tanaman berasal dari Afrika Selatan ini, kini sudah mendunia dan banyak dijadikan dekorasi penghias rumah.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu cara merawat tanaman hias gantung baby sun rose agar subur, berikut beberapa cara mudah merawatnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (23/3).

Merawat tanaman hias baby sun rose.

tanaman hias gantung baby sun rose Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@kimimayeo

Tanaman baby sun rose ini membutuhkan penyiraman air yang cukup. Kamu bisa menyirami atau menyemprotnya sehari sekali. Tempatkan tanaman ini di area yang terkena matahari dari pagi hingga siang hari. Pasalnya jika tidak terkena sinar matahari, tanaman ini tidak dapat berbunga. Agar pertumbuhannya maksimal dan baik dapat dilakukan pemangkasan secara rutin. Gunakan gunting tajam untuk memangkas ranting-ranting yang sudah menjuntai panjang.

Nah, untuk memperbanyak baby sun rose ini cukup dengan stek batang. Potongan batang tersebut dapat kamu tanam kembali di media lain. Siapkan pot dan media tanam dari campuran tanah subur, sekam, dan pupuk organik. Lalu tanam batang dan tutup ujung batang dengan tanah. Sirami dengan sedikit air dan letakkan di tempat sejuk. Tunggu beberapa hari sehingga tanaman tumbuh dengan subur.

Jangan lupa lakukan pemupukan setiap 4-5 hari sekali dengan disiram pupuk organik. Kemudian setiap 2 minggu sekali siram akar tanaman dengan pupuk NPK.

-

Cara merawat baby sun rose yang mengalami busuk batang.

tanaman hias gantung baby sun rose Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@n__i__d__d

Tanaman baby sun rose dapat mengalami pembusukan, layu bahkan mati jika salah perawatan. Biasanya ciri-ciri tanaman mengalami pembusukan batang yakni sebagian batangnya kering namun ujungnya tidak. Pada bagian ujungnya terlihat sedikit layu. Nah, jika dibiarkan maka lama-lama tanaman akan kering dan mati.

Solusi perawatan yang dapat dilakukan yaitu melakukan pemangkasan pada bagian ujung pangkal batang yang kering. Lalu potong lagi bagian yang masih hijau pisahkan dengan yang kering. Tanam kembali potongan batang yang masih hijau tersebut. Lakukan pada batang-batang yang mengering lainnya.

Selanjutnya kamu dapat melakukan penyemprotan fungisida. Siapkan air sebanyak 1 liter dengan sepertiga sendok makan fungisida. Aduk hingga benar-benar larut. Kemudian penyemprotan sampai ke semua daunnya dan siramkan ke akar-akarnya. Kamu bisa menyemprotnya setiap 3 hari sekali sampai kurang lebih 2 minggu dan tunggu hasilnya tanaman akan subur.