Brilio.net - Mendekorasi rumah dengan beragam tanaman hias hingga kini masih menjadi tren tersendiri. Mulai dari menanam, merawat, hingga melihat keindahan tanaman hias sembari santai di rumah, dinilai punya banyak dampak positif. Selain menghilangkan kejenuhan, berkebun juga bisa bermanfaat pada kesehatan.

Terlebih lagi ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengoleksi tanaman hias lho. Tidak sekadar untuk dekorasi indoor maupun outdoor, tanaman hias juga bisa menjaga kamu dari udara kotor. Beberapa di antaranya bahkan disebut-sebut mampu menawarkan udara segar atau oksigen banyak.

Memilih tanaman pemurni udara yang tepat untuk rumah dapat membantu mendetoksifikasi udara di ruangan. Itu berarti usahakan tidak hanya memilih tanaman hias yang hanya terlihat cantik, tetapi juga bekerja sedikit lebih keras untuk membersihkan udara yang kamu dan keluarga hirup.

Apa saja tanaman hias pembersih udara yang bisa kamu gantung di rumah? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (19/3), berikut 10 jenis tanaman hias gantung pembersih udara paling efektif.

 

1. Palem kuning.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@tanam.kuy

 

Tanaman hias gantung pembersih udara pertama yang bisa kamu pilih adalah palem kuning. Palem kuning tidak membutuhkan cahaya langsung, untuk itu tanaman ini dapat diletakkan di dalam rumah, kantor, maupun ruangan lain.

Supaya palem kuning tetap subur, kamu harus sering memberikan air. Namun karena palem kuning bisa tumbuh tinggi, kamu harus rutin merawat dan memangkasnya ketika ditanam dengan media gantung.

Sebagai pembersih udara, palem pakis dipercaya bisa menghilangkan kimia, seperti xilena, formaldehida, dan toluena. Tanaman hias ini bisa menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

 

2. Dracaena.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@plantduties

 

Dracaena akan terlihat semakin cantik saat digantung di teras rumah. Tanaman hias yang punya daun bentuk panjang dan lebar ini juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan udara kotor. Tanaman ini akan tetap tumbuh subur jika dijaga kelembapannya. Namun jangan terlalu banyak memberinya air, karena hal itu bisa membuat dracaena cepat mati.

 

3. Lidah mertua.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@itha_rouna95

 

Lidah mertua adalah tanaman yang sering dijumpai di banyak tempat. Tanaman ini dapat dikembangbiakkan di taman, ditaruh di pot, maupun digantung.

Lidah mertua jadi salah satu tanaman hias yang mudah dirawat. Tanaman hias ini juga sangat mentolerir tempat kering, lidah mertua tidak mudah mati meski kamu lupa menyiraminya beberapa waktu.

Meskipun bentuknya terlihat simpel, namun lidah mertua ternyata bisa bermanfaat untuk menghilangkan udara kotor. Membersihkan polusi akibat debu, racun karbondioksida, benzena, xilena, formaldehida, dan lainnya.

 

4. Rubber plant.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@lilmabeltree

 

Tanaman hias pembersih udara selanjutnya adalah tanaman variegata rubber plant yang termasuk dari genus Ficus. Rubber plant atau Karet Kebo yang memiliki banyak macam ini, memiliki sebutan nama berbeda-beda. Terdapat keunikan dari rubber plant dimana memiliki daun berbentuk lonjong dan meruncing pada bagian pangkal hingga ujung.

 

5. Pakis.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@dinins

 

Pakis Boston merupakan tanaman hias yang memiliki warna hijau mencolok serta daun yang tumbuh dengan lebat dan tumbuh menjuntai. Tanaman hijau pembersih udara ini membutuhkan tempat teduh. Oleh sebab itu biasanya tanaman ini ditanam dalam pot lalu digantungkan di teras depan rumah.

 

6. Aglonema atau sri rejeki.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@enha_pribadi

 

Aglonema juga akrab disebut sebagai tanaman sri rejeki atau Chinese Evergreen. Para pecinta tanaman hias banyak yang menggemarinya karena daunnya bercorak berani dan unik.

Tak heran kalau aglonema ini kerap dicari orang karena keindahannya. Salah satu karakteristiknya yaitu mampu bertahan dalam kondisi cahaya rendah dalam ruangan. Namun juga dapat tumbuh di tempat terang benderang.

 

7. English Ivy.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@ademasri_plant

 

Tanaman hias gantung English ivy yang masuk dalam keluarga Araliaceae juga bisa jadi pembersih udara kotor. Daun english ivy menghasilkan warna unik, yakni perpaduan hijau dan putih kekuningan.

Tanaman merambat ini cocok dijadikan sebagai vertikal garden. English ivy juga menyukai area lembap ini, memiliki bunga berdiameter 5 cm dan mekar dari musim panas hingga musim gugur.

 

8. Peace lily.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@trying_to_keep_it_green

 

Peace Lily adalah tanaman berkelopak bunga berwarna putih, cocok untuk memperindah ruangan. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Spathiphyllum, bisa hidup dengan kondisi minim cahaya.

Bunga peace lily bisa mekar meski berada di dalam ruangan. Selain untuk dekorasi, tanaman hias ini juga bermanfaat sebagai penangkal racun dalam ruangan.

 

9. Anggrek.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@rudimintaraga

 

Anggrek jadi salah satu tanaman hias gantung yang diincar banyak pecinta tanaman hias. Beragam jenis anggrek dijadikan tanaman gantung untuk mempercantik ruangan baik indoor ataupun outdoor.

Adapun jenis anggrek yang tahan panas, yakni dendrobium dan cattleya. Selain bentuk dan warnanya yang indah, benihnya tanaman ini juga mudah didapat. Bahkan anggrek juga memiliki kelebihan yakni mempunyai khasiat anti-stres karena keindahan dan aromanya yang bisa memberikan efek relaksasi.

 

10. Sirih gading.

tanaman gantung pembersih udara © Instagram

foto: Instagram/@helloplants2021

 

Nama latin sirih gading adalah Epipremnum Aureum. Tanaman ini populer karena punya bentuk yang unik, yakni motif warna daunnya menarik. Selain cantik buat dekorasi, sirih gading juga bisa menjadi salah satu tanaman pembersih udara kotor yang ada di rumah.

Sirih gading sendiri terdiri dari banyak varietas, mulai dari sirih gading jade, sirih gading gletser, sirih gading marble, sirih gading philo brasil, sirih gading hawaiian, sirih gading manjula, sirih gading cebu blue, sirih gading silver, sirih gading jessenia, sirih gading neon, dan masih banyak lainnya.