Brilio.net - Memiliki tanaman hias yang banyak dengan berbagai jenis tentu membuat hunian semakin indah. Selain faktor visualnya, keberadaan tanaman hias di rumah akan membuat udara di sekitar kita menjadi lebih segar. Disadari atau tidak tanaman hias seakan memiliki kekuatan untuk menghidupkan energi di rumah.

Nah, meski halaman rumah sempit, masih tetap bisa mengoleksi beberapa tanaman hias gantung. Sebab, tanaman ini dapat ditata secara vertikal tanpa harus memakan banyak ruang dan tempat.

Bunga secantik apapun akan terlihat kurang indah apabila disimpan di tempat sembarangan. Oleh karena itu perlu menata dan menggantung tanaman hias tersebut.

Ada beberapa cara untuk menatanya. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (16/03).

1. Pilih wadah yang tepat.

Cara menata tanaman hias gantung untuk percantik taman Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@sukamonstera

Ketika menata tanaman hias gantung kamu bisa memilih wadah yang tepat. Yakni pilihlah pot yang kecil dan padat, tempatkan tanaman yang tidak membutuhkan banyak air.

Serta dapat memilih tanaman yang bisa tumbuh lebih lambat dalam pot tersebut. Untuk tanaman yang subur dan besar, pilih pot besar yang dapat menampung jumlah tanah dan air yang dibutuhkan.

Kamu juga bisa mengganti bunga atau tanaman hias kamu yang sudah tidak sehat, kering, dan layu dengan tanaman yang masih sehat. Hal tersebut dapat membuat halaman terlihat selalu segar dan adem.

2. Gunakan tali yang tebal.

Cara menata tanaman hias gantung untuk percantik taman Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@oemiipoenya

Selain pot, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan tali. Pilihlah tali yang tebal dan kuat untuk menggantungkan tanaman. Dengan begitu tanaman bisa tertopang dengan baik dari paparan air ataupun sinar matahari yang konstan.

3. Pilih tempat yang tepat.

Cara menata tanaman hias gantung untuk percantik taman Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@uliesitepu

Kamu juga bisa menggantungkan tanaman di depan jendela untuk menciptakan ruangan pribadi tanpa menghalangi sinar matahari yang datang. Hindari menggantungkan tanaman hias di atas furniture, seperti sofa atau kursi supaya area tempat duduk lebih nyaman. Tempatkan tanaman hias di daerah yang tidak terlalu sering dilewati sehingga tidak mudah tersenggol.

Salah satu yang membuat hunian menjadi indah dan menawan yakni dapat menghias dan menata area tangga dengan tanaman hias gantung. Kamu bisa memilih beragam tanaman hias gantung yang cocok untuk menghias area tangga rumah.

4. Dirawat.

Cara menata tanaman hias gantung untuk percantik taman Instagram © 2021 brilio.net

foto: freepik

Lakukan perawatan pada tanaman hias sesuai kebutuhan penyiraman. Pastikan untuk membersihkan daunnya dari debu. Serta menambahkan pupuk di media tanam sesekali.

Jika memiliki lubang drainase, ketika disirami, turunkan pot terlebih dulu agar tidak berantakan. Atur agar tanaman terlihat rapi dan membuat orang-orang nyaman memandangnya. Lakukan pemangkasan pada beberapa tanaman hias tertentu agar bisa tumbuh lebih lebat.

5. Memanfaatkan rak tanaman.

Cara menata tanaman hias gantung untuk percantik taman Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thejungletruck

Jika kamu tak memiliki halaman atau tempat untuk menggantungkan tanaman hias gantung, rak tanaman bisa jadi salah satu solusinya. Kamu bisa menata dan menyimpan tanaman hias di rak tanaman.

Rak tanaman ini bisa membuat kamu dapat menyimpan banyak tanaman hias tanpa memakan banyak tempat. Kamu juga bisa memilih rak dengan gaya yang sesuai dengan halamanmu, seperti gaya rustic.