Brilio.net - Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa untuk bisa mengoleksi dan merawat tanaman hias itu memerlukan media seperti pot, tanah, kerikil hingga bibit. Untuk dapat tumbuh dan berkembang tanaman perlu dipupuk dan disiram. Padahal ada juga tanaman hias gantung yang dapat hidup dengan segelas air untuk tumbuh.

Berbeda dengan tanaman yang ditanam menggunakan tanah, tanaman ini hanya memerlukan vas bening atau kaca agar dapat terlihat pertumbuhan akarnya. Tanaman yang dirawat dengan air juga memungkinkan pengaturan yang lebih fleksibel dan hampir dapat dilakukan dihampir semua jenis wadah yang dapat menampung air. Kamu juga bisa meletakkannya di teras atau untuk hiasan meja yang menambah kesan asri.

Menariknya menanam tanaman hias gantung dengan media air ini juga memiliki kelebihan loh. Menanam tanaman di air di dalam ruangan akan tetap subur untuk waktu yang lebih lama. Namun tak semua tanaman dapat hidup dalam air. Ada beberapa tanaman hias gantung yang bisa ditanam dengan media air yang dapat membuat ruangan makin tampil berbeda.

Nah, mau tahu jenis tanaman hias gantung apa saja? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Sabtu (6/3), 8 tanaman hias gantung media air, awet dan cantik.

-1. Air plants.

Tanaman hias gantung media air Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@minigardens.ie

Air plants juga dikenal sebagai tanaman udara dan juga disebut sebagai tillandsia. Tanaman ini termasuk mudah untuk dirawat dan dipelihara. Tanaman ini juga cocok untuk ditanam dengan media air. Sebab pada dasarnya tanaman ini merupakan tanaman yang menyukai daerah lembab.

Cara menanamnya mudah, yakni hanya perlu merendam daun tanaman dengan menggunakan media air selama sehari semalam, kemudian letakkan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Kamu juga bisa memberikan nutrisi untuk tanaman ini dengan menyemprotkan pupuk cair pada permukaan daunnya.

-2. Philodendron.

Tanaman hias gantung media air Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tandur.kembang

Tanaman philodendron dikenal dengan bentuk daunnya yang seperti hati, rimbun dan menjalar. Tanaman ini dapat beradaptasi dalam segala kondisi dan juga dirawat dengan menggunakan media air.

Nah, kamu bisa menempatkan tanaman philodendron ini di lokasi yang memiliki pencahayaan yang terang, agar mendapatkan pertumbuhan yang baik. Cukup potong salah satu dahannya lalu masukkan ke vas kaca atau gelas kaca. Lama-kelamaan akar philodendron akan tumbuh dengan sehat.

-3. Sirih gading.

Tanaman hias gantung media air Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dedyerwanto_780

Sirih gading dapat tumbuh subur hanya dengan media air. Kamu bisa menjadikan tanaman sirih gading ini sebagai salah satu tanaman hias yang menarik untuk diletakkan di dalam vas kaca berisi air. Cukup ambil beberapa potong dahannya kurang lebih 10 meter, lalu celupkan pada vas kaca berisi air. Tanaman sirih gading ini juga memiliki kelebihan di antaranya dapat hidup di tempat yang minim cahaya matahari.

-4. Zebrakraut.

Tanaman hias gantung media air Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@life_without_flowers

Tanaman hias gantung media air selanjutnya yaitu, Zebrakraut. Tanaman yang juga memiliki nama lain wandering jew ini memiliki pertumbuhan menjalar. Kamu bisa menanam dan merawat tanaman ini pada media air, untuk hiasan sudut ruang. Perawatan tanaman dapat dilakukan di tempat teduh dengan paparan sinar matahari secara tidak langsung.

5. Singonium.

foto: Instagram/@tanamanhiasbungamakassar

Singonium dikenal sebagai arrowhead karena bentuk daunnya mirip panah. Pada umumnya, tanaman hias ini juga dikenal berhabitat di kolam maupun tempat tergenang air. Tanaman ini tumbuh dalam segala kondisi cahaya. Jika kamu menanamnya dalam kondisi cahaya rendah, pilihlah daun hijau tua. Nah menariknya, singonium memiliki kelebihan mampu menghilangkan polutan dari udara dalam ruangan. Cukup ambil serumpun singonium lalu taruh di vas kaca berisi air.

-6. Pegagan air.

Tanaman hias gantung media air Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@arnikukislucu

Tanaman pegagan air ini memiliki batang tipis dan daun pipih berbentuk bulat. Tanaman yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh ini dapat ditanam dalam air dan tak perlu perawatan yang sulit. Yakni cukup letakkan tanaman pegagan air di dalam pot kaca, kamu juga bisa mengganti airnya secara berkala satu minggu sekali. Lalu letakkan tanaman ini di teras atau ruangan yang memiliki jendela.

-7. Begonia.

Tanaman hias gantung media air Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dheyan.18

Begonia memiliki simpul daun yang sangat menonjol ini dapat dengan mudah membentuk akar dalam air. Bahkan untuk menumbuhkan tanaman ini hanya membutuhkan satu daun untuk memulai, namun diperlukan waktu beberapa bulan agar akar terbentuk. Untuk perawatannya, sebaiknya lakukan penggantian air seminggu sekali. Hal ini demi mengurangi dan mencegah bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan.

-8. Bambu rejeki.

Tanaman hias gantung media air Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mera_bageechaa

Selain memperindah ruangan, tanaman bambu rejeki ini juga membuat suasana menjadi lebih segar. Secara umum, ciri tanaman bambu rejeki adalah batangnya yang ramping dan lebih lentur daripada bambu pada umumnya dengan daun-daun yang memanjang.

Tanaman ini bisa hidup dengan baik di dalam air atau ditanam secara hidroponik. Kamu hanya perlu memastikan bahwa bambu rejeki dalam vas tidak kehabisan air, serta dijemur di sinar matahari langsung seminggu sekali. Hal ini agar daunnya bisa tumbuh rimbun.