Brilio.net - Tanaman hias gantung jadi pilihan banyak pencinta tanaman yang ingin mengoleksi beragam jenis tumbuhan cantik dan unik. Selain itu terkadang tanaman hias gantung ini juga bisa dijadikan solusi bagi mereka yang tidak memiliki pekarangan luas untuk meletakkan tanamannya.

Nah, taman hias gantung ini tak hanya berwarna hijau namun ada pula yang berwarna mencolok seperti ungu. Tanaman hias gantung ungu ini bisa diletakkan di luar rumah ataupun di dalam rumah.

Ketika diletakkan di dalam rumah, tak hanya sebagai dekorasi hunian, namun juga memiliki manfaat untuk menyaring udara dari polusi dan kotoran. Sehingga, hunian akan terasa segar dan jauh lebih nyaman ketika beraktifitas.

Nah buat kamu yang sedang mencari tanaman hias, tak ada salahnya menjadikan tanaman hias gantung berwarna ungu ini. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (22/2), tujuh tanaman hias gantung ungu, unik dan mudah dirawat.

1. Wandering jew.

Tanaman hias gantung ungu Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@crazyplantguy

Tanaman hias gantung yang pertama yakni wandering jaw, yang merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh. Wandering jaw cukup unik dan populer karena memiliki warna menawan dibandingkan tanaman hias gantung lainnya.

Varietas yang paling banyak ditemukan, yakni perpaduan warna ungu dan perak yang khas di atas permukaan daunnya. Sedangkan di bagian bawah daunnya berwarna merah marun keunguan. Tanaman ini cukup mudah diperbanyak dengan cara stek batang yang dimasukkan ke air atau tanah pot yang lembap.

2. Oxalis.

Tanaman hias gantung ungu Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@viridianlife

Tanaman oxalis juga dikenal dengan False Shamrocks atau sering disebut wood sorrel. Namun, di Indonesia familiar dengan bunga kupu-kupu atau tanaman cinta.

Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang ribet, apalagi oxalis juga sangat produktif. Meski berkembang secara lambat namun mudah menjalar ke berbagai sisi.

Kelebihan lainnya adalah tanaman hias ini memiliki ragam warna dan ukuran. Warna daunnya ungu, berbentuk kupu-kupu membuat penampilannya istimewa.

3. Rex begonia.

Tanaman hias gantung ungu Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@urbanjungling

Tanaman rex begonia menjadi salah satu tanaman yang diincar para pencinta tanaman karena kecantikannya. Daunnya memiliki spektrum warna, bentuk dan garis yang luas. Selain itu tanaman ini mudah ditanam dan dirawat.

Meski tidak berbunga, namun daunnya yang bertekstur dan unik, yakni berwarna merah, ungu, dan putih dan merah mudah menjadikannya disukai banyak orang. Rex begonia bisa ditanam di pot gantung, sehingga sangat cocok untuk menghias berbagai sudut area hunian.

4. Purple velvet.

Tanaman hias gantung ungu Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantsandmoots

Tanaman hias purple velvet atau Gynura aurantiaca disebut juga sebagai tanaman beludru. Sebab, tekstur daunnya seperti beludru karena ditutupi bulu-bulu berwarna ungu.

Nah dari ukurannya, tanaman ini tidak terlalu lebar, sehingga cocok digunakan sebagai tanaman hias gantung indoor. Tanaman ini bisa diperbanyak dengan water propagation yakni stek batang yang direndam di dalam air, sehingga akarnya lebih cepat keluar. Menariknya, tanaman ini bisa ditempatkan di area teduh maupun yang terkena sinar matahari langsung.

5. Coleus.

Tanaman hias gantung ungu Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@palettbladjois

Tanaman daun yang gantung ungu selanjutnya ada coleus, yang memiliki warna mencolok. Corak dan warna daunnya tersebut berasal dari penerimaan sinar matahari yang cukup. Sebab, semakin banyak cahaya akan membuat warnanya kian jelas.

Tanaman ini sangat mudah dikembangbiakkan. Tentunya tanaman ini elok dipandang dan dapat menghidupkan pekarangan ataupun ruangan yang kusam.

6. Tradescantia pallida.

Tanaman hias gantung ungu Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@paixao.por.plantas_

Tradescantia pallida memiliki nama lain purple heart atau tanaman hias adam hawa ungu. Biasanya kalau sudah subur, tanaman ini tumbuh menjalar ke atas permukaan tanah.

Hampir keseluruhan tubuhnya berwarna ungu solid, sehingga terlihat mencolok di tengah tanaman lainnya yang berwarna hijau. Uniknya purple heart ini memiliki bunga di antara kumpulan daun dan mekar hanya pada pagi hari.

7. Tradescantia spathacea.

Tanaman hias gantung ungu Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ntgreenhouses

Sukulen jenis tradescantia spathacea juga dikenal dengan nama lain oyster plant, merupakan tanaman berasal dari selatan Meksiko. Daunnya berwarna hijau dengan kombinasi putih dan bagian ungu di sisi bawah. Spathacea juga salah satu yang cocok kamu jadikan sebagai tanaman gantung di dalam ruangan.