Brilio.net - Memiliki tanaman gantung yang unik di rumah tentu membuat tampilan hunian menjadi berbeda dan lebih cantik. Pasalnya tanaman yang ditata dengan digantungkan menjadi dekorasi halaman yang simpel dan lebih menarik. Nah, biasanya tanaman hias gantung ini memiliki beberapa ciri khas seperti tumbuh dengan merambat dan tumbuhnya akan jatuh menjuntai ke bawah. Tak hanya itu, tanaman gantung juga tidak memerlukan paparan sinar matahari secara langsung dan tidak dalam intensitas yang banyak. Namun, ada pula yang membutuhkan pencahayaan sinar matahari yang banyak.

Tanaman gantung ini dapat pula digunakan sebagai hiasan yang diletakkan di berbagai sisi rumah. Tentunya tanaman gantung unik ini bisa jadi salah satu solusi untuk menghias halaman atau ruangan meski tak memiliki cukup tempat untuk meletakkan pot di lantai. Selain mudah dirawat tanaman hias gantung juga bakal bikin rumah tampak estetik.

Letak daya tarik dari tanaman hias gantung ini pun beragam, ada yang dari daunnya, bentuk tanamannya, warna, ataupun bunganya. Nah buat kamu yang sedang mencari koleksi tanaman hias gantung, ada banyak pilihan loh. Apa saja tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (8/3).

1. Tanaman hias jenggot.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hecacto

Loading...

Tanaman yang satu ini cukup berbeda dari tanaman hias lainnya. Seperti namanya, tanaman hias gantung ini bentuknya mirip jenggot. Penampakannya panjang menjuntai, berwarna pucat keputihan, serupai dengan uban. Jenggot musa memiliki banyak nama lain seperti tanaman jenggot nabi, jenggot bodas, jenggot dewa, dan tanaman angin. Bentuknya yang unik sangat cantik bila dijadikan tanaman gantung karena akan menjuntai ke bawah. Uniknya tanaman ini mudah dirawat dan bisa hidup tanpa memerlukan media tanam. Kamu hanya perlu menyiramnya setiap pagi dan sore.

2. Sedum morganianum.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dezertarozo

Sedum morganianum atau kaktus anggur juga disebut sebagai ekor keledai. Tanaman ini sangat populer dan mudah tumbuh, dan biasanya digunakan sebagai tanaman hias gantung. Tampilan daunnya seperti air mata dan turun ke bawah ini menjadi daya tarik tersendiri. Sedum morganianum memang memiliki keunikan pada daunnya, yakni berwarna kemerahan yang muncul di ujung batangnya. Tapi tidak semua daunnya bisa berwarna seperti itu, hanya bisa ditemui hanya pada tanaman yang besar saja. Tanaman ini membutuhkan banyak cahaya matahari, tetapi sedikit air.

3. Epiphyllum cactus.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@koleksiwijayakusuma

Tanaman kaktus cukup memiliki banyak penggemarnya. Pasalnya tanaman hias gantung ini memiliki banyak macam, salah satu yang memikat yakni epiphyllum cactus atau kaktus kepiting. Tanaman ini sangat cocok digantung di depan rumah. Perawatannya mudah lho, cukup sirami tanaman saat tanahnya mulai mengering. Untuk mempercepat pertumbuhan, kamu bisa menambahkan pupuk secukupnya. Berikan pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium tinggi.

4. Zygocactus.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@goodandplantiful

Salah satu tanaman hias gantung yang terkenal kebal terhadap temperatur tinggi adalah zygocactus. Tanaman ini masuk salah satu jenis tanaman kaktus berbunga, dan termasuk tanaman hias gantung yang mudah dirawat. Meski lambat dalam pertumbuhan, bunga dari tanaman hias ini sangat indah. Tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan taman model taman rumah minimalis.

5. Bunga pukul sembilan.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@krokot.id

Portulaka atau bunga pukul sembilan merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan yang kemudian tersebar termasuk ke Indonesia. Bunga mungil yang berwarna warni cantik ini memiliki bentuk daun yang unik seperti jarum. Tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman hias, maupun sayuran. Keunikan dari bunga pukul sembilan ini adalah hanya akan mekar bunganya pada jam 9 pagi. Bunga ini akan semakin mekar dengan sempurna ketika matahari menerpa dan bisa bertahan tetap mekar hingga sore hari. Itu sebabnya pecinta tanaman hias menyebutnya sebagai bunga pukul sembilan.

6. Creeping charlie.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plant_roots

Creeping charlie merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat mudah dan bahkan ia bisa tumbuh dengan sangat cepat. Untuk bentuk daunnya sendiri sangat mirip dengan daun mint dengan cara tumbuh yang menjalar. Daun tanaman ini memiliki ukuran yang kecil dengan bentuk bundar dan tepi yang berlekuk. Warnanya juga hijau mengilap yang membuatnya terlihat cantik. Selain dijadikan tanaman hias gantung, creeping charlie dapat juga dijadikan tanaman hias rambat di dinding.

7. Pakis boston.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kebun_aruna

Pakis boston dikenal juga dengan nama pakis pedang. Ciri-ciri tanaman ini memiliki rimpang yang tipis, menyerupai akar dengan kepanjangan mencapai 1.5 meter. Sedangkan anak daunnya berbentuk sirip tunggal yang mirip dengan mata tombak. Agar hunianmu tampak indah, gantungkan tanaman ini karena daunnya yang menjuntai bisa bikin menarik suasana rumah.

8. Dischidia geri.

Tanaman hias gantung unik dan mudah dirawat Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@stayathomeplantmom

Dischidia geri merupakan tanaman hias gantung yang tumbuh menjuntai. Jenis ini sangat tepat untuk kamu yang menginginkan kesan asri dan menyegarkan pada ruangan. Tanaman satu ini dalam segi perawatannya cukup mudah. Selain itu, tanaman ini juga mudah dalam beradaptasi. Kamu bisa menanamnya di pot lalu gantungkan di dekat jendela di dalam rumah. Kamu bisa menggantungkannya pada tempat yang teduh dan tidak langsung terpapar sinar matahari secara langsung. Sebab tanaman ini bisa mati dengan cepat.