Brilio.net - Tanaman hias aglonema masih diincar hingga kini. Tak heran memang, aglonema memiliki keindahan yang menggoda banyak orang. Tak hanya itu saja, aglonema juga memberikan efek sejuk sehingga membuat penghuni rumah menjadi lebih rileks dan nyaman.

Aglonema dikenal pula dengan nama Sri Rejeki. Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini dianggap bisa memberikan keberuntungan bagi yang menanamnya. Hal ini pun menjadi kepercayaan masyarakat di Tiongkok dan Filipina.

Sebagai tanaman yang dianggap bisa membawa keberuntungan, aglonema sering diletakkan di dalam ruangan. Namun kamu bisa meletakkannya di teras atau outdoor. Hal ini akan membuat pekarangan rumah kamu menjadi lebih indah.

Mengenal keistimewaan bunga aglonema red Sumatra Instagram

foto: Instagram/@zakifariz

Loading...

Ada beberapa jenis aglonema, salah satunya adalah red Sumatra. Aglonema Red Sumatra atau Aglonema Pride of Sumatera ini termasuk kasta aglonema termahal di Indonesia. Hal ini dikarenakan aglonema jenis ini menjadi awal generasi aglonema berwarna merah. Ciri-ciri dari aglonema red Sumatra ini memiliki daun dengan bentuk elips memanjang.

Warna daunnya yang indah yakni perpaduan warna merah, tangkai daun berwarna pink, bercak-bercak, dan bercak-bercak daun berwarna hijau gelap, membuat tanaman ini menjadi semakin eksotis dan indah.

Aglonema red Sumatera ini memiliki simbol keberanian, keberuntungan, dan kemakmuran. Tak heran jika banyak diburu orang meski harganya bisa mencapai Rp 500 ribu, bahkan bisa lebih.

Ciri-ciri aglonema red Sumatera

- Nama: Aglonema Red Sumatra (Aglonema Pride of Sumatra)

- Nama ilmiah: Aglonema sp

- Asal bibit: Stek batang (Rumpun Pemisahan)

- Iklim untuk tumbuh: Dataran rendah sampai dataran tinggi

- Tidak bisa terpapar sinar matahari secara langsung

- Media tanam: Tanah dan humus

- Penyiraman: Sehari 2 kali (Tidak boleh terlalu sering menyiram dan perlu diperhatikan kadar air pada tanamannya. Aglonema tidak boleh terlalu basah maupun kering)

- Pemupukan: Sebulan sekali dengan pupuk NPK daun.

Cara merawat aglonema red Sumatera

1. Kapasitas sinar matahari.

Pastikan ketika kamu meletakkan aglonema red Sumatera agar tidak terpapar langsung dengan sinar matahari. Letakkanlah di tempat yang sedikit teduh.

2. Kebutuhan air.

Idealnya, menyiram aglonema red Sumatera sehari 2 kali. Pastikan bahwa aglonema red Sumatera tidak terlalu kering dan basah.

3. Suhu yang dibutuhkan.

Suhu yang dibutuhkan aglonema ekor naga, 65 derajat F - 85 derajat F (18 derajat C - 30 derajat C). Jangan biarkan suhu di bawah 60 derajat F (15 derajat C).

4. Perhatikan kondisi tanah.

Tanah merupakan hal penting yang digunakan tanaman untuk tumbuh. Sebab dari tanah, akhirnya tanaman janda bolong dapat memenuhi kebutuhan air dan mineralnya.

Apabila tanah yang digunakan tidak dalam keadaan baik, maka sudah dapat dipastikan jika tanaman aglonema red Sumatera tidak akan tumbuh dengan baik.

5. Nutrisi yang dibutuhkan.

Tanaman hias ini membutuhkan nutrisi melalui tanah yang sehat yaitu dengan pemupukan. Pada dasarnya, tanaman yang tumbuh di pot dengan nutrisi yang terjaga memiliki kesempatan hidup yang lebih besar daripada tanaman yang tumbuh di alam liar karena siklus nutrisi segar di alam tidak konstan.

Untuk itu, kamu harus memperhatikan nutrisi untuk aglonema red Sumatera yaitu dengan memberikan pupuk sebulan sekali dengan pupuk NPK daun.