Brilio.net - Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang hidup di daerah tropis. Di Indonesia, tanaman hias ini dikenal dengan nama Sri Rejeki atau Chinese Evergreen. Hal tersebut dikarenakan, tanaman hias aglonema dianggap dapat memberikan rezeki atau keberuntungan bagi pemiliknya.

Selain itu, aglonema memang memiliki bentuk yang begitu indah dan sangat mudah dirawat. Pasalnya tanaman cemara China ini sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi ruangan. Aglonema tidak suka berada dalam suhu udara di bawah 16 derajat Celcius. Tanaman ini memiliki toleransi rendah terhadap suhu yang dingin.

Ada beberapa jenis tanaman hias aglonema impor yang cukup indah. Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, lengkap dengan harganya, Rabu (3/3).

1. Aglonema black lipstik.

Jenis bunga aglonema import Instagram

Loading...

foto: Instagram/@latansa90

Salah satu tanaman hias yang banyak diminati adalah calathea black lipstick atau aglonema black lipstik. Warna daun gelap keunguan dengan corak hampir mirip dengan rose painted, bergaris dengan warna merah muda inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta.

Jenis yang satu ini cocok diletakkan di dalam ruangan karena tidak kuat terkena cahaya matahari secara langsung. Harganya mulai dari Rp 100 ribu.

2. Aglonema ruby garuda.

Jenis bunga aglonema import Instagram

foto: Instagram/@queenflora.id

Aglonema ruby garuda memiliki keindahan di daunnya. Tanaman ini merupakan salah satu varietas hibrida dari aglonema dengan warna daun merah muda dengan paduan warna hijau. Daunnya yang lebar membuatnya semakin indah. Untuk mendapatkannya sangat mudah, karena banyak toko online yang menjualnya, dengan harga Rp 175 ribu.

3. Aglonema emerald.

Jenis bunga aglonema import Instagram

foto: Instagram/@pangluar

Aglonema emerald sangat mudah hidup dan bertahan lama dalam kondisi apapun meskipun kurang terpapar sinar matahari. Warnanya yang indah dengan daun berwarna hijau matang dan sedikit semburat warna abu-abu di tengah daunnya dan ada pula berwarna merah muda, hal ini yang membuat tanaman hias ini begitu disukai. Harganya mencapai Rp 400 ribu.

4. Aglonema sweet dream.

Jenis bunga aglonema import Instagram

foto: Instagram/@neno_bintoro

Aglonema sweet dream termasuk tanaman hias yang cukup banyak diminati. Warnanya yang unik, yakni warna hijau bercak dengan paduan warna merah muda. Tanaman hias ini dihargai Rp 400 ribuan.

Cara merawat aglonema

1. Lindungi dari sinar matahari.

Aglonema perlu dilindungi dari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan habitat asli aglonema yang berada di gunung, tumbuhan ini tumbuh subur di bawah rindang pohon yang besar yang teduh dengan udara sejuk.

2. Frekuensi penyiraman.

Kamu harus memberikan air yang cukup untuk tanaman ini, tidak terlalu sedikit dan banyak. Jika terlalu sering disiram, akar tanaman aglonema akan mudah membusuk dan daunnya menjadi kering. Begitu pula sebaliknya. Jadi, siramlah dalam jangka waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan tersebut.

3. Memangkas daun yang kering.

Aglonema memang membutuhkan perhatian khusus, tak hanya nutrisinya saja, namun kamu juga harus memperhatikan daunnya. Jika ada daun yang kering, lebih baik dipangkas agar terlihat lebih segar dan sehat.

4. Mengelap daun aglonema.

Mengelap daun aglonema menjadi bagian yang penting pula. Hal ini dikarenakan debu dan bakteri yang menempel pada daun bisa membuat tumbuhan menjadi tidak segar dan daun mudah busuk. Lap dengan air secara teratur agar tetap mengkilap dan bersih.