Brilio.net - Aglonema memang menjadi primadona di kalangan tanaman hias lainnya. Aglonema memiliki ciri khas dari daunnya yang unik serta warnanya yang cerah, seperti pink, merah, putih, kuning, dan aneka corak daun mulai polos, batik dan lipstik. Tanaman yang dikenal pula dengan nama Chinese Green ini memang tidak terlalu sulit untuk merawatnya, hanya perlu memperhatikan suhu dan kelembapan udaranya, serta nutrisi yang dibutuhkan.

Harga bunga aglonema green ball Instagram

foto: Instagram/@mtgardenaceh

Ada banyak sekali jenis aglonema, salah satu yang menarik perhatian adalah aglonema green ball. Jenis satu ini banyak diburu karena bentuknya yang indah. Daunnya tampak seperti perahu, bagian ujungnya tampak lancip dan tepi daunnya melengkung ke atas. Warna hijau dengan perpaduan putih membuat tanaman hias yang dihargai lebih dari Rp 1 juta ini semakin indah.

Aglonema green ball merupakan tanaman hias yang cukup langka, tak heran jika memiliki harga tinggi. Sama dengan jenis aglonema lainnya, green ball juga mudah tumbuh dan perlu diperhatikan tingkat suhu dan kelembapan udaranya.

Loading...

Harga bunga aglonema green ball Instagram

foto: Instagram/@aura_hijau_

Jika ingin mempertahankan keindahan warnanya, maka suhu yang dibutuhkan 20-25 derajat Celcius. Tanaman ini menyukai tempat yang hangat. Di musim dingin green ball akan mentolerir suhu yang sedikit lebih rendah.

Pada musim panas, harus diberikan kelembapan sedang, kamu harus rutin menyemprot daunnya. Perlu diingat, semakin tinggi suhu, semakin tinggi kelembapannya. Sebagai tanaman tropis, aglonema tidak mentolerir kekeringan, jadi di musim panas kamu harus menyirami aglonema secara rutin.

Cara merawat aglonema green ball.

1. Lindungi dari paparan sinar matahari langsung.

Sama dengan beberapa jenis aglonema lainnya, aglonema green ball juga tak sehat jika diletakkan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Kamu perlu meletakkannya di tempat yang teduh. Hal ini dikarenakan habitat asli aglonema yang berada di gunung, tumbuhan ini tumbuh subur di bawah rindang pohon yang besar yang teduh dengan udara sejuk.

Kamu juga perlu melindungi aglonema dari air hujan, terlalu banyak air akan membuat akar membusuk dan daun menjadi tidak sehat.

2. Aturan dalam menyiram.

Jangan terlalu sering menyiram aglonema green ball jika dalam kondisi dingin. Namun jika suhu terlalu panas, maka kamu perlu memperhatikan kelembapannya, salah satunya dengan menyiram ke akar dan daunnya. Namun pasti untuk tidak terlalu sering, karena kebanyakan air akan membuat akar tanaman membusuk.

Oleh karena itu sebaiknya siramlah dalam jangka waktu 2-3 hari sekali untuk menjaga agar media tanam tetap basah agar suplai air dan nutrisi, daunnya pun dapat terjaga dengan baik.

3. Memangkas daun yang layu.

Terkadang daun menjadi layu karena beberapa hal, terlalu sering terkena matahari, menyiram dalam jangka waktu yang salah dan sebagainya. Solusi agar daun menjadi tetap subur, kamu perlu menggunting bagian daun yang layu, dengan begitu daun terlihat segar kembali.

4. Mengelap daun.

Jika kamu memiliki tumbuhan aglonema, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kamu harus mengecek secara rutin dan juga mengelap daunnya. Jika kamu membiarkan daun aglonema berdebu, maka banyak bakteri yang menempel dan menyebabkan kondisi daun menjadi tidak sehat.

5. Gembur tanah agar aglonema berkembang.

Jika kamu ingin aglonema green ball terlihat rindang, maka yang perlu kamu lakukan adalah gemburlah media tanam tersebut. Kondisi tanah yang keras akan membuat aglonema sulit berkembang. Kamu bisa melakukannya satu bulan sekali. Kamu juga bisa mengganti tanah yang baru jika dianggap sudah cukup mengeras.