Brilio.net - Beragam jenis tanaman dapat menyegarkan udara di sekitarnya. Tapi tetap saja, tanaman membutuhkan ruang tertentu. Tanaman diletakkan tergantung seberapa besar ukurannya serta bagaimana cara perawatannya.

Apabila kamu tinggal di tengah kota yang padat, kemungkinan sulit menemukan ruang luas dan bebas untuk menata tanaman hias. Kamu harus lebih inovatif menata tanaman.

Nah, coba pertimbangkan untuk memanfaatkan sarana dinding. Kamu tetap bisa membuat kebun sendiri dengan memanfaatkan ruang vertikal rumah.

Supaya terlihat makin menarik, tambahkan media lain seperti papan besar, pot, keranjang, gelas bening, potongan kayu, dibuat pigura, dan lain sebagainya.

Lantas, tanaman hias jenis apa saja yang cocok digantung di dinding? Simak rekomendasi 10 tanaman hias gantung nan cantik dan mudah dirawat, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (28/1).

Loading...

1. Creeping Charlie.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@_plantsarelove

Meski tidak memiliki bunga yang berwarna mencolok, Creeping Charlie jadi salah satu tanaman menjalar yang cantik digantung di dinding. Creeping Charlie merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, bentuk daunnya kecil menyerupai daun mint. Selain mudah dirawat, tanaman ini cukup cepat pertumbuhannya.

2. Black Eyed Susan Vine.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@da_pinkbunnie

Black Eyed Susan Vine atau Thunbergia Alata adalah jenis tanaman bunga rambat gantung. Bagian tengah bunga Black Eyed Susan Vine berwarna hitam.

Sedangkan kelopaknya terdiri dari berbagai varian warna cantik, seperti merah, putih, hingga kuning. Selain dapat digantung pada dinding, Black Eyed Susan Vine juga menarik diletakkan pada pagar rumah.

3. Petunia.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@suculentasformosa

Petunia juga termasuk tanaman gantung bunga populer. Petunia akan mengeluarkan rimbunan bunga dengan variasi warna beragam.

Beragam warna bunga bersifat rimbun atau kelompok, tampak cantik jadi hiasan dinding rumah. Perawatan Petunia juga tergolong mudah, nggak heran jika tanaman ini kerap diburu.

4. Fuchsia.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@urbanbackyardoasis

Di Indonesia tanaman bunga Fuchsia dikenal sebagai anting india atau lampion. Fuchsia termasuk dalam genus keluarga Onagraceae dan sebenarnya berasal dari Amerika Serikat.

Keindahan dan uniknya Fuchsia sudah lama jadi favorit pencinta tanaman hias. Fuchsia cocok ditempatkan di pagar tanaman atau digantung pada dinding.

5. Kaktus.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@originalsuus

Tanaman kaktus juga terlihat indah saat digantung. Selain mudah untuk dirawat, tanaman ini tidak terlalu membutuhkan tempat lembap. Sebaliknya, kaktus adalah tanaman hias yang membutuhkan cahaya matahari cukup. Gantung kaktus di dinding dekat jendela kaca.

6. Dischidia Geri.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@traps_and_leafs

Dischidia Geri termasuk tanaman daun kecil kegemaran banyak orang. Dischidia Geri atau apple leaf akan hidup subur jika dijauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Hindari pula bagian jendela, letakkan Dischidia Geri sebagai salah satu koleksi tanaman gantung di dinding rumah.

7. Sirih gading.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@cutdewi62

Tanaman rambat ini cukup populer dan memiliki nama latin Epipremnum aureum. Karena tumbuh dengan merambat, tanaman ini cocok dijadikan pengisi dinding rumah yang kosong.

Selain itu, sirih gading diketahui memiliki umur yang panjang. Karenanya banyak orang senang mengoleksinya untuk dekorasi rumah.

8. Dragon wing begonia.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@mizzmeebb

Karena memiliki tandan bunga gantung, begonia ini bagus dijadikan tanaman hias gantung. Begonia dragon wing akan mekar terus menerus dari musim semi ke musim gugur dan memiliki warna seperti merah muda, putih, dan merah.

Di musim dingin, kamu dapat memotongnya kembali dan membawanya ke dalam ruangan tempat yang terang benderang.

9. Bird's nest Fern.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@kinaradian

Bird's nest Fern atau paku sarang burung memiliki ciri daun bertepi yang tumbuh seperti mahkota sarang. Tanaman hias ini menyukai sedikit kelembapan lebih dan akan tumbuh dengan baik di dalam cahaya rendah sampai sedang. Tanaman ini mudah dirawat dan butuh disiram setiap minggu.

Bird's nest Fern paling cocok diletakkan di kamar mandi, bagian jendela. Kamu juga bisa meletakkan Bird's nest Fern menggantung di dinding air terjun di rumah.

10. Scindapsus pictus atau sirih lurik.

tanaman hias gantung dinding © Instagram

foto: Instagram/@tantripranash

Sirih lurik adalah tanaman hias yang kerap dipakai menghias rumah. Tanaman merambat ini memiliki ciri kurus dan hijau tua dengan bercak perak.

Scindapsus pictus akan terlihat sangat cantik ketika menjuntai ke bawah. Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok digantung di dinding rumah. Untuk posisi peletakannya, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dalam keadaan cahaya terang, serta butuh disiram setiap minggu.