Brilio.net - Tanaman hias gantung terlihat subur dan indah tentu saja menyenangkan hati pemiliknya. Pasalnya hunian jadi makin hijau, adem, segar dan nyaman. Tanaman hias juga bisa membuat penghuninya menjadi betah berada di rumah. Saat jenuh dengan pekerjaan dan rutinitas, maka ketika memandangi atau ketika saat melakukan perawatan tanaman hias bisa jadi obat jenuh.

Kini banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa dijadikan tanaman gantung. Yups, budidaya tanaman gantung dapat dilakukan dengan cara menggantungkan tanaman beserta media tanam dan pot berukuran kecil. Tanaman gantung juga bisa jadi solusi bagi kamu yang tinggal di tempat yang kecil namun ingin memelihara tanaman hias. Apalagi untuk merawat tanaman gantung ini pun cukup mudah.

Nah, agar tanaman hias gantung kamu dapat tumbuh subur dan indah tentu perlu tips cara menanam yang baik dan benar. Untuk kamu para pemula, perlu memerhatikan beberapa hal. Apa saja? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (12/3), tips cara menanam tanaman hias gantung agar subur dan indah.

-1. Kenali jenis tanaman.

Tips cara menanam tanaman hias gantung Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@omahekembang

Loading...

Sebelum menanam tanaman hias gantung, sebaiknya kenali terlebih dahulu apakah tanaman tersebut dapat ditanam dalam pot gantung atau tidak. Yang perlu diperhatikan juga jangan memilih tanaman dengan akar ekstensif seperti jenis semak. Sebab hal itu dapat merusak pot atau wadahnya.

Nah, agar berkembang secara optimal sebaiknya memilih tanaman bunga tropis yang mampu tumbuh subur dan mekar sepanjang tahun. Serta pastikan memilih tanaman yang tahan panas dan mudah beradaptasi di lingkungan sekitar. Seperti tanaman hias lili paris, fuschia, portulaca, begonia dan banyak lainnya.

-2. Pilih pot yang sesuai jenisnya.

Tips cara menanam tanaman hias gantung Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sittatandjung

Tips selanjutnya yakni memilih pot atau wadah untuk menanam tanaman hias gantung. Pemilihan pot tergantung jenis tanamannya karena akan berpengaruh secara fisik terhadap keindahan bunganya.

Ada beberapa jenis pot yang digunakan, yaitu pot plastik, pot gerabah atau tanah liat hingga anyaman tambang. Jadi kamu bisa memilih pot dengan ukuran kecil, tidak mudah pecah dan di bagian tepinya ada pengaitnya.

-3. Perhatikan tali gantung yang digunakan.

Tips cara menanam tanaman hias gantung Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@akazh.flo

Kali ini kamu perlu memerhatikan tali khusus untuk menggantungkan tanaman hias gantung. Tali pot ini dapat kamu beli di toko bunga. Pilih tali yang kuat dan bisa menahan berat tanaman beserta potnya. Sebaiknya hindari menggantung tanaman dengan tali ataupun kawat yang dibuat sendiri, sebab terlihat kurang rapi dan kurang kuat.

-4. Letakkan di tempat yang sejuk.

Tips cara menanam tanaman hias gantung Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@linda_kr

Peletakkan tanaman di tempat yang sejuk dan teduh, juga jadi salah satu cara agar tanaman hias dapat tumbuh subur. Sebaiknya tetap mendapatkan sinar matahari, namun tidak terpapar secara langsung. Kamu perlu memerhatikan sistem penyinaran pada tanaman, lakukan penyinaran ke arah matahari secara rutin. Yakni, selama 1-2 jam setiap pagi.

Tetapi perlu diingat, untuk menyesuaikan jenis tanaman yang ditanam. Hindari pula peletakan tanaman di tempat yang kerap dilewati agar tidak berbenturan dengan kepala.

-5. Perawatan yang intens dan tepat.

Tips cara menanam tanaman hias gantung Instagram ; freepik © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Terakhir yang perlu diperhatikan yakni perawatan pada tanaman hias gantung. Untuk menghindari tanaman hias menjadi layu dan mati, maka perlu melakukan penyiraman agar terjaga kelembabannya. Selain itu kamu juga bisa menggunakan botol semprotan untuk menyemprot daun ataupun bunga. Lakukan pula pemangkasan bila menemukan daun atau ranting yang kering dan mati.

Tak hanya penyiraman dan pemangkasan, tanaman hias juga memerlukan pemupukan demi kelangsungan perkembangannya. Gunakan pupuk NPK atau pupuk kandang dengan cara menaburkannya di media tanam sesuai ukuran dan jenisnya.