Brilio.net - Alam punya cara unik untuk memikat mata dan hati manusia. Terlepas dari apakah kamu sebenarnya penggemar tanaman atau bukan, kamu tentu tidak bisa menyangkal keindahan ruangan dengan penuh warna hijau.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tanaman bisa meningkatkan keindahan estetika ruang. Nggak heran jika tanaman hias sering dipakai untuk dekorasi, baik interior maupun eksterior. Tergantung jenis tanaman apa yang dimiliki, mampu bertahan di terik matahari atau tidak.

Tanaman juga bisa membuat rumah jadi lebih sejuk, asri, serta memberikan udara bersih. Keindahan yang diciptakan tanaman pun mampu membangkitkan minat mengoleksinya sendiri. Warnai hidupmu dengan beberapa tanaman unik dan indah sesuai selera.

Berikut rekomendasi beberapa tanaman hias daun hijau beserta harganya, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (17/3).

1. String of pearls.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

Loading...

foto: Instagram/@ivet.suculentasymas

Tanaman hias daun hijau ini unik karena bentuknya menyerupai mutiara. Jenis tanaman sukulen ini punya tekstur sulur halus manik-manik bundar. String of pearls akan terlihat makin cantik apabila pajang memakai keranjang gantung. Tanaman yang tahan di suhu kering ini bisa tumbuh beberapa kaki tumpah ke tepi tanaman.

Jika kamu mencari tanaman taman hias terbaik, string of pearls cocok dimasukkan di dalam daftar. Harga tanaman hias ini berkisar Rp 25 ribu.

2. Monstera.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@dayreeann

Tanaman satu ini tentu masuk dalam list tanaman dekorasi kekinian yang begitu digemari. Beberapa waktu ini monstera atau disebut juga janda bolong sangat populer di mata pencinta holtikultura. Tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam maupun luar rumah ini dikenal memiliki bentuk daun yang begitu khas.

Monstera punya daun yang lebar berwarna hijau pekat berpola dimana terdapat lubang-lubang. Sehingga sering digunakan sebagai hiasan interior rumah bergaya minimalis. Harga jual monstera ini beragam sesuai dengan ukuran dan motifnya, rentang harga mulai Rp 50 ribu.

3. Chinese money plant.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@_kimberleejade

Chinese money plant disebut sebagai tanaman hias membawa rejeki. Tanaman ini punya daun berwarna hijau berbentuk bulan seperti koin. Mereka terlihat indah saat ditanam dengan batang tegak dalam pot pendek.

Chinese money plant bisa tumbuh dengan baik dalam cahaya tidak langsung yang terang. Mereka juga dikenal sebagai tanaman persahabatan. Harga chinese money plant berkisar Rp 100 ribu.

4. Kadaka.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@daliessiangadi123

Kadaka atau aspienium Scorpio merupakan tanaman hias yang memiliki ciri daun berwarna hijau cerah. Bentuk daun kadaka sekilas mirip dengan gelombang cinta tapi versi kecil. Kadaka punya bentuk daun memanjang dengan lekuk bergelombang pada pinggirnya. Kadaka bisa dibeli dengan kisaran Rp 25 ribu.

5. Aglonema.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@rish.gondesh

Aglonema atau yang sering disebut sebagai sri rejeki juga tak kalah hits. Tanaman hias ini punya warna, ukuran, dan bentuk yang beragam. Khusus aglonema berdaun hijau pun juga punya beragam motif.

Ada jenis aglonema nitidum, aglonema modestum, aglonema cutlass, aglonema emerald bay dan banyak lainnya. Warna dan coraknya yang indah dapat mempermanis hunianmu. Aglonema bisa dibeli dengan kisaran Rp 30 ribu.

6. Tradescantia sillamontana.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@tammywiththegoodplants

Tradescantia sillamontana sangat berbeda dari tradescantie pada umumnya, karena tanaman ini ditutupi dengan rambut keperakan tebal di seluruh bagian.

Tanaman hias tradescantie sillamontana bisa tumbuh setengah tegak, tingginya mencapai 40 cm. Daunnya berwarna hijau tua tertutupi bulu tebal, dengan bagian bawah berwarna merah. Panjang daunnya bisa mencapai 7 cm. Tradescantia sillamontana dijual dengan kisaran Rp 25 ribu.

7. Crassula umbella.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@sukulentce_

Nama lain dari crassula umbella, tanaman yang bentuknya seperti donat atau kue cucur ini punya nama lain wine cup. Uniknya lagi, tanaman ini memiliki putik bunga di bagian tengahnya. Saat ditanam dalam pot dengan perawatan indoor yang tepat, tanaman ini dapat tumbuh hingga tingginya mencapai enam inci saat bunganya mekar. Harga Crassula umbella berkisar Rp 30 ribu.

8. Suplir.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@hera_mulyanti

Tanaman hias suplir biasa ditemukan di daerah lembap. Bukan tanpa sebab, suplir memang tidak bisa bertahan jika terkena sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, kamu bisa menempatkan suplir di ruangan yang tepat. Suplir bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp 30 ribu.

9. Philodendron.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@plant_hyper_aroid

Tanaman philodendron menjadi primadona sebagai tanaman indoor maupun interior ruangan. Tanaman ini memiliki banyak ragam dan eksotis, sekitar 450 varietas.

Beberapa spesies ada yang tumbuh merambat dan ada pula yang tumbuh berbentuk semak. Kesamaan dari semua jenis philodendron adalah kemampuannya yang bisa tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Masing-masing jenis memiliki ciri khas fisik yang berbeda-beda, baik dari bentuk, ukuran, maupun warna daunnya. Tanaman hias ini dijual dengan harga kisaran Rp 60 ribu.

10. Calathea.

harga tanaman hias daun hijau ©Instagram

foto: Instagram/@fhonisandradewi

Nah, Calathea bisa jadi salah satu pilihan tanaman hias daun untuk mempercantik dan menambah kesegaran ruanganmu. Tanaman hias  ini memiliki daun yang besar berpola warna-warni dalam nuansa hijau tua dan ungu.

Calathea tumbuh dalam rumpun, merupakan tanaman herbacepus menahun dengan batang lunak. Tanaman ini lebih menyukai tempat terang, namun daunnya sensitif terhadap sinar matahari. Tanaman hias calathea bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 35 ribu.