Brilio.net - Pencinta tanaman hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan pohon dolar. Tanaman ini dikenal pula dengan nama ilmiah Zanzibar Gem (ZZ plant). Banyak orang menyukai tanaman ini karena bentuk daunnya yang kaku, sehingga cocok diletakkan di dalam rumah, lantaran tidak mudah rontok.

Tidak hanya indah saja, tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat. Tanaman daun dolar merupakan bagian subkingdom Viridiplantae. Tanaman ini berasal dari ordo Rosales, Famili Moraceae dan juga species Ficus Pumila L. Banyak yang mengatakan bahwa tanaman satu ini adalah kategori tanaman yang tahan banting. Hal itulah yang membuat tanaman dolar dijadikan salah satu hiasan di rumah.

Berikut ini ada beberapa fakta dari tanaman hias daun dolar, seperti dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/3).

1. Berasal dari Afrika.

Fakta tanaman hias daun dolar Instagram

foto: Instagram/@kebun_seuprit

Loading...

Pohon dolar bukan berasal dari Indonesia, melainkan Benua Afrika. Tanaman hias satu ini banyak ditemui di kawasan kering seperti Kenya, Tanzania dan Zanzibar. Pohon dolar tumbuh di kawasan berbatu dan pasir, oleh karenanya tanaman hias ini sangat mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air.

2. Memiliki bentuk unik.

Fakta tanaman hias daun dolar Instagram

foto: Instagram/@tanawoman

Salah satu yang membuat banyak orang tergila-gila pada pohon dolar adalah bentuknya yang super unik. Batangnya memanjang, terlihat sangat eksotis. Daunnya juga kaku, mengilap dan bertekstur kasar, serta tidak mudah rontok.

3. Manfaat untuk kesehatan.

Fakta tanaman hias daun dolar Instagram

foto: Instagram/@wan.na.id

Tak hanya cantik dan mudah dirawat saja, pohon dolar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya sebagai obat diare, melancarkan pencernaan, sebagai anti-bakteri, penangkal radikal bebas, mengatasi wasir, dan mengatasi pegal-pegal pada tubuh.

4. Daun dolar bisa menyebabkan ruam pada kulit.

Fakta tanaman hias daun dolar Instagram

foto: Instagram/@rumahaksa

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kamu perlu hati-hati karena daun dolar bisa menyebabkan ruam pada kulit. Pasalnya daun dolar mengandung oksalat, senyawa yang menyebabkan rasa gatal hingga ruam pada kulit. Agar terhindar dari itu, kamu perlu mencuci tangan usai menyentuh daun dolar.