Brilio.net - Flu merupakan penyakit yang paling umum dirasakan hampir semua orang dari berbagai kalangan dan usia. Namun virus satu ini lebih sering menyerang anak-anak, mulai dari flu, batuk, hingga demam. Hal ini dikarenakan sistem imun pada anak belum begitu kuat sehingga mudah terserang berbagai jenis penyakit, terutama batuk dan pilek.

Batuk dan pilek disebabkan karena infeksi virus pada hidung, tenggorokan, dan sinus. Anak menjadi sasaran utama virus ini. Hal ini dikarenakan imun tubuh yang masih lemah.

Sebelum usia 7 tahun, sistem kekebalan tubuh anak belum kuat sepenuhnya. Selain itu, saluran pernapasan atas anak (termasuk telinga dan bagian sekitarnya) belum sepenuhnya berkembang, sehingga virus penyebab penyakit menjadi lebih mudah menyerang.

Ketika anak terserang flu alias influenza biasanya akan muncul gejala seperti demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, serta sakit tenggorokan. Anak juga menjadi lebih rewel dan nafsu makan menurun.

Jika anak mengalami hal ini, kamu bisa memberikan mereka ramuan tradisional dari beberapa bahan alami. Selain aman, ternyata sangat ampuh dalam mengobati flu pada anak. Apa saja? Berikut rangkuman Brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (13/3).

Loading...

1. Madu.

Tanaman obat flu untuk anak freepik.com

foto: freepik.com

Madu merupakan obat alami untuk mengatasi pilek atau flu untuk anak dan orang dewasa. Dilansir dari verywellhealth.com, sebuah studi baru di Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine membuktikan bahwa madu dapat membantu menenangkan batuk anak-anak dan membantu mereka tidur lebih nyenyak.

Peneliti memberi obat alami tersebut pada 105 anak yang sedang terserang flu. Dari hasil penelitian itu pun mengatakan bahwa semua anak membaik.

2. Ginseng.

Tanaman obat flu untuk anak freepik.com

foto: freepik.com

Meski ada banyak jenis ginseng, salah satu yang dibudidayakan di Amerika Utara yang disebut Panax quinquefolius atau "Ginseng Amerika Utara", begitu populer sebagai obat untuk masuk angin dan flu. Dilansir dari verywellhealth.com senyawa yang disebut polisakarida dan ginsenosides diduga merupakan konstituen aktif dalam ginseng.

3. Jahe.

Tanaman obat flu untuk anak freepik.com

foto: freepik.com

Akar jahe adalah obat tradisional lain untuk batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Ini digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati batuk, pilek, dan masuk angin. Obat tradisional ini juga sangat cocok untuk anak-anak.

Kamu bisa memberikan kepada anak dengan mencampurkannya ke dalam secangkir teh hangat. Rasanya yang enak bisa melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

4. Bawang merah.

Tanaman obat flu untuk anak freepik.com

foto: freepik.com

Bawang merah juga menjadi obat rumahan yang kerap digunakan untuk meredakan flu pada anak. Kamu cukup menyediakan 2-3 butir bawang merah, 4 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok makan garam dapur, 3 tetes minyak kayu putih. Campurkan semua bahan menjadi satu lalu oleskan pada dada dan punggung anak. Anak akan merasa lebih hangat, serta tenggorokan dan hidung mampet menjadi lebih lega.

5. Bawang putih.

Tanaman obat flu untuk anak freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih adalah salah satu obat rumahan yang lebih populer untuk pilek. Memakannya secara langsung tentu saja akan membuat anak-anak menolaknya. Kamu bisa memasukkan beberapa siung bawang putih ke dalam sup hangat.

Senyawa allicin di dalam bawang putih menunjukkan sifat antibakteri dan antijamur. Allicin inilah yang membuat bawang putih memiliki rasa pedas yang khas. Dilansir dari verywellhealth.com, dalam satu penelitian yang melibatkan 146 orang, peserta menerima suplemen bawang putih atau plasebo selama 12 minggu antara November dan Februari.

Orang yang mengonsumsi bawang putih mengurangi risiko terkena flu. Studi tersebut juga menemukan bahwa bawang putih mengurangi waktu pemulihan pada orang yang masuk angin.