Brilio.net - Berbicara mengenai jahe, tentunya semua orang sudah tahu bahwa bumbu dapur satu ini memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Jenis tanaman herbal satu ini telah dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan, alhasil jahe diburu banyak pihak.

Jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri. Senyawa tersebut juga diduga bisa bekerja baik di otak dan sistem saraf guna meredam rasa mual.

Selain itu, masih banyak manfaat jahe lainnya. Apa saja? berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (10/4).

1. Meredakan nyeri haid.

foto: dailymail.co.uk

Loading...

Ketika sedang haid, mengonsumsi jahe merupakan pilihan yang tepat. Dilansir dari berbagai artikel kesehatan, sejumlah peneliti membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Kamu bisa meminum perasan jahe, konumsi secara rutin selama dua hari berturut-turut. Kamu akan merasakan, nyeri yang begitu menyiksa akan hilang.

2. Meredakan pusing.

foto: indianexpress.com

Pusing memang terkadang bisa melanda siapa saja tanpa kenal waktu dan sangat menyiksa. Jika kamu mengalami pusing seperti penglihatan berkunang-kunang dan merasa sangat lemas, kamu bisa mengonsumsi segelas jahe. Aroma dari jahe juga memberikan ketenangan.

3. Mengobati mual-mual.

foto: medicalnewstoday.com

Ketika kamu merasa sangat mual, maka rebusan jahe akan sangat membantu. Dilansir dari berbagai sumber, ilmu ini sering dipraktekan rakyat China zaman dahulu untuk menyembuhkan para raja yang sedang sakit.

4. Meredakan gejala batuk dan tenggorokan sakit.

foto: insider.com

Dalam kondisi sekarang ini, batuk dan sakit tenggorokan membuat banyak orang khawatir karena takut tertular virus corona. Jika kamu mengalaminya, maka kamu bisa mengonsumsi jahe merah. Hal ini lantaran jahe merah mengandung flavonoidnya.

Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat antiperadangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan.

5. Memperkuat sistem imun.

foto: everydayhealth.com

Jika kamu ingin sistem imum tetap prima, maka konsumsi jahe secara rutin akan sangat membantu menjaga kebugaran tubuh. Hal ini lantaran jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun.

6. Meredakan sakit otot.

foto: medicalnewstoday.com

Terkadang orang merasakan badan terasa sangat sakit usai melakukan beberapa kativitas. Obat yang sangat ampuh mengatasi ini adalah dengan mengonsumsi jahe.

Dilansir dari berbagai sumber, menurut studi dari University of Georgia, Amerika Serikat, jahe memiliki efek antiperadangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Dalam penelitian tersebut, para ahli melakukan riset terhadap 74 orang untuk melakukan beberapa latihan fisik.

7. Menurunkan kadar gula darah.

foto: medicaldaily.com

Hingga sekarang ini, sudah banyak peneliti menyampaikan bahwa jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk menurunkan kadar gula darah. Rajin mengonsumsi jahe akan sangat membantu menangkal penyakit diabetes.

8. Antipenuaan dan kanker.

foto: magazine.com

Jahe diketahui bersifat antiinflamasi dan antioksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan. Jahe juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan, manfaat jahe disebut-sebut dapat mencegah berbagai kanker.

9. Baik untuk lambung dan pencernaan.

foto: belfastlive.co.uk

Jahe dapat menjaga kesehatan lambung dan pencernaan. Bahkan jahe untuk bisa mengatasi luka pada lambung, rutin mengonsumsinya maka kamu akan terbebas dari masalah pencernaan.

10. Menangkal infeksi bakteri dan virus.

foto: healthline.com

Khasiat jahe lainnya ialah bisa menangkal infeksi dan virus yang masuk ke tubuh. Hal ini lantaran kandungan gingerol dalam jahe dipercaya bisa menghambat infeksi bakteri, seperti shigela, E-coli, dan lain-lain.

11. Menyembuhkan alergi.

foto: findclearchoice.com

Ketika kamu memiliki alergi terhadap sesuatu, misalnya alergi dingin hingga menimbulkan bintik-bintik merah di kulit, kamu bisa mengatasinya dengan jahe. Cukup konsumsi air jahe dengan air hangat.

12. Menghilangkan jerawat.

foto: foxnews.com

Selain bersifat antinyeri, jahe juga memiliki efek antiinflamasi yang biasanya terkandung pada kapsul atau pil-pil antijerawat. Kandungnya itu bisa mengatasi jerawat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas.

Cara menggunakannya, jadikan jahe sebagai masker, atau cukup totolkan pada bagian wajah yang berjerawat.

2 dari 2 halaman

13. Melembutkan wajah.

foto: makeupbymir.com

Jika kamu ingin wajah lembut bak perawatan dokter, kamu bisa menggunakan jahe. Selain murah dan sangat mudah pula diaplikasikannya. Kamu bisa menjadikan jahe sebagai masker.

14. Menyembuhkan pilek.

foto: folio.ca

Jahe memiliki sifat memiliki sifat antimikroba dan antijamur, sehingga sangat membantu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketika sedang flu atau pilek kamu bisa mengonsumsi jahe hangat, setelah itu kamu akan merasa lebih baik.

15. Mambakar lemak dan kalori.

foto: thesun.co.uk

Jahe sangat cocok untuk diet, kamu bisa mengonsumsinya secar rutin. Pasalnya jahe bisa membakar lemak dan kalori tubuh. Sangat membantu bukan untuk masa diet kamu?

16. Menyehatkan otak.

foto: helpguide.org

Jahe memiliki oroma yang menenangkan, ketika kamu dalam kondisi tak sehat dan menghirup aroma jahe akan membuat kamu lebih rileks dan orak menjadi lebih sehat.

17. Menghilangkan bintik hitam pada wajah.

foto: pixabay.com

Memang tak semua orang yang memiliki bintik hitam atau flek hitam pada wajanya merasa pede. Sebagian dari mereka bahkan ingin menghilangkannya secara total. Tak jarang wanita selalu berusaha menyamarkannya dengan riasan atau makeup. Sehingga mereka tak berani tampil alami.

Sekarang kamu tak perlu repot-repot untuk melakukan berbagai perawatan mahal. Cukup dengan mengunakan jahe saja, masalahmu akan teratasi.

Caranya, campurkan parutan jahe dengan teh hijau. Basuh pada wajah dan pijat secara perlahan. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

18. Menghilangkan kantung mata.

foto: pixabay.com

Kantung mata memang sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi kantung mata tersebut, kamu bisa menggunakan jahe dengan cara rutin mengompres mata dengan perasan jahe yang sudah dibekukan.

Jika kamu menggunakannya secara rutin, maka masalah kantung mata akan teratasi. Bagian mata terasa lebih segar dan cerah kembali. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

19. Menyamarkan bekas luka.

foto: pixabay.com

Bekas luka juga bisa menjadi salah satu perusak penampilan. Nah jahe dapat membantu menyamarkan bekas luka dan merangsang regenerasi sel kulit.

Caranya cukup mudah! Kamu bisa mengoleskan perasan air jahe secara rutin pada bagian luka. Banyak orang sudah membuktikannya, bekas luka dapat tersamarkan.

20. Minyak penumbuh rambut.

foto: pixabay.com

Buat kamu yang selama ini merasa memiliki rambut terlalu tipis. Kamu bisa menggunakan jahe untuk mendorong regenerasi rambut. Tak hanya itu, jahe juga mampu merangsang aliran darah di kulit kepala. Jahe bisa mencegah rambut dari kerusakan.

Jahe bisa digunakan sebagai minyak penumbuh rambut. Caranya, tambahkan dua sendok perasan jahe dengan setengah cangkir minyak jojoba. Panaskan minyak 1-2 menit.

Diamkan minyak sejenak agar dingin. Kemudian olesi minyak dan jahe gunakan pada rambutmu dan pijat secara perlahan. Diamkan semalaman dan keesokan harinya bilas hingga bersih sembari keramas.

21. Mengangkat sel kulit mati.

foto: herstylecode.com

Selain rajin luluran, jahe juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati secara alami. Parut jahe lalu gosokkan pada kulit, namun kamu harus melakukannya secara perlahan. Parutan jahe sedikit agak kasar, jadi harus hati-hati. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit yang bersih.

22. Berkhasiat untuk kesehatan tulang.

foto: thejakartapost.com

Jahe juga memiliki manfaat untuk menyehatkan tulang. Dengan rajin mengonsumsi jahe, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti tulang keropos, sakit tulang, dan lainnya.