Brilio.net - Kalau melihat bawang putih, apa sih yang pertama kali kamu pikirkan? Biasanya orang akan memikirkan menu makanan apa yang akan dibuat dengan bawang putih. Ya kan? Karena seperti yang kamu tahu, bawang putih adalah salah satu bahan dasar untuk menciptakan berbagai makanan lezat. Baik itu lauk utama atau sekedar camilan.

Bawang putih akan memberikan cita rasa gurih pada makananmu. Selain itu jenis bawang yang satu ini juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis. Maka dari itu, nggak heran kalau hampir di setiap rumah akan memiliki bawang putih.

Tapi kamu tahu nggak sih, si putih kecil ini juga bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Setiap 100 gr bawang putih memiliki 150 kalori, 33 gr karbohidrat, 6,36 gr protein.

Bawang putih juga kaya akan Vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, potasium, sodium dan zinc. Selain itu, di dalam bawang putih segar juga ada senyawa yang mengandung sulfur, allicin. Kandungan ini juga bisa mengatasi berbagai permasalahan tubuh lho, salah satunya permasalahan pada kulit.

Nah kamu pernah coba? Sebelum mencobanya, simak dan pahami dulu yuk manfaat bawang putih untuk kulit. Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (12/8).

Loading...

1. Melindungi dari infeksi jamur.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Infeksi akibat jamur bisa terjadi pada siapa saja. Dari anak-anak hingga orangtua bisa mengalaminya. Sumber permasalahan ini bisa datang dari mana saja. Maka sebaiknya jaga kebersihan dan kesehatan kulitmu ya. Tapi kalau kamu sudah terinfeksi, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bawang putih.

Dipakai untuk penggunaan luar, bawang putih bisa melindungi kulit dari infeksi jamur dan bisa menyembuhkan kulit dari iritasi. Selain itu kandungan dalam bawang putih bisa melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penurunan kolagen, yang berujung pada hilangnya elastisitas kulit.

2. Solusi untuk jerawat.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bawang putih dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang ampuh. Kulit yang berjerawat juga bisa diatasi dengan menggunakan bawang putih. Dilansir dari StyleCraze, sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat.

Jika ingin mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Namun sebelum melakukannya, kamu perlu memastikan kebersihan pada pisau, alas memotong dan juga tanganmu. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru selanjutnya ya.

3. Membasmi komedo.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain jerawat, komedo juga menjadi salah satu permasalahan yang kerap muncul. Meskipun ukurannya kecil, tapi keberadaannya bisa mengganggu penampilanmu. Apalagi biasanya komedo muncul di area hidung, sehingga akan mudah terlihat.

Tapi sekarang kamu nggak perlu khawatir. Untuk menghilangkan komedo, kamu bisa mencoba untuk menggunakan bawang putih. Manfaat yang satu ini jarang diketahui banyak orang, padahal kamu bisa mengaplikasikan dengan mudah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih segar. Lalu oleskan bawang putih lumat tadi pada bagian wajah yang berkomedo.

Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan agar cairan bawang putih bisa bekerja melembutkan dan mengangkat komedo di pori-pori. Tapi ingat, jangan terlalu lama agar kulit tidak terasa pedih. Selanjutnya bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

4. Mengatasi keriput.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Manfaat bawang putih yang satu ini sepertinya jadi favorit banyak orang deh. Karena keriput adalah salah satu permasalahan yang muncul pada orang dewasa. Kondisi ini bisa mulai terlihat dengan munculnya garis-garis halus pada wajah. Selanjutnya kerutan pada kulit akan terlihat lebih jelas.

Nggak hanya di wajah, keriput juga bisa muncul pada area leher. Maka penting untuk kamu juga merawat kulit leher dan wajahmu.

Tapi nggak perlu repot dalam mengatasi keriput. Kini kamu bisa melakukannya dengan praktis dari dalam rumah. Kamu hanya perlu menghaluskan beberapa siung bawang putih, lalu campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang awet muda. Gimana simpel banget, kan?

5. Menyamarkan bekas jerawat.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Permasalahan jerawat nggak hanya selesai sampai mengempeskannya. Untuk jerawat membandel biasanya akan meninggalkan bekas pada kulit. Ini dia momen yang harus membuatmu lebih sabar.

Tapi tenang, kamu bisa perlahan mengatasi yang salah satunya menggunakan bawang putih. Bekas luka, entah karena kecelakaan kecil atau jerawat adalah salah satu masalah kecantikan yang juga bisa diatasi dengan bawang putih.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya juga nggak kalah praktis, kamu hanya perlu mengoleskan langsung pada bekas luka yang telah mengering.

6. Memudarkan strechmark.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kamu tahu nggak sih, bawang putih juga bisa dijadikan andalan untuk menghilangkan strech mark lho. Dilansir India Times, nutrisi yang terkandung di dalam cairan bawang putih bisa membantu memudarkan stretchmark alias garis-garis belang yang terbentuk akibat retakan kulit. Strech mark bisa timbul karena berbagai faktor, salah satunya adalah masa kehamilan.

Atasi strech mark dengan mencampurkan sari bawang putih yang diambil dari bawang putih lumat ke dalam minyak zaitun atau kelapa hangat. Oleskan campuran tadi pada bagian kulit yang memiliki stretch mark, lalu pijat dengan lembut selama beberapa menit.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara teratur. Kamu bisa melakukannya minimal selama 6 minggu agar hasil terlihat lebih jelas.

7. Mengatasi kutil.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kutil merupakan benjolan kecil yang disebabkan oleh virus. Kutil dapat muncul di berbagai area kulit. Penggunaan bawang putih disebut bisa menjadi salah satu langkah untuk mengempiskan kutil.

Dilansir dari Healthline, kamu bisa menghaluskan satu siung bawang putih segar, kemudian larutkan dengan air. Oleskan pada kutil, kemudian balut dengan kasa. Untuk hasil yang maksimal ulangi metode perawatan ini tiga atau empat kali seminggu.

8. Meremajakan kulit.

Manfaat bawang putih untuk kulit © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak hanya sampai di situ, bawang putih bisa menjadi jawaban untuk meremajakan kulit lho. Bawang putih yang dicampur dengan dengan yogurt tawar bisa membantu proses regenerasi kulit.

Keduanya akan meremajakan kulit sekaligus membersihkan pori-pori dari kulit mati. Caranya, siapkan empat siung bawang putih lalu haluskan. Selanjutnya campur bersama dua sendok makan yogurt.

Aplikasikan campuran ini pada kulit wajah yang sudah dibersihkan, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke arah luar selama beberapa menit. Setelah itu segera bersihkan kembali wajah dengan air bersih.