Brilio.net - Aglonema merupakan salah satu tanaman hias populer. Tanaman ini banyak diburu karena keunikan dan corak warna yang indah.

Beberapa tahun belakangan, aglonema pun kian naik daun. Bahkan tak sedikit orang rela merogoh saku dalam demi bisa mengoleksi aglonema.

Salah satu tanaman hias aglonema yang mencuri perhatian adalah aglonema golden hope. Tanaman aglonema golden hope adalah hasil silangan dari Gregori Garnadi Hambali atau biasa disapa Greg Hambali. Dilansir dari lipi.go.id, Greg Hambali merilis hasil karya tanaman silangan golden hope pada September 2020.

Aglonema golden hope memiliki ciri khas daun lebar, warnanya perpaduan kuning, hijau, dan merah. Sejak diluncurkan, aglonema golden hope sangat diburu pencinta tanaman dengan harga mencapai puluhan juta rupiah. Seiring waktu, bonggol hingga tanaman ini sudah dijual di berbagai marketplace Tanah Air dengan kisaran harga Rp 75.000.

Cara menanam dan merawat aglonema golden hope tidak terlalu sulit. Berikut langkah mudahnya, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Senin (22/3).

Loading...

Stek bonggol.

Tanaman hias aglonema golden hope bisa ditanam dan diperbanyak melalui stek bonggol. Cara menanam golden hope kini sudah banyak dipraktekkan oleh para pencinta tanaman, salah satunya akun YouTube @Semi Aglao.

menanam aglonema golden hope ©Instagram

foto: Instagram/@bukananjarbiasa

Pada akun YouTube itu dijelaskan bagaimana cara menanam aglonema golden hope. Berikut beberapa peralatan yang perlu kamu siapkan sebelum memulai menanam golden hope.

1. Ember.

2. Air bersih.

3. Baki untuk tempat tanah.

4. Tempat pot dan media tanah baru.

5. Tanaman golden hope.

6. Pisau

7. Tisu atau kain bersih

Cara menanam golden hope dengan mudah.

1. Keluarkan tanaman golden hope dari media asal.

2. Bersihkan akarnya dari bekas tanah. Celup-celupkan akar ke ember yang sudah diisi air.

3. Perhatikan akar golden yang ingin kamu tanam. Apakah sehat atau tidak.

4. Potong jadi beberapa bagian yang diinginkan, bagian akar jadi dua bagian, misalnya.

5. Bersihkan akar baru yang akan ditanam dengan kain atau tisu.

6. Olesi akar dengan antijamur fungisida. Sisihkan lalu biarkan hingga kering kurang lebih 20 menit. Kamu juga bisa membersihkan aglonema golden hope asli (yang telah dipotong) dengan antijamur fungisida.

7. Cek kondisi akar golden hope. Setelah itu tanam akar yang sudah dipotong tadi di media tanah dan pot.

8. Timbun akar dengan media tanam setidaknya 1 cm. Atau kamu juga bisa menanam aglonema hope dengan cara kelihatan.

9. Bagian pucuk tunas yang telah dipotong tadi, masukkan ke pot berbeda. Beri tambahan lubang di bagian bawahnya.

Cara merawat tanaman golden hope.

menanam aglonema golden hope ©Instagram

foto: Instagram/@berliangreenhouse

Tanaman hias golden hope jika dirawat dengan baik, bisa tumbuh dengan sehat setidaknya dalam rentang waktu 2 bulan.

Berikut cara merawat aglonema golden hope karya Greg Hambali dilansir dari akun YouTube @NYONYADESTIRA.

1. Asupan air.

Jangan terlalu banyak memberikan air pada golden hope. Karena tanaman hias ini bisa cepat mati jika kebanyakan air. Kamu harus jeli merawat perkembangan golden hope ini.

2. Fotosintesis.

Tanaman golden hope yang dominan atau lebih banyak warna hijaunya berarti fotosintesisnya juga berjalan dengan baik. Memungkinkan untuk ke depannya bisa makin tumbuh dengan lebih baik dan sehat lagi.

3. Teknik memperbanyak golden hope.

Menurut menuturan Greg Hambali, jika kamu ingin memperbanyak golden hope, tunggu hingga daun bagian bawahnya mulai rontok. Tunggu hingga batang tuanya muncul.

4. Tahan panas sesuai posisi awal.

Terkait tahan atau tidaknya dengan cuaca panas, tanaman hias aglonema golden hope ini disesuaikan dengan kebiasaan ia hidup. Jika sejak kecil atau awal (daunnya masih sedikit) ia diletakkan di tempat panas, golden hope bisa lebih tahan terkena asupan matahari.

Begitu pula dengan sebaliknya, jika sejak awal kamu letakkan di tempat teduh. Ketika menjelang dewasa, kamu ingin langsung meletakkan ke outdoor atau cuaca lebih panas, aglonema golden hope tidak bisa bertahan lama.

Tanaman ini bisa kaget dan daunnya jadi terbakar. Memindahkan tanaman dari panas ke tempat lebih teduh lebih minim risiko dibanding memindahkan teduh ke panas.

5. Merawat aglonema golden hope dari hama.

Tanaman hias golden hope juga bisa terserang hama. Hindari faktor yang dapat menyebabkan munculnya hama tersebut. Salah satu caranya adalah perhatikan teknik penyiraman. Usahakan menyirami jangan terkena batangnya.

Jenis aglonema yang bisa dirawat di rumah.

Selain aglonema golden hope, ada beberapa jenis aglonema lain yang tak kalah indah bisa kamu miliki dan rawat di rumah. Adapun beberapa tanaman hias aglonema cantik yakni aglonema widuri, aglonema modestum, aglonema cutlass, aglonema nitidum, aglonema emerald bay, aglonema lipstik, aglonema silver queen, aglonema brilliant, aglonema harlequin, aglonema silver king, dan aglonema red gold.