Brilio.net - Tanaman hias gantung menjadi salah satu yang diminati kolektor tanaman. Pasalnya, untuk menanam dan merawat tanaman hias gantung ini cukup fleksibel serta hemat dalam penempatannya. Tanaman ini dapat diletakkan dalam ruang seperti di atas jendela, teras ataupun dinding pagar.

Banyak jenis tanaman hias gantung yang mudah untuk tanam dan cocok untuk para pemula. Salah satunya yaitu tradescantia zebrina.

Tanaman ini memiliki warna-warna cerah serta dapat tumbuh dengan baik. Tradescantia dapat dijadikan sebagai tanaman gantung, ditanam langsung di tanah, ataupun di polybag.

Tradescantia biasanya tumbuh merambat dan menjuntai, sesuai arah cahaya matahari. Bunga dari tradescantia ini berukuran sangat kecil dan berjumlah banyak.

Nah, bagi kamu yang yang tertarik untuk menanam dan merawat tanaman hias gantung ini, mudah loh caranya. Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (22/3).

Loading...

Cara menanam tradescantia zebrina.

cara menanam dan merawat tradescantia Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@greenhomemag

- Pertama, siapkan pot atau wadah yang sudah berisi tanah.

- Kemudian ambil batang tradescantia yang sudah tua dari tanaman tradescantia yang lainnya. Buang daun-daunnya yang ada di pangkal batangnya, misalnya 2-3 helai daun.

- Lalu buat lubang sedalam ukuran telunjuk jari, masukkan batang tradescantia dan tutup dengan tanah. Lalu, siram perlahan-lahan.

- Kemudian pasang pengait atau tali untuk mengantungkan pot. Jangan lupa untuk menyiramnya.

Cara merawat tradescantia zebrina.

cara menanam dan merawat tradescantia Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@shopthistle

Tanaman tradescantia menyukai kelembapan, namun bukan berarti penyiraman yang berlebih. Sebab, akar tanaman ini juga mudah busuk, jika akarnya dibanjiri air. Sebaiknya tradescantia ini ditanam pada media tanam campuran humus, tanah, dan pasir serta memiliki lubang drainase yang cukup.

Nah, saat musim panas penyiraman harus melimpah, sedangkan pada musim dingin bisa dikurangi dengan takaran jarang hingga sedang. Sebaiknya untuk membuat tanaman berkembang bisa memperkaya tanah dengan nutrisi atau pupuk setiap 2 kali sebulan.

Agar tanaman ini daunnya tetap rimbun, rutinlah memangkas batang yang memanjang. Pisahkan atau potong dengan cara memakai gunting atau hanya dengan memetiknya karena batangnya merupakan batang lunak yang mudah dipatahkan. Dengan pemangkasan tepat waktu, kamu dapat mempertahankan bentuk bunga.

Jenis tanaman hias tradescantia.

1. Tradescantia fluminensis.

cara menanam dan merawat tradescantia Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@marthaplans

Tradescantia fluminensis populer sebagai salah satu tanaman hias gantung dalam ruangan. Uniknya tanaman ini memiliki tiga warna, yakni hijau, putih, dan pink. Warna daunnya yang menyegarkan dengan bentuk oval yang glossy.

2. Tradescantia pallida.

cara menanam dan merawat tradescantia Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@euphora._

Tradescantia pallida juga memiliki sebutan purple heart karena menyerupai hati berwarna ungu. Tanaman hias gantung ini memiliki warna bunga lavender, pink cerah hingga putih.

Purple heart ini tak terlalu menyukai sinar suhu dingin. Sebaiknya menempatkan tanaman pada area yang memiliki sinar matahari.

3. Tradescantia sillamontana.

cara menanam dan merawat tradescantia Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hane.tasarim

Seperti tradescantia pada umumnya, tumbuh secara kolektif dan bergerombol membentuk batang. Tetapi bentuk daunnya hijau dengan corak membentuk daging tebal seperti tanaman sukulen. Sillamontana memiliki bunga yang beragam dari merah cerah, ungu, pink hingga biru.

4. Tradescantia spathacea.

cara menanam dan merawat tradescantia Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@a_leafy_life

Nah kalau tradescantia spathacea juga memiliki nama lain seperti oyster plant, boat lily, dan moses in basket. Tradescantia jenis ini bisa tumbuh hingga 12 inchi membentuk daun spiral. Daunnya berwarna hijau dengan kombinasi ungu di sisi bawah dan putih di sisi atas.