Brilio.net - Berkebun maupun bertanam memang sangat mengasyikkan bagi sebagian orang. Pasalnya merawat ataupun melihat tanaman hijau bisa bermanfaat untuk psikologis. Dilansir dari Bustle, memandang tanaman hijau bisa membuat seseorang merasa tenang dan bahagia saat memandangnya saja.

Selain menghilangkan stres, tanaman hias juga bisa menambah estetika ruangan. Serta memberikan nuansa sejuk dan nyaman suatu hunian. Terlebih lagi jika kamu memiliki tanaman hias dengan bentuk, ukuran, dan jenis yang beragam. Salah satunya tanaman hias daun merah hijau. Kedua warna ini memiliki fungsi yang berbeda. Warna hijau yang sejuk dan segar. Sedangkan warna merah akan dapat mencuri perhatian bagi siapapun yang memandangnya.

Tanaman hias daun merah hijau dapat mempercantik halaman ataupun ruang tamu. Nah, pastikan tanaman ini sesuai dengan konsep rumah kamu ya. Untuk kamu yang gemar berkebun, bisa nih mengoleksi beberapa tanaman berdaun merah hijau ini.

Apa saja kiranya tanaman hias yang memiliki daun merah hijau? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Senin (22/3).

-1. Anthurium andraeanum pink.

Tanaman hias daun merah hijau Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@callandra.planteras

Nama tanaman hias Anthurium tentu sudah familiar terdengar bagi para pecinta tanaman. Apalagi daunnya yang berwarna hijau ini memberikan nuansa segar dan sejuk. Nah, anthurium ini memiliki banyak macam, salah satu yang yakni anthurium andraeanum pink atau yang disebut juga lili flamingo.

Paduan warna merah dan hijau pada bunga ini akan mempercantik halaman rumah. Selain itu, kelebihan tanaman bunga daun merah adalah dapat menjernihkan uap air.

-2. Aglonema suksom jaipong.

Tanaman hias daun merah hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@galerihijau.25

Tanaman aglonema suksom jaipong atau yang dijuluki tanaman sri rejeki ini memiliki daun merah hijau yang sangat cantik dan unik. Kombinasi warna keduanya begitu indah, warna hijau terdapat pada sisi daun, sedangkan warna merah dominan pada tengahnya. Uniknya tanaman ini tumbuh subur di iklim panas dan maupun dingin loh. Nah untuk harganya sendiri kini dijual menurut ukuran besar kecilnya tanaman.

-3. Andong merah.

Tanaman hias daun merah hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nivez01

Tanaman hias daun andong merah dikenal karena warnanya yang unik dan khas, yakni gradasi hijau, cokelat dan merah. Selain bisa ditanam di halaman rumah, andong merah ini juga bisa jadi pajangan cantik di ruang tamu. Menariknya tanaman berdaun panjang ini tahan terhadap cuaca kering, sehingga lebih mudah dalam perawatannya.

-4. Keladi baret merah.

Tanaman hias daun merah hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nellyyanarait

Keladi baret merah memiliki penampakan daun yang begitu cantik. Tanaman ini juga bisa tumbuh subur dan rimbun dengan perawatan yang baik. Selama medianya pas serta memiliki lubang drainase yang cukup, kamu bisa menyiramnya secara berkala. Saat hujan tak perlu menyiraminya lagi. Perlu diingat untuk memberikan pupuk organik ataupun disemprot fungisida 2 minggu sekali.

-5. Kastuba.

Tanaman hias daun merah hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dariakar.co

Kastuba merupakan tanaman hias daun yang memiliki daun berwarna hijau dan merah menyala. Memiliki bentuk daun yang unik, tanaman ini akan berwarna merah menyala jika tumbuh di iklim sejuk karena ia berasal dari daerah iklim subtropis. Tanaman ini memiliki bunga tanpa daun mahkota. Kamu bisa menjadikan tanaman hias ini sebagai pajangan ditaruh dekat jendela.

-6. Hypoestes.

Tanaman hias daun merah hijau Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@alegraflora

Tanaman hias hypoestes juga kerap dijuluki tanaman polkadot karena memiliki titik-titik unik pada daunnya. Yakni bintik-bintik merah yang cantik dan memikat hati setiap orang yang memandangnya. Untuk menambah estetika, tanaman berdaun oval dan kecil ini cocok untuk indoor maupun outdoor. Tanaman polkadot ini juga mudah ditanam dan juga mudah dirawat. Si polkadot ini lebih cocok ditanam dalam pot dibandingkan ditanam langsung di tanah.