Brilio.net - Tanaman hias kini tengah hits dan digandrungi banyak orang. Bahkan, belakangan banyak yang mulai berbisnis tanaman hias secara online.

Tanaman hias sendiri cukup beragam. Ada pilihan tanaman hias daun, batang, serta bunga. Dari segi harga juga beragam, tergantung dari jenis, corak, ukuran, dan bentuknya.

Tanaman hias merupakan salah satu elemen penting untuk membuat rumah terlihat cantik. Keberadaannya bisa memberikan nuansa sejuk dan segar.

Nah, di antara sederet tanaman hias, ada beberapa jenis yang sangat cantik namun jarang dijumpai alias langka. Apa saja jenis tanaman hias langka yang cantik dan unik? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber, Rabu (17/3).

1. Begonia chloristica.

Jenis tanaman hias daun langka Instagram  © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Inatagram/@darkplantmatter

Kamu pasti tak asing dengan tanaman hias begonia. Namun, jenis begonia chloristica ini sangat eksotis dan sebelumnya diduga telah hilang di alam liar.

Tanaman ini memiliki penampakan daun yang bercorak unik yakni dengan titik-titik hijau dengan latar berwarna merah kecokelatan dan tepian yang bergerigi. Keunikannya itu menjadi daya tarik dari tanaman ini.

2. Bunga jade vine.

Jenis tanaman hias daun langka Instagram  © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@agrotaniflora

Bunga jade vine ini merupakan anggota dari spesies sama seperti kacang polong, dan terkait erat dengan kacang merah. Tumbuhan merambat ini berkayu dengan batang yang bisa tumbuh sampai 18 meter.

Jade vine juga dijuluki sebagai salah satu bunga paling indah dan eksotis dengan bunga menjuntai ke bawah dan berwarna seperti giok yang tembus cahaya. Diketahui tanaman ini berasal dari hutan hujan tropis di Filipina.

3. Anggrek hantu.

Jenis tanaman hias daun langka Instagram  © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@orchida.orchid

Bunga anggrek dikenal sebagai salah satu bunga yang indah. Dari beragam jenis yang ada, bunga anggrek hantu diduga telah punah 20 tahun lalu. Namun, belakangan ini kembali ditemukan. Tanaman ini daunnya sangat kecil sehingga tidak akan tampak jika tidak diperhatikan. Karenanya, disebut anggrek hantu.

4. Tanaman pitcher.

Jenis tanaman hias daun langka Instagram  © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@pitcherplant.thailand

Tanaman pitcher ini juga disebut sebagai tanaman kantong semar pemakan serangga. Tanaman karnivora ini memiliki perangkap yang bentuknya seperti lubang lonjong yang menjuntai dari salur-salur yang menempel pada daun hijaunya.

Perawatan tanaman pitcher ini cukup sederhana. Berikan asupan sinar matahari yang banyak, serta kelembaban yang harus dijaga. Selama musim panas, simpanlah tanaman ini di luar ruangan, namun jika musim dingin, simpan di dalam ruangan.

5. Kerang lavender.

Jenis tanaman hias daun langka Instagram  © 2021 brilio.net

foto: Inatagram/@flowers.cactus

Kerang lavender atau juga yang disebut dengan nama Kalanchoe fedtschenkoi compacta atau Bryophyllum fedtschenkoi. Tanaman ini daunnya tegak, berdaging, memiliki unsur warna krem dan hijau serta tepi daun bergerigi.

Tanaman hias ini juga memiliki karakter daun yang menarik. Jika diletakkan di bawah matahari langsung, daunnya akan berubah menjadi merah.

6. Corkscrew Albuca.

Jenis tanaman hias daun langka Instagram  © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@miniaturland010818

Tanaman corkscrew albuca juga memiliki nama lain frizzle sizzle yang pucuknya berbentuk spiral. Karakteristik tanaman hias ini memiliki daun yang panjang dan ramping yang muncul dari umbi bawah tanah. Lalu ketika bunganya mekar, tanaman ini bakal menghasilkan bunga yang beraroma vanili berwarna kuning.