Brilio.net - Ambigu merupakan istilah yang seringkali kamu dengar, namun belum sepenuhnya dipahami. Dalam sebuah tata bahasa, ambigu dapat membingungkan pembaca. Kata ambigu menjadi penyebab kesalahan tafsir suatu konteks. Dalam artian lain, ambigu juga sering dianggap sebagai kata atau kalimat yang menimbulkan ketidakjelasan. Tak hanya dalam bahasa, ambigu juga dapat ditemukan dalam seni, musik, dan matematika.

Pengertian ambigu adalah suatu kata atau kalimat yang bermakna lebih dari satu. Selain itu, ambigu sering disebut dengan kata atau kalimat yang bermakna ganda. Ambigu adalah kata atau kalimat yang dapat timbul dalam berbagai variasi tulisan atau tuturan.

Ambigu juga dapat disampaikan dalam lisan maupun tulisan. Tak jarang, penggunaan ambigu juga menjadi salah satu hal yang baik, terutama dalam penulisan sastra atau seni, puisi, dan mendongeng. Misalnya, potongan informasi yang sama dapat bersifat ambigu dalam satu konteks dan tidak ambigu pada konteks lain.

Lebih lanjut, kamu perlu memahami arti ambigu, ciri-ciri, dan jenisnya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (3/7).

Arti ambigu.

ambigu adalah bermakna lebih dari satu  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Ambigu adalah istilah yang menjelaskan tentang kata atau kalimat yang memiliki makna dua atau lebih. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ambigu adalah sesuatu yang bermakna lebih dari satu (sehingga kadang-kadang menimbulkan keraguan, kekaburan, ketidakjelasan, dan sebagainya). Ambigu adalah sesuatu yang bermakna ganda.

Selain itu, ambiguitas berasal dari bahasa Inggris yaitu 'ambiguity' yang berarti suatu konstruksi yang dapat ditafsirkan lebih dari satu arti. Ambigu adalah konstruksi ketatabahasaan yang memiliki lebih dari satu penafsiran. Ambiguitas disebut juga ketaksaan, perihal taksa berupa kekaburan atau keraguan. Ambiguitas meluas dari kalimat yang ambigu (yang bisa berarti satu atau lain hal), hingga alur cerita yang ambigu dan argumen yang ambigu.

 

(brl/tin)