Brilio.net - Perilaku konsumtif merupakan suatu aktivitas membeli barang-barang yang kurang atau tidak diperlukan sama sekali sehingga sifatnya menjadi mubazir. Perilaku konsumtif juga dapat diartikan sebagai perilaku membeli yang lebih mengutamakan faktor keinginan daripada faktor kebutuhan. Dalam arti lain, perilaku konsumtif merupakan keinginan untuk mengonsumsi barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan untuk mencapai kepuasan maksimal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konsumtif memiliki arti sebagai sifat konsumsi atau hanya memakai tetapi tidak menghasilkan sendiri sehingga perilaku konsumtif dapat diartikan sebagai kegiatan individu untuk mengonsumsi suatu barang karena adanya rangsangan. Untuk memahami lebih rinci mengenai perilaku konsumtif, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (30/6).

Pengertian perilaku konsumtif.

pengertian dan dampak perilaku konsumtif © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Perilaku konsumtif didefinisikan sebagai perilaku membeli yang berlebihan sebagai usaha seseorang untuk memperoleh kesenangan dan kebahagiaan yang hanya bersifat semu. Seseorang yang memiliki perilaku konsumtif apabila dirinya memiliki barang berlebihan yang disebabkan karena pertimbangan status. Seseorang yang konsumtif membeli barang yang diinginkan secara berlebihan dan tidak wajar untuk menunjukkan status dirinya.

Definisi perilaku konsumtif menurut para ahli:

1. Menurut Dahlan, perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang ditandai oleh adanya kehidupan mewah dan berlebihan, penggunaan segala hal yang paling mahal yang memberikan kepuasan dan kenyamanan fisik sebesar-besarnya, serta adanya pola hidup manusia yang dikendalikan dan didorong oleh suatu keinginan untuk memenuhi hasrat kesenangan semata.

2. Menurut Sumartono, perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang tidak didasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf tidak rasional lagi.

3. Peter dan Paul menyatakan bahwa perilaku konsumtif merupakan interaksi dinamis antara pengaruh dan kondisi perilaku terhadap kejadian sekitar lingkungan di mana manusia melakukan aspek pertukaran dalam kehidupan mereka.

4. Engel, Blackwell, dan Miniard mendefinisikan perilaku konsumtif sebagai tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk ke dalam proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.

5. Menurut Ancok, perilaku konsumtif adalah perilaku individu yang tidak dapat menahan keinginannya untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan tanpa melihat fungsi utama dari barang tersebut.

6. Menurut Wahyudi, perilaku konsumtif merupakan perilaku seseorang yang tidak lagi berdasarkan pemikiran dan pertimbangan yang rasional tetapi lebih kepada adanya kecenderungan materialistik dan hasrat yang besar untuk memiliki benda mewah dan berlebihan.

Berdasarkan definisi para ahli dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumtif merupakan suatu tindakan konsumen dalam menggunakan, mendapatkan atau mengonsumsi suatu barang secara berlebihan tanpa melihat faktor kebutuhan, tetapi hanya didasarkan atas keinginan semata tanpa melihat prioritasnya.

 

(brl/tin)