Brilio.net - Tidak hanya untuk selfie, keberadaan media sosial ternyata bisa menjadi ruang berbagi publik. Para netizen bisa berbagai apapun, termasuk cerita yang unik ataupun menyentuh yang mereka temukan di sekitar mereka. Dengan kecepatan internet, sebuah foto atau video yang disebarkan bisa langsung menjadi viral. Salah satunya adalah unggahan dari Ahmad Rosyadi di akun Instagramnya, Jumat (5/8). Ahmad Rosyadi merupakan staf pribadi Gubernur Kalimantan Selatan.

Pengguna Instagram ini mengunggah foto seorang kepala awak kabin bernama FH Sancaya dari salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang sedang salat di pesawat. Pria ini juga menuturkan secara rinci tentang gambar tersebut. Bagaimanakah ceritanya? Berikut adalah kutipannya.

kabin salat  © 2016 brilio.net

Sehabis dari toilet dalam penerbangan Garuda GA 605 dari Makassar Sulawesi Selatan ke Jakarta, Jumat (5/8) hari ini, saya melihat Purser (kepala awak kabin) tengah menghamparkan sajadah di lorong dekat pintu pesawat bagian depan.

BACA JUGA: Sehari-hari dijalani, ternyata 15 gaya hidup ini efeknya bikin ngeri

Saya tanya, "Arah kiblat ke mana Pak?" Sambil tersenyum dia jawab, kalo di angkasa menghadap ke mana saja. "Cuma saya sering melihat orang Arab salat di pesawat selalu berdiri. Jarang duduk," katanya.

Si bapak itu lantas salat, saya kembali ke tempat duduk. Saat itu pukul 14.25 WITA, kemungkinan dia salat zuhur. Atau bisa jadi duhur jamak qashar dengan asar. Barangkali ya, soalnya saya tidak nanya.

Penasaran, saya balik lagi ke depan. Dia tengah bersujud di lorong yg letaknya di belakang toilet dekat kokpit. Seorang pramugari tersenyum meliat saya memotret atasannya. Sebelum si bapak selesai salat, saya sdh kembali duduk.

Tiba-tiba ada perasaan kalah dalam hati kecil saya. Saya tidak pernah salat dalam pesawat, termasuk dalam penerbangan lebih dari 12 jam. Kesulitan wudu bisa jadi penghalang bagi saya. Tayamum? Saya masih berpegang pada pendapat ulama bahwa debu di kursi pesawat bukan debu utk tayamum. Maka, bila penerbangan 1-2 jam, biasanya lebih mudah shalat sebelum berangkat. Bapak ini sambil bekerja tetap salat.

Ketika mau keluar pesawat, saya bilang ke dia. "Maaf pak, td waktu Bapak shalat, saya izin foto." Dia cuma senyum, "Waah...," katanya.

Kalau melihat wajah, usianya mungkin antara 40-45 tahun. Dari tag name di jas hitamnya, tertulis: FH Sancaya. Kagum dan hormat saya untukmu bapak.

Cerita tersebut kemudian langsung mengundang komentar netizen. "Luar biasa," tulis @fathurahman.m di kolom komentar. Ada juga yang mengagumi foto tersebut. "Subhanallah kagum," komentar @shafirasalsabilaaa.